Berdikari Jaga Ketersediaan Ternak dan Daging Sapi untuk Penuhi Permintaan HBKN

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 02 April 2024 - 20:42 WIB

Berdikari Jaga Ketersediaan Ternak dan Daging Sapi untuk Penuhi Permintaan HBKN
Berdikari Jaga Ketersediaan Ternak dan Daging Sapi untuk Penuhi Permintaan HBKN

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Berdikari anak perusahaan Holding BUMN Pangan ID FOOD datangkan 2.583 ekor sapi bakalan dan sapi siap potong, sebagai upaya persiapan menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN). Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Keuangan dan SDM Berdikari Kaspiyah, Senin, 1/4/2024, saat meninjau kedatangan sapi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Menurutnya, sapi-sapi tersebut akan segera didistribusikan ke sejumlah lokasi kandang untuk dilakukan penggemukan atau fattening dengan cara pemberian pakan berkualitas pada ternak dalam jumlah yang mencukupi kebutuhan. Langkah ini untuk mempercepat dan meningkatkan produksi daging sesuai yang diharapkan.

“Sebagian sapi yang masuk kategori sapi bakalan akan digemukan di Farm Cariu dan Farm Jatitujuh selama periode tertentu, atau sekitar 3 sampai dengan 4 bulan,” ujarnya.

Kaspiyah mengatakan, sapi bakalan yang didatangkan berjenis Brahman Cross atau Australian Commercial Cross (ACC), dengan rata-rata berat mencapai 325 kg. Adapun sebagian sapi yang beratnya di atas 500 kg akan dilakukan pemotongan sesuai aturan yang berlaku.

“Sapi yang bobotnya lebih dari 500 kg akan dipotong sesuai aturan yang berlaku dan didistribusikan agar dapat memenuhi pasokan daging,” terangnya.

Menurut Kaspiyah, kedatangan 2.583 ekor sapi ini adalah bagian dari komitmen Berdikari untuk memastikan ketersediaan daging yang cukup bagi masyarakat selama perayaan HBKN. “Kedatangan sapi-sapi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan daging yang meningkat selama periode perayaan HBKN baik Idul Fitri maupun Idul Adha mendatang," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan dan Pengendalian Usaha ID FOOD Dirgayuza Setiawan, saat memantau kedatangan sapi mengatakan, ID FOOD bersama sejumlah stakeholder langsung memantau kedatangan sapi bakalan dan siap potong di pelabuhan. Langkah ini untuk memastikan kondisi sapi tiba dalam keadaan sehat dan tidak ditemukan gejala penyakit apapun.

“Kami mengerahkan sejumlah tim dan menggandeng berbagai stakeholder untuk mempersiapkan kedatangan sapi-sapi tersebut. Dari mulai memastikan kelancaran proses impor serta pendistribusian dan pemeliharaan sapi setelah kedatangan. Termasuk mempersiapkan pendistribusian dan penyerapan daging sapi pasca pemotongan,” jelasnya.

ia mengatakan, untuk memastikan masyarakat mendapatkan pasokan daging sapi yang terjangkau dan berkualitas di tengah HBKN ini, ID FOOD melalui Berdikari juga melaksanakan pasar murah di sejumlah titik lokasi. “Secara umum, selama periode Maret-April ini kita berpartisipasi di 100 pasar murah atau Gerakan Pangan Murah (GPM) di berbagai provinsi di Indonesia dan menyediakan paket sembako terjangkau dengan komoditas yang dijual di antaranya daging sapi dengan potongan bervariasi,” ungkapnya.

“ID FOOD melalui Berdikari berkomitmen untuk terus mendukung ketersediaan pangan yang memadai bagi masyarakat, terutama dalam rangka menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional yang dirayakan bersama-sama,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arfindi Batubara (Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia) dan Hasan Alatas (Head of HOIRe by Lifetime Design)

Sabtu, 13 Juli 2024 - 23:33 WIB

American Standard Warnai Instalasi Rumah Dalam Mall Arief Muhammad

Koleksi terbaru American Standard itu tampil di kids bathroom dalam instalasi rumah-dalam-mall The House Within hasil kolaborasi Lifetime Design dengan Arief Muhammad.

Karyawan SBI Pabrik Cilacap saat menyiapkan semen kantong yang siap kirim di emplasemen kereta api Karangtalun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:35 WIB

Dinilai Memiliki Kinerja Menjanjikan, SIG Masuk Daftar Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade

Jakarta– Saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) ditetapkan sebagai konstituen PEFINDO Investment Grade Index (Indeks PEFINDO i-Grade) periode Juli - Desember 2024 oleh PT Pemeringkat…

Fidi Sjamsoedin, Director Marketing & Innovation Sababay WInery

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:13 WIB

Sababay Winery Luncurkan SANGRIA Dengan Perpaduan Rasa Unik Dari Buah Dan Rempah Indonesia

Pelopor dalam industri wine Indonesia, Sababay Winery meluncurkan Sababay SANGRIA! Kaya akan rempah-rempah dan buah-buahan asli Indonesia, Sababay SANGRIA hadir dengan rasa yang unik.

Progres Pemulihan PDNS 2, 86 Layanan Telah Aktif

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:12 WIB

Menko Hadi Sampaikan Kabar! Progres Pemulihan Pusat Data Nasional Sementara 2, 86 Layanan Telah Aktif

Jakarta-Pemulihan layanan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 telah bertambah menjadi 86 layanan, yang berasal dari 16 tenant.

PJI Company of The Year Competition

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:17 WIB

PJI, Zurich, Starbucks, dan AIG Bersinergi Bawa Pelajar Indonesia ke Kompetisi Wirausaha Tingkat Global

Untuk merayakan puncak program edukasi kewirausahaan Student Company, Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks…