Igloo Gandeng Tokopedia Perluas Akses Asuransi E-Commerce ke Konsumen dan Penjual

Oleh : Hariyanto | Senin, 08 April 2024 - 17:10 WIB

Asuransi Igloo
Asuransi Igloo

INDUSTRY.co.id - Jakarta — Igloo, perusahaan insurtech regional, mengumumkan kolaborasi terbarunya dengan Tokopedia. Melalui kemitraan ini, Igloo akan membawa berbagai pengalaman dan kemampuan dari tingkat regional termasuk dalam sektor e-commerce, logistik, dan financial technology. 

Melalui kolaborasi ini, Igloo dan Tokopedia juga berpotensi memperluas cakupan produk perlindungan untuk melindungi masyarakat di 99% kecamatan di seluruh Indonesia dan lebih dari 14 juta UMKM, yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.

Dalam kerja sama pada tahap pertama ini, Igloo dan Tokopedia akan memberikan akses untuk perlindungan bagi konsumen berupa asuransi Proteksi Gadget, Proteksi Elektronik, dan Proteksi Kerusakan Total (total loss). Ketiga kategori terpilih sesuai dengan pilihan utama konsumen di Tokopedia. 

Konsumen dapat dengan mudah memilih asuransi yang dibutuhkan sebelum proses pembayaran, mulai dari biaya terjangkau sebesar Rp48.300 untuk perlindungan gadget, Rp14.334 untuk perlindungan elektronik selama 12 bulan, dan mulai dari Rp500 untuk perlindungan kerusakan total selama 3 - 12 bulan.

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Tokopedia untuk memanfaatkan pengalaman dan kemampuan, yang kami dapatkan dari pasar lokal dan regional, untuk memberikan perlindungan yang diperlukan konsumen. Ditambah dengan dukungan teknologi yang kuat, Igloo dapat dengan cepat mengembangkan, mengintegrasikan, dan menyebarkan produknya ke pasar," kata Country Manager Igloo Indonesia Henry Mixson di Jakarta, Kamis (4/4/2024). 

"Selain itu, dengan bekerja sama dengan Tokopedia sebagai platform e-commerce terkemuka di tanah air, kami yakin dapat terus berkolaborasi dan menyediakan produk asuransi yang inovatif serta berkontribusi dalam mengembangkan ekonomi digital Indonesia,” imbuh Henry Mixson.

Igloo dipilih sebagai mitra karena pengalaman internasional dan lokalnya, serta kemitraannya yang luas dengan penyedia asuransi, yang memungkinkan kolaborasi dinamis dengan Tokopedia, termasuk menjajaki peluang dalam embedded insurance.

Meskipun ketersediaan asuransi telah hadir di Tokopedia, kolaborasi dengan Igloo akan membawa manfaat lebih lanjut, termasuk integrasi API dan dukungan khusus untuk Tokopedia. 

Sebagai perusahaan Insurtech, Igloo juga akan menyediakan teknologi terkini dan memastikan adanya kemitraan yang semakin meningkat dengan penyedia produk asuransi untuk memastikan dukungan selama periode jangka panjang, hal ini juga mencakup jalur komunikasi khusus untuk pelanggan asuransi Tokopedia.

“Kolaborasi Tokopedia dengan Igloo akan menghadirkan asuransi produk yang mudah diakses, memiliki kemudahan klaim, dan dukungan berkelanjutan bagi pengguna. Kami juga berharap kolaborasi ini dapat memberikan peluang untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional,” kata Ruth Afrita, Head of Insurance Tokopedia.

Meskipun kolaborasi ini merupakan yang pertama dengan Tokopedia, Igloo telah bekerja sama dengan perusahaan digital Indonesia, sehingga menghasilkan produk asuransi mikro inovatif yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen modern. Seluruh pengalaman ini dipercaya akan bermanfaat untuk kolaborasi di tingkat berikutnya dengan Tokopedia, mengingat beragamnya produk dan layanan yang ditawarkan Tokopedia. 

“Kami memperkirakan perekonomian Indonesia akan terus melanjutkan tren positif seiring kembalinya kepercayaan konsumen pasca pemilu. Hal ini termasuk kebiasaan belanja mereka melalui platform e-commerce yang ditargetkan mencapai US$ 110 miliar GMV pada tahun 2025. Oleh karena itu, kami optimis kolaborasi dengan Tokopedia akan memberikan perlindungan kepada jutaan konsumen dan merchant di tahun-tahun mendatang,” kata Henry Mixson.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih berbincang dan belanja bersama dengan anak-anak yatim didampingi perwakilan LAZ.

Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:18 WIB

BSI Ajak 140 Anak Yatim Belanja, Ajarkan Literasi Transaksi Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan 7 (tujuh) Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyelenggarakan acara Lebaran Anak Yatim untuk berbagi kebahagiaan berupa belanja bersama di Department…

Lokasi Bendungan Jlantah dan Jragung

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:32 WIB

Waskita Karya Ungkap Progres Bendungan Jlantah dan Jragung

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad hanugroho didampingi Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Jlantah dan Jragung di…

YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:44 WIB

Kemenag RI Menyerahkan SK Izin Operasional Sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional Kepada YBM BRILiaN

Yayasan Baitul Maal BRILiaN atau YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) Skala Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia…

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, bersama Direktur Eksekutif IBCWE, Clara Wita Krisanti, setelah menandatangani kerja sama antara Kideco dan IBCWE

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:10 WIB

Dirut Kideco: Perusahaan Tambang Harus Berikan Kesempatan yang Sama Terhadap Perempuan

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, pekerjaan tambang, tidak lagi menjadi pekerjaan yang harus didominasi oleh laki-laki. Menurutnya, kini perusahaan…

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…