Lulusan Prodi Informatika dan Sains Data Punya Prospek Kerja Terbaik di 2024

Oleh : Herry Barus | Rabu, 17 April 2024 - 09:27 WIB

Lulusan Prodi Informatika dan Sains Data Punya Prospek Kerja Terbaik di 2024
Lulusan Prodi Informatika dan Sains Data Punya Prospek Kerja Terbaik di 2024

INDUSTRY.co.id - Jakarta— Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat banyak membutuhkan tenaga kerja yang berbakat sesuai dengan bidang ilmu dan berwawasan luas untuk masa depan. Bidang teknologi sangat membutuhkan lulusan yang ahli dan berkompetensi dari jurusan Informatika. Sedangkan, untuk memenuhi kebutuhan analis data dari banyaknya jutaan data yang tertimbun, perusahaan membutuhkan lulusan berkompeten dari jurusan Sains Data.

Di era digital seperti sekarang, jurusan Informatika dan Sains Data banyak dicari dan memiliki prospek kerja terbaik tahun 2024. Lulusan Informatika dan Sains Data bisa meniti karier sebagai pengembang perangkat lunak, ilmuwan data atau arsitek keamanan siber.

Ketua program studi Sains Data Universitas Nusa Mandiri (UNM), Tati Mardiana turut membenarkan bahwa saat ini, banyak perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang kompeten di bidang Sains Data dan Informatika.

“Iya saat ini, banyak perusahaan yang mengincar lulusan kompeten di bidang sains data terutama lulusan yang memiliki sertifikat keahlian di bidang tersebut. Sebab, perusahaan membutuhkan tenaga ahli yang mampu menganalisa milyaran data untuk menjadi sebuah informasi berguna bagi perusahaan,” terangnya dalam sebuah wawancara, Senin (8/4).

Menurutnya, milyaran data itu bukan hanya menjadi sekadar informasi namun juga menjadi tujuan besar bagi perusahaan dalam membangun strategi berkelanjutan pada perusahaan.

“Tidak mudah dalam menganalisa milyaran data, butuh ahli yang kompeten di bidang big data. Sebab, analis data ini sangat berpengaruh pada putusan manajemen perusahaan. Program Studi Sains Data di Universitas Nusa Mandiri (UNM) telah mengantisipasi adanya permintaan ini sehingga mahasiswa dari program studi Sains Data dengan jenjang Sarjana ini dibekali berbagai sertifikat keahlian dan ilmu pengetahuan tentang big data,” ungkap Tati.

Punya prospek kerja terbaik di tahun 2024, imbuh Tati, program studi Sains Data UNM menjadi tujuan kuliah yang menjanjikan masa depan. Di program studi Sains Data mahasiswa mempelajari berbagai disiplin ilmu untuk menunjang kemampuan dan kesiapan dalam menghadapi era digital.

“Lulusan Sains Data memiliki prospek kerja yang menjanjikan diantaranya menjadi data scientist dengan besaran gaji mencapai kisaran Rp 7.000.000 hingga Rp 16.000.000, lalu Data Enginer dengan kisaran gaji Rp 5.000.000 hingga Rp 12.000.000 kemudian Data Analyst yang juga menjanjikan besaran gaji kisaran Rp 5.000.000 hingga Rp 17.000.000 dan masih banyak lagi lainnya. Tentu ini sangat menjanjikan bagi masa depan generasi muda. Karena itu, jangan ragu lagi untuk segera mendaftar ke program studi Sains Data Universitas Nusa Mandiri (UNM) di laman https://pmb.nusamandiri.ac.id/,” tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kendal Industrial Park

Senin, 20 Mei 2024 - 14:33 WIB

Begini Trend Industri Otomotif dan Renewable Energy di Kendal Jawa Tengah

Pemerintah Indonesia saat ini tengah giat mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan (renewable energy) guna menurunkan emisi gas rumah kaca. Berbagai upaya dilakukan pemerintah, seperti…

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP)

Senin, 20 Mei 2024 - 14:31 WIB

Mengusung Produk Baja Ramah Lingkungan, GRP Siap Bersaing di Pasar Baja Dunia

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP) terus menggenjot penjualan baja ke pasar ekspor. Perseroan optimistis prospek dan permintaan ekspor baja pada tahun 2024 masih ada ruang untuk terus bertumbuh.…

TikTok

Senin, 20 Mei 2024 - 12:55 WIB

Analyzing TikTok's Marketing Model

In the digital age, social media platforms have revolutionized marketing strategies, offering innovative ways for brands to connect with their audiences. Among these platforms, TikTok has emerged…

Menhan Prabowo Subiato Hadiri The 10th World Water Forum Yang Dibuka Resmi Presiden Jokowi di Bali

Senin, 20 Mei 2024 - 12:42 WIB

Menhan Prabowo Subiato Hadiri The 10th World Water Forum Yang Dibuka Resmi Presiden Jokowi di Bali

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto menghadiri acara forum air terbesar sedunia, “The 10th World Water Forum (WWF) yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI…

Peresmian Kantor Baru Skinproof

Senin, 20 Mei 2024 - 12:23 WIB

Komitmen Tingkatkan Keamanan dan Inovasi Produk di Industri Kecantikan, Skinproof Buka Kantor Baru di Jakarta

Industri kecantikan secara global maupun nasional tumbuh begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sejalan dengan pertumbuhan tersebut, juga terjadi lonjakan jumlah produk kecantikan yang…