Berdikari Jaga Ketersediaan Ternak dan Daging Sapi untuk Penuhi Permintaan HBKN

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 02 April 2024 - 20:42 WIB

Berdikari Jaga Ketersediaan Ternak dan Daging Sapi untuk Penuhi Permintaan HBKN
Berdikari Jaga Ketersediaan Ternak dan Daging Sapi untuk Penuhi Permintaan HBKN

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Berdikari anak perusahaan Holding BUMN Pangan ID FOOD datangkan 2.583 ekor sapi bakalan dan sapi siap potong, sebagai upaya persiapan menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN). Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Keuangan dan SDM Berdikari Kaspiyah, Senin, 1/4/2024, saat meninjau kedatangan sapi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Menurutnya, sapi-sapi tersebut akan segera didistribusikan ke sejumlah lokasi kandang untuk dilakukan penggemukan atau fattening dengan cara pemberian pakan berkualitas pada ternak dalam jumlah yang mencukupi kebutuhan. Langkah ini untuk mempercepat dan meningkatkan produksi daging sesuai yang diharapkan.

“Sebagian sapi yang masuk kategori sapi bakalan akan digemukan di Farm Cariu dan Farm Jatitujuh selama periode tertentu, atau sekitar 3 sampai dengan 4 bulan,” ujarnya.

Kaspiyah mengatakan, sapi bakalan yang didatangkan berjenis Brahman Cross atau Australian Commercial Cross (ACC), dengan rata-rata berat mencapai 325 kg. Adapun sebagian sapi yang beratnya di atas 500 kg akan dilakukan pemotongan sesuai aturan yang berlaku.

“Sapi yang bobotnya lebih dari 500 kg akan dipotong sesuai aturan yang berlaku dan didistribusikan agar dapat memenuhi pasokan daging,” terangnya.

Menurut Kaspiyah, kedatangan 2.583 ekor sapi ini adalah bagian dari komitmen Berdikari untuk memastikan ketersediaan daging yang cukup bagi masyarakat selama perayaan HBKN. “Kedatangan sapi-sapi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan daging yang meningkat selama periode perayaan HBKN baik Idul Fitri maupun Idul Adha mendatang," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan dan Pengendalian Usaha ID FOOD Dirgayuza Setiawan, saat memantau kedatangan sapi mengatakan, ID FOOD bersama sejumlah stakeholder langsung memantau kedatangan sapi bakalan dan siap potong di pelabuhan. Langkah ini untuk memastikan kondisi sapi tiba dalam keadaan sehat dan tidak ditemukan gejala penyakit apapun.

“Kami mengerahkan sejumlah tim dan menggandeng berbagai stakeholder untuk mempersiapkan kedatangan sapi-sapi tersebut. Dari mulai memastikan kelancaran proses impor serta pendistribusian dan pemeliharaan sapi setelah kedatangan. Termasuk mempersiapkan pendistribusian dan penyerapan daging sapi pasca pemotongan,” jelasnya.

ia mengatakan, untuk memastikan masyarakat mendapatkan pasokan daging sapi yang terjangkau dan berkualitas di tengah HBKN ini, ID FOOD melalui Berdikari juga melaksanakan pasar murah di sejumlah titik lokasi. “Secara umum, selama periode Maret-April ini kita berpartisipasi di 100 pasar murah atau Gerakan Pangan Murah (GPM) di berbagai provinsi di Indonesia dan menyediakan paket sembako terjangkau dengan komoditas yang dijual di antaranya daging sapi dengan potongan bervariasi,” ungkapnya.

“ID FOOD melalui Berdikari berkomitmen untuk terus mendukung ketersediaan pangan yang memadai bagi masyarakat, terutama dalam rangka menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional yang dirayakan bersama-sama,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…