Dorong Transformasi Digital, Sinar Mas Gandeng LG CNS Dirikan Perusahaan Patungan

Oleh : Hariyanto | Jumat, 05 April 2024 - 13:27 WIB

LG CNS CEO Shin Gyoon Hyun dan Sinar Mas Board Member Franky Oesman Widjaja
LG CNS CEO Shin Gyoon Hyun dan Sinar Mas Board Member Franky Oesman Widjaja

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Sinar Mas menjalin kemitraan strategis dengan LG CNS Co., Ltd (LG CNS), sebuah perusahaan penyedia pusat data, layanan TI, solusi cloud, dan spesialis transformasi digital (DX) terkemuka yang berbasis di Korea Selatan untuk mendirikan perusahaan patungan dalam pelayanan teknologi dan informasi yang akan berfokus melayani pangsa pasar di Indonesia.

Penandatanganan kesepakatan  berlangsung hari Rabu, 27 Maret 2024 di Seoul, Korea Selatan antara PT. SMPlus Digital Investama (SM+), perusahaan di bawah naungan Sinar Mas yang bergerak pada investasi infrastruktur dan layanan digital, dan LG CNS. 

“Bersama dengan mitra yang kuat, LG CNS, kami berharap dapat membangun platform teknologi terdepan di Indonesia untuk mendorong pembangunan ekonomi negara ini, sekaligus menciptakan bisnis yang berkelanjutan bagi kedua belah pihak yang bermitra.” kata Sinar Mas Board Member Franky Oesman Widjaja. 

Hadir dalam kegiatan itu, antara lain Sinar Mas Board Member Franky Oesman Widjaja, Sinar Mas Senior Advisor Bill Cheng, dan CEO SM+ Herson Suindah. Sementara mewakili mitranya, LG CNS, hadir CEO Shin Gyoon Hyun, Executive Vice President Cloud Business Tae Hoon Kim, dan Executive Vice President Finance & Public Business Moon Keun Choi.

Kemitraan ini berlangsung setelah sebelumnya SM+ mengidentifikasi pentingnya kehadiran pusat data dan cloud sebagai salah satu mesin penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia, dan cara mewujudkannya adalah dengan bekerja sama menggandeng LG CNS. 

Melalui keahlian serta pengalaman LG CNS dalam penyediaan solusi cloud dan TI yang berpadu dengan pemahaman mendalam Sinar Mas terhadap kebutuhan pangsa pasar Indonesia, usaha patungan ini berharap dapat memberikan layanan dan solusi yang jitu dalam menjawab tantangan sekaligus dan peluang yang ada di Indonesia.

Temuan firma riset pasar global Gartner, memperkirakan pasar layanan TI di Indonesia akan tumbuh dengan CAGR sebesar 23% dari sekitar US$3,2 miliar pada tahun 2023 dan mencapai sekitar US$7,1 miliar pada tahun 2027. 

Artinya, terdapat peluang pasar yang besar bagi perusahaan patungan ini untuk berinovasi sembari memperluas kehadirannya dalam pengembangan pusat data dan solusi cloud serta mencari peluang layanan TI lainnya di Indonesia yang giat melakukan transformasi digital secara besar-besaran, termasuk misalnya dalam pelayanan TI bagi kota pintar serta sektor keuangan.

“Kerja sama strategis dengan Sinar Mas akan mendukung perluasan transformasi digital di Indonesia, memanfaatkan kemampuan teknologi DX dari LG CNS.” pungkas CEO LG CNS, Hyun Shin Gyoon. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mobil listrik

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:57 WIB

Strategi Marketing Dalam Penjualan Kendaraan Listrik atau EV

Dunia transportasi tengah mengalami transformasi besar dengan kemunculan kendaraan listrik (EV) sebagai pemain utama. Hal ini menandakan pergeseran menuju era baru dalam mobilitas manusia, di…

Prescon HI Drone Dragrace 2 di PIK 2

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:27 WIB

HOGERS Indonesia Gelar Balapan Motor Besar Harley Davidson

HOGERS Indonesia menggelar lomba balapan dan ketangkasan motor Harley terbesar di Indonesia. Event berskala Nasional buatan HOGERS Indonesia Drag Race of National Event 2 (HIDRONE2) ini dilaksanakan…

Implementasi IoT untuk pertanian

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:02 WIB

Jadi Mitra Kemkominfo, MSMB Implementasi Sistem Pintar Berbasis IoT untuk 7 Green House di Temanggung

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), start up agritech dari Sleman, Yogyakarta, baru-baru ini menjadi mitra layanan implementasi teknologi berbasis IoT (Internet of Things) Kementerian…

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:37 WIB

Telkomsat dan Starlink Tandatangani Kerja Sama Layanan Segmen Enterprise di Indonesia

Telkomsat dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) untuk layanan segmen enterprise berbagai wilayah di Indonesia.

SUPER AIR JET Buka Rute Baru

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:39 WIB

Dukung IKN, SUPER AIR JET Buka Rute Baru!

SUPER AIR JET mulai 6 Juni 2024 perkenalkan penerbangan non-stop pertama dari Bandar Udara Dhoho, Kediri, Jawa Timur ke Bandar Udara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur,…