Erajaya Group Cetak Pertumbuhan Pendapatan Sebesar 21,6 Persen di Tahun 2023

Oleh : Hariyanto | Senin, 01 April 2024 - 15:30 WIB

PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA)
PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Erajaya Swasembada, Tbk. (ERAA), perusahaan distributor dan retail handset, mengumumkan laporan keuangan yang telah diaudit untuk periode yang berakhir tahun 2023 dengan capaian pendapatan yang positif berupa pertumbuhan sebesar 21,6% dibandingkan tahun sebelumnya. 

Perseroan juga mencatatkan laba setelah pajak yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp826,1 miliar, di tengah strategi ekspansi jaringan ritel melalui pembukaan 629 gerai baru sepanjang 2023.

Penjualan bersih sepanjang tahun 2023 tercatat sebesar Rp60,1 triliun atau meningkat 21,6% dari Rp49,5 triliun pada tahun 2022. Sejalan dengan peningkatan penjualan, laba kotor tercatat tumbuh 20,3% menjadi Rp6,45 triliun, dengan marjin laba kotor sebesar 10,7%. Laba setelah pajak yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat sebesar Rp826,1 miliar sepanjang tahun 2023.

"Tahun 2023 merupakan tahun yang penuh dengan dinamika, seiring dengan peluang sekaligus tantangan dari kondisi perekonomian nasional serta global yang membawa dampak pada pola konsumsi dan gaya hidup masyarakat. Erajaya melihat dinamika ini sebagai salah satu kesempatan untuk mengembangkan vertikal bisnis dan jaringan ritel kami, " kata Hasan Aula, Wakil Direktur Utama PT Erajaya Swasembada, Tbk. di Jakarta, Senin (1/4/2024). 

"Beberapa strategi inisiatif yang kami lakukan seperti memperkenalkan brand baru seperti 6IXTY8IGHT dan MST Golf di bawah naungan Erajaya Active Lifestyle. Kami juga menambah kehadiran ritel fisik melalui pembukaan 629 gerai baru di sepanjang tahun 2023.” imbuhnya.

Hingga akhir Desember 2023, Erajaya Group telah memiliki 2.049 gerai ritel yang beroperasi di Indonesia, Malaysia dan Singapura. Perseroan juga memiliki 97 pusat distribusi untuk mendukung operasional bisnis, serta bekerja sama dengan lebih dari 70.000 toko ritel pihak ketiga. Ekspansi jaringan ritel untuk menjangkau kota-kota di Indonesia bertujuan untuk memenuhi permintaan dari masyarakat. 

“Dengan ekspansi yang telah dilakukan sepanjang tahun 2023, fokus kami selanjutnya adalah meningkatkan produktivitas dan profitabilitas gerai–gerai yang baru dibuka selama 2 tahun terakhir. Fokus yang sama juga akan diberikan untuk vertikal bisnis yang baru dikembangkan melalui pertimbangan yang cermat. Kami optimistis bahwa hal ini dapat melanjutkan momentum pertumbuhan bisnis kedepannya.” tutup Hasan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dosen UNJ menggelar pelatihan kurikulum Merdeka Belajar di Kepulauan Seribu.

Kamis, 09 Mei 2024 - 18:53 WIB

Latih Kurikulum Merdeka, Dosen UNJ Perkuat Kompetensi Guru Kepulauan Seribu

Untuk meningkatkan mutu Pendidikan, dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) memperkuat kompetensi guru di Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta melalui Pelatihan Kurikulum Merdeka…

Gedung Bank Mandiri Pusat

Kamis, 09 Mei 2024 - 18:40 WIB

Prospek Kinerja Kian Membaik, Fitch Kerek Rating Bank Mandiri Jadi BBB

Lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings baru saja mengafirmasi peringkat Internasional Jangka Panjang dan Jangka Pendek (International Long-Term Foreign & Local Currency Rating) untuk…

Mitsubishi Pajero Sport Elite Limited Edition

Kamis, 09 Mei 2024 - 17:15 WIB

Mitsubishi Pajero Sport Elite & Xpander Cross Elite Resmi Dijual Terbatas di RI, Segini Harganya...

Mitsubishi Motors akhirnya meluncurkan Mitsubishi Pajero Sport Elite Limited Edition dan Xpander Cross Elite Limited Edition di pasar otomotif Indonesia.

Kelapa Sawit (agroindonesia)

Kamis, 09 Mei 2024 - 16:53 WIB

Tak Main-main, Polda Kalteng Bakal Tidak Tegas Pencurian TBS Kelapa Sawit

Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah mulai merespon banyaknya aduan masyarakat terkait kasus pencurian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit yang marak terjadi di wilayah hukum Polda Kalteng.

Peluncuran produk baru Indogress

Kamis, 09 Mei 2024 - 16:44 WIB

Indogress Luncurkan Produk Baru Dengan Fitur Slip Guard di Megabuild dan Keramika Indonesia 2024

PT Asri Pancawarna, salah satu produsen granit porcelain tile terbesar di Indonesia dengan merek Indogress, meluncurkan rangkaian produk terbarunya di Pameran Megabuild Indonesia & Keramika…