PSMTI Bedah Peluang dan Tantangan Pemerintahan Baru Dalam Wujudkan Kedaulatan Pangan

Oleh : Herry Barus | Selasa, 02 April 2024 - 10:57 WIB

PSMTI Bedah Peluang dan Tantangan Pemerintahan Baru Dalam Wujudkan Kedaulatan Pangan
PSMTI Bedah Peluang dan Tantangan Pemerintahan Baru Dalam Wujudkan Kedaulatan Pangan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Wilianto Tanta memberikan dukungan program pemerintah kedaulatan dan ketahanan pangan nasional.

Hal itu disampaikan Wilianto Tanta dalam pembukaan Seminar Nasional Mewujudkan Kedaulatan dan Ketahanan Pangan Nasional Menuju Indonesia Emas 2045, Kamis 28 Maret 2024, secara daring zoom meetings.

Bagi Wilianto Tanta, PSMTI merupakan organisasi yang sangat peduli dengan perkembangan bangsa Indonesia. Secara organisasi, PSMTI mendukung sepenuhnya menuju Indonesia Emas 2045.

"Kami turut mendukung Indonesia Emas 2045 dan tidak kalah penting, memastikan adanya kedaulatan dan ketahanan pangan bidang nasional. Berangkat dari itu, PSMTI menyelenggarakan sebuah seminar dengan harapan bisa memberikan wawasan kepada masyarakat dan para anggota PSMTI se-Indonesia," ujar Wilianto Tanta.

PSMTI selaku organisasi mendukung penuh pemerintahan sekarang dan yg akan datang dengan menjaga program kedaulatan pangan, karena bagi PSMTI inilah yang menjadi kekuatan bangsa.

Program ini mampu membantu Indonesia menjaga ketahanan dan kedaulatan pangan nasional. Melaluifood  estate, akan  terbentuk  sebuah  integrasi  solid  yang  menghubungkan  petani  dan konsumen secara langsung.

"Kami yakin bahwa seminar ini bisa bermanfaat bagi Indonesia. Ini menjadi komitmen PSMTI untuk memajukan bangsa Indonesia di segala bidang," tukasnya.

Disisi lain, Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi, yang menjadi keynote speaker juga menyampaikan bahwa Indonesia bisa menjadi lumbung pangan dunia, akan tetapi memiliki berbagai peluang dan tantangan, sehingga Pemerintah mampu memetakan apa yang menjadi kebutuhan disektor pangan.

"Kami mengajak PSMTI untuk kolaborasi dengan berbagai unsur dan mendukung berbagai kebijakan Pemerintah disektor pangan dari hulu hingga hilir," jelas Arief.

Sambung, Wakil Ketum PSMTI Bidang Kesehatan dan Pendidikan, Prof Ariawan Gunadi, menjelaskan bahwa upaya yang harus dilakukan Pemerintah adalah Pembangunan pertanian yang inklusif dan efisien, Peningkatan infrastruktur dan teknologi pertanian, Kolaborasi lintas sektor dengan entrepreneur untuk mengembangkan ternak lokal.

"Selain itu, harus adanya diversifikasi pertanian dan menerapkan praktik pertanian berkelanjutan, dan Manajemen rantai pasokan pangan yang kuat. Karena Ketahanan pangan merupakan sistem terintegrasi yang terdiri atas 4 aspek: ketersediaan pangan, kemerataan distribusi pangan, keamanan pangan, keterjangkauan pangan. Semuanya harus dipenuhi dan dilaksanakan dengan baik," kata Ariawan.

Untuk itulah, PSMTI menyelengarakan seminar agar masyarakat paham dengan program tersebut. Pakar pangan seperti Hadi Nainggolan yang merupakan CEO Daun Agro Group sekaligus Ketua BPP HIPMI Bidang Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan hadir sebagai pembicara bersama dengan Prof Dr. Ariawan Gunadi, selaku Wakil Ketum PSMTI Bidang Kesehatan dan Pendidikan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…

Paviliun Indonesia di Ajang SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:38 WIB

12 Industri yang Diboyong Kemenperin di Ajang SIAM 2024 Maroko Tempati Paviliun Internasional Terbaik

Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Sopar Halomoan Sirait menyampaikan apresiasi kepada KBRI Rabat atas…