Safari Ramadhan, Komunitas Angkasa Salurkan Santunan untuk Puluhan Anak Yatim

Oleh : Ridwan | Rabu, 03 April 2024 - 11:40 WIB

Komunitas Angkasa salurkan santunan anak yatim
Komunitas Angkasa salurkan santunan anak yatim

INDUSTRY.co.id - Bekasi - Komunitas Angkasa menggelar Buka Puasa Bersama dan Santunan Anak Yatim pada Minggu 31 Maret 2024 atau bertepatan dengan 20 Ramadhan 1445 H.

Dalam kesempatan tersebut, seluruh keluarga besar Angkasa turut hadir. Tak ketinggalan, para tokoh masyarakat, Ketua RW 031, Ketua DKM Masjid Baiturrohman, Ketua RT 010, tamu undangan dan puluhan anak yatim hadir memeriahkan acara tersebut. 

Rangkaian acara dimulai dengan penampilan Marawis dari anak-anak RT 010, dilanjutkan dengan pembukaan dan pembacaan tilawah ayat suci Alquran, disusul dengan sambutan Ketua Panitia dan Ketua Angkasa. Selanjutnya pemberian santunan anak yatim, tausiah oleh Ustadz dan doa penutup.

Dalam sambutannya, Katua Panitia mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah memberikan sebagian rezekinya. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah memberikan sebagian rezekinya, semoga apa yang dikeluarkan mendapat balasan rezeki yang berlimpah dari Allah SWT," katanya.

Adapun, total anggaran santunan anak yatim yang diterima panitia berjumlah Rp12.400.000, yang akan disalurkan kepada total 66 anak yatim. 

Dikesempatan tersebut, Ketua Panitia juga mengapresiasi seluruh tim panitia yang telah bekerja keras untuk kesuksesan dan kelancara acara tersebut. 

Tak lupa, Ketua Panitia juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ibu-ibu yang tergabung dalam group "Emak-Emak Cantik atau Macan" yang telah mendukung dan membantu kesuksesan acara Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim bersama Angkasa.

"Semoga acara ini akan menjadi momentum yang membawa berkah dan kebahagiaan bagi kita semua," terangnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Angkasa, H. Kasan. Menurutnya, kegiatan ini menjadi kegiatan awal Angkasa menjadi wadah kebaikan untuk masyarakat sekitar.

Dirinya berharap kegiatan ini dapat menjadi program tahunan Angkasa. "Ini merupakan awal, dan semoga kegiatan yang baik ini dapat kami jalankan setiap tahunnya," katanya.

Dalam tausiahnya, Ustadz Ropi'i Al-Ghazali mengatakan, menyayangi dan menyantuni anak yatim, merupakan amalan yang diutamakan dalam agama Islam. Hal ini telah tertuang dalam sebuah firman Allah SWT pada surat Al Baqarah ayat 220, yang artinya sebagai berikut.

“Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak-anak yatim. Katakanlah bahwa memperbaiki keadaan anak-anak yatim tersebut adalah sangat baik bagimu”.

Anak-anak yatim memiliki keistimewaan, sehingga Allah SWT memberikan keistimewaan juga atas amalan-amalan yang hambanya lakukan pada anak-anak yatim. Perintah tersebut juga disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya berikut ini.

Rasulullah SAW bersabda, “Demi Allah yang mengutusku dengan kebenaran di hari kiamat Allah SWT tidak akan mengazab orang yang mengasihi anak yatim dan berlaku ramah padanya serta manis tutur katanya. Dia benar-benar menyayangi anak yatim dan mengerti kekurangannya, dan tidak menyombongkan diri pada tetangganya atas kekayaan yang diperoleh Allah kepadanya.” (HR Thabrani)

Dalam kesempatan tersebut, Ustadz Ropi'i Al-Ghazali juga mengingatkan keistimewaan 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, dimana terdapat malam Lailatul Qadar.

"Lailatur Qadar adalah malam penuh kemuliaan di bulan Ramadhan yang dinantikan umat Islam, bahkan dianggap sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan," kata Ustadz Ropi'i. 

Pada malam penuh kemuliaan ini, Allah menjanjikan kepada umatnya yang beribadah sungguh-sungguh akan diampuni dosa-dosa di masa lalunya, dikabulkan hajatnya yang diinginkan, hingga mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Sebagian besar ulama berpendapat bahwa, malam Lailatul Qadar biasanya jatuh di malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Hal itu tertuang dalam hadist HR. Muslim.

"Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadan, melebihi kesungguhan Beliau di waktu lainnya."

Sebagai penutup, Ustadz Ropi'i Al-Ghazali mengajak untuk terus berbuat dan menebarkan kebaikan, dan berharap kegaiatan yang baik ini dapat dilaksanakan setiap tahun oleh Angkasa.

Acara pun ditutup dengan buka puasa bersama keluarga besar Angkasa, anak yatim, serta tamu undangan. Dan dilanjutkan dengan Sholat Maghrib berjamaah.

Kegiatan santunan anak yatim dan buka puasa bersama Angkasa tersebut juga didukung oleh PT United Family Food (Unifam). 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Donny Alamsyah Surprise Disambangi Tim LAKONE di Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta

Minggu, 14 April 2024 - 09:36 WIB

Donny Alamsyah Surprise Disambangi Tim LAKONE di Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta

Laporan Aktor Aktris On Location Atau LAKONE yang dipandu wartawan kawakan Sutrisno Buyil terus Melaju dengan mewawancarai bintang beken yang saat ini sibuk berkarier di industri hiburan. Pada…

Sambut Idul Fitri, MR.DIY Bagikan Inspirasi Pengalaman Mudik Nyaman dan Sehat #LebaranJadiMudah

Minggu, 14 April 2024 - 09:23 WIB

Sambut Idul Fitri, MR.DIY Bagikan Inspirasi Pengalaman Mudik Nyaman dan Sehat #LebaranJadiMudah

Setelah berpuasa 30 hari, saatnya merayakan kemenangan di Hari Raya Idul Fitri. Lebaran memang selalu menjadi momen yang dinantikan oleh umat muslim dan saat tepat untuk berkumpul bersama keluarga.…

Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

Minggu, 14 April 2024 - 06:54 WIB

Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang ditargetkan tersambung dari Banten hingga Jawa Timur (Jatim). Jalan…

Babinsa Koramil 1710-05/Jila Bersama Satgas Yonif 116 Laksanakan Pendampingan Pelayanan Kesehatan

Minggu, 14 April 2024 - 06:42 WIB

Babinsa Koramil 1710-05/Jila Bersama Satgas Yonif 116 Laksanakan Pendampingan Pelayanan Kesehatan

Para Bintara pembina desa dari jajaran Kodim 1710/Mimika di tingkat Koramil kian intens melakukan komunikasi sosial dengan masyarakat di wilayah tugasnya. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa…

Panglima TNI Sambut Kedatangan Hercules TNI AU C-130 J Selesai Misi Palestina

Minggu, 14 April 2024 - 06:33 WIB

Panglima TNI Sambut Kedatangan Hercules TNI AU C-130 J Selesai Misi Palestina

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyambut kedatangan Hercules TNI AU C-130 J (A-1340) yang telah sukses membawa misi negara untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat Gaza,…