BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG
Oleh : Wiyanto | Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

Pameran umkm BNI di Singapura
INDUSTRY.co.id-Singapura - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.
Kali ini, BNI berkolaborasi dengan KBRI Singapura dan Bank Indonesia menyelenggarakan pameran "Indonesia in SG - New Horizon of Sustainable Indonesia" di Ngee Ann City/Takashimaya, Orchard, Singapura, pada 17-21 April 2024.
Acara ini akan menampilkan berbagai gelaran dan penampilan seni serta budaya Indonesia, termasuk pertunjukan musik, fashion show, demo wastra, workshop batik, cooking demo, dan pameran dagang B2C yang memamerkan lebih dari 20 brand fashion terbaik dari Indonesia, serta lebih dari 15 produk unggulan dari UMKM terpilih.
Adapun kali ini, BNI melalui Xpora turut berpartisipasi dalam event ini dengan mengirimkan tujuh produk dan pelaku UMKM dari kategori fashion dan fashion accessories.
Produk UMKM binaan Xpora yang diberangkatkan ini terdiri dari beragam kategori, antara lain sepatu, tas, fashion accessories, gift, dan perhiasan yang berasal dari Bandung, Yogyakarta, Jakarta, dan Surabaya.
Produk yang diikutsertakan dalam event ini telah melalui kurasi oleh kurator asal Singapura yaitu Creativeans dan BridgifyAsia. Kurasi terhadap produk yang dikirimkan ini mempertimbangkan beberapa hal yang menjadi poin penilaian, tentunya yang disesuaikan dengan pasar Singapura.
Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo mengapresiasi inisiatif BNI dalam mendukung UMKM Indonesia untuk menembus pasar internasional, khususnya Singapura. Menurut Suryo, BNI melalui Xpora telah memberikan kemudahan bagi para UMKM lokal Indonesia untuk memasarkan produknya kepada diaspora Indonesia dan masyarakat Singapura.
"Tentunya sebagai bank BUMN dengan mandat Go Global, BNI menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi nasional dengan meningkatkan kapabilitas UMKM agar dapat bersaing dengan produk asing di luar negeri," ujar Suryo Pratomo.
Sementara itu, dalam sambutannya, Direktur Retail Banking BNI Corina Leyla Karnalies menyampaikan, BNI berkomitmen untuk senantiasa mendukung UMKM Indonesia dalam meningkatkan daya saing sehingga dapat menembus pasar global.
"Event ini merupakan salah satu upaya BNI untuk mendukung UMKM Indonesia dalam menembus pasar global. Kami yakin, produk-produk ini akan menarik minat para pengunjung dan membuka peluang bisnis baru bagi para UMKM Indonesia," kata Corina.
Dengan rata-rata jumlah pengunjung Ngee Ann/Takashimaya yang cukup menjanjikan, yaitu sekitar 73.000 wisatawan per hari kerja dan 91.000 pengunjung per hari di akhir pekan, event ini diharapkan dapat menarik setidaknya 210.000 tamu selama penyelenggaraan event berlangsung.
Selain pameran dagang, event tersebut juga akan menampilkan Promosi Pariwisata dalam bentuk pengalaman virtual reality. Tak lupa pada event ini juga akan menampilkan beberapa jenis kuliner makanan dan minuman terbaik Indonesia.
"Dengan berpartisipasi pada event ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat memanfaatkan peluang untuk memperoleh pengalaman baru, wawasan pasar di Singapura, trend produk di Singapura, bertemu potensial buyer yang nantinya dapat meningkatkan transaksi ekspor produk Indonesia," pungkas Corina.
Baca Juga
Terdepan Dukung UMKM, BRI Raih Penghargaan Internasional Best SME…
Operasional Terbatas BNI di Libur Nyepi dan Hari Raya Idul Fitri…
Kementerian BUMN Apresiasi BNI Beri Kemudahan Bagi PPI Australia
Bank Mandiri Salurkan Rp 9,01 Triliun KUR ke 77.500 UMKM hingga Februari…
Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Optimalisasi Kawasan Industri, BRI…
Industri Hari Ini

Senin, 24 Maret 2025 - 06:00 WIB
Kemenperin Perkuat Branding IKM Kosmetik dan Obat Tradisional Lokal
Industri kosmetik dan obat tradisional di Indonesia semakin menunjukkan pertumbuhan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Potensi industri kosmetik dan obat tradisional lokal memiliki ciri…

Senin, 24 Maret 2025 - 05:44 WIB
STAR4Hire Luncurkan DreamLeap Program, Solusi Terobosan Karier Global Menuju Amerika Serikat dan Negara Maju
Jakarta– STAR4Hire, ekosistem percepatan karier global yang berbasis di Indonesia, secara resmi meluncurkan DreamLeap Program, sebuah terobosan strategis dalam dunia pendidikan dan penempatan…

Minggu, 23 Maret 2025 - 21:00 WIB
Mie Sedaap Rayakan Kebersamaan Ramadan dengan Buka Bareng The Changcuters
BuBaRan - Buka Bareng Ramadan bersama Mie Sedaap & The Changcuters menghadirkan pengalaman penuh makna melalui hiburan, kuliner, dan kebersamaan bagi audiensnya.

Minggu, 23 Maret 2025 - 20:45 WIB
Gilang Juragan 99 Jadi Kasir, MS Glow for Men Kini Hadir di Alfamart Seluruh Indonesia
MS Glow for Men, brand skincare lokal khusus pria dari J99 Corp., resmi memperluas distribusinya dengan hadir di seluruh gerai Alfamart di Indonesia.

Minggu, 23 Maret 2025 - 17:47 WIB
Kemenkop Dukung Penuh Pengembangan Ekonomi Syariah Lewat Koperasi
Kementerian Koperasi (Kemenkop) berkomitmen akan terus memberikan dukungan terhadap upaya pengembangan ekonomi syariah melalui koperasi. Salah satu dukungannya adalah dengan memberikan bantuan…
Komentar Berita