Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Oleh : Hariyanto | Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Media briefing Modal Rakyat Indonesia
Media briefing Modal Rakyat Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai pionir inovasi financial technology dan penggerak utama perekonomian Indonesia.

PT Modal Rakyat Indonesia (Perseroan) merupakan sebuah platform Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) yang mempertemukan Pendana dengan Penerima Dana (UMKM). Dengan aplikasi Modal Rakyat, masyarakat dapat melakukan pendanaan langsung kepada UMKM dengan risiko yang terukur. 

Perseroan telah melewati proses pendaftaran dan perizinan di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta selalu  memperbaharui sertifikasi ISO 27001 setiap tahun sejak 2021 sebagai  komitmen Perseroan terhadap kepatuhan akan regulasi dan perlindungan data konsumen.

Sejak berdiri pada tahun 2018 dengan fokus pada pendanaan untuk UMKM, Modal Rakyat Indonesia telah mencatat perjalanan yang mengesankan. Pada tahun 2021, Modal Rakyat menjadi tonggak penting perekonomian Indonesia setelah mendapatkan izin operasional dari OJK,  dengan hanya dalam kurun waktu yang singkat hingga tahun 2022, Modal Rakyat berhasil membantu lebih dari 77 ribu Penerima dana dengan menyalurkan pendanaan melebihi Rp 5 triliun. 

Memasuki tahun 2023, Perseroan mulai fokus membangun kemitraan dengan ekosistem Fast-Moving Consumer Goods (FMCG), Bahan Bangunan, Agrikultur, dan F&B dengan modal yang kuat sebesar Rp 34 miliar. 

Tidak berhenti disitu, dalam waktu enam tahun pada 2024 Modal Rakyat telah menjadi pionir dalam pendanaan pelaku usaha di Indonesia melalui inovasi teknologi keuangan. Dengan total pinjaman lebih dari Rp 11,9 triliun dan lebih dari 500.000 pinjaman, Perseroan telah menciptakan dampak positif di berbagai sektor industri, termasuk logistik dan makanan-minuman. 

Melalui konsep embedded finance, Modal Rakyat merangkul ekosistem industri dan menjalin kemitraan dengan perusahaan-perusahaan ternama seperti Meratus dan Sari Kreasi Boga. Kolaborasi dengan institusi keuangan terkemuka semakin memperkuat Modal Rakyat sebagai pelopor pendanaan berbasis teknologi yang memberdayakan pelaku usaha di Indonesia.

"Dengan semangat inklusi dan inovasi, kami Modal Rakyat, berkomitmen untuk membuka pintu kesuksesan bagi setiap pelaku usaha di Indonesia, memastikan bahwa tak seorang pun ditinggalkan dalam perjalanan menuju kemajuan ekonomi yang berkelanjutan." kata Christian Hanggra selaku Direktur Utama Modal Rakyat Indonesia di Jakarta, Kamis (28/3/2024). 

Modal Rakyat berkomitmen untuk terus merancang masa depan yang berkelanjutan dengan strategi inovatif dan program-program yang berdaya guna. Modal Rakyat mengutamakan hubungan yang bersinergi dengan berbagai lembaga keuangan dan  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator, untuk memastikan layanan berkualitas dan sesuai dengan regulasi yang berlaku. 

Modal Rakyat akan terus berpegang pada prinsip kepatuhan hukum dan prinsip transparansi sesuai dengan penerapan good corporate governance, serta menyediakan komunikasi yang terbuka dan hubungan yang baik dengan semua pihak yang terlibat pada kegiatan operasionalnya menjadi prioritas Modal Rakyat. 

Wafa Taftazani selaku Komisaris Modal Rakyat Indonesia menuturkan bahwa hubungan yang bersinergi dengan regulator dan berbagai lembaga keuangan menjadi pondasi utama dalam keberlangsungan perekonomian di Indonesia.

"Sebagai Komisaris Modal Rakyat Indonesia, saya yakin bahwa hubungan yang bersinergi dengan regulator dan berbagai lembaga keuangan memperkokoh komitmen kami terhadap kepatuhan hukum  dan merupakan pondasi utama dalam membentuk masa depan yang inklusif dan berkelanjutan bagi perekonomian Indonesia, " ujarnya. 

"Kami berkomitmen untuk memberikan layanan berkualitas tinggi kepada para pelanggan kami  dengan senantiasa menjaga standar etika yang tinggi dan mematuhi  regulasi yang berlaku. Kami akan terus memastikan bahwa Modal Rakyat beroperasi dengan integritas tinggi dan penerapan prinsip transparansi, sehingga dapat menjadi mitra yang dapat dipercaya bagi masyarakat dan lembaga keuangan di Indonesia." lanjut Wafa. 

Dengan semangat inovasi dan komitmen terhadap inklusi keuangan, Modal Rakyat Indonesia terus menjelma sebagai pionir dalam mendukung pertumbuhan bisnis di Indonesia. Melalui strategi inovatif, hubungan yang bersinergi  dengan regulator dan lembaga keuangan, serta komitmen terhadap kepatuhan hukum, Modal Rakyat memperkuat visi untuk membawa dampak positif yang berkelanjutan bagi perekonomian Indonesia. 

Modal Rakyat berkomitmen untuk terus memberikan layanan berkualitas tinggi kepada masyarakat dengan menjaga standar etika yang tinggi. Dengan keyakinan ini, Modal Rakyat Indonesia berdiri teguh dalam memimpin perubahan positif menuju masa depan yang lebih inklusif dan berkelanjutan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mobil listrik

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:57 WIB

Strategi Marketing Dalam Penjualan Kendaraan Listrik atau EV

Dunia transportasi tengah mengalami transformasi besar dengan kemunculan kendaraan listrik (EV) sebagai pemain utama. Hal ini menandakan pergeseran menuju era baru dalam mobilitas manusia, di…

Prescon HI Drone Dragrace 2 di PIK 2

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:27 WIB

HOGERS Indonesia Gelar Balapan Motor Besar Harley Davidson

HOGERS Indonesia menggelar lomba balapan dan ketangkasan motor Harley terbesar di Indonesia. Event berskala Nasional buatan HOGERS Indonesia Drag Race of National Event 2 (HIDRONE2) ini dilaksanakan…

Implementasi IoT untuk pertanian

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:02 WIB

Jadi Mitra Kemkominfo, MSMB Implementasi Sistem Pintar Berbasis IoT untuk 7 Green House di Temanggung

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), start up agritech dari Sleman, Yogyakarta, baru-baru ini menjadi mitra layanan implementasi teknologi berbasis IoT (Internet of Things) Kementerian…

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:37 WIB

Telkomsat dan Starlink Tandatangani Kerja Sama Layanan Segmen Enterprise di Indonesia

Telkomsat dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) untuk layanan segmen enterprise berbagai wilayah di Indonesia.

SUPER AIR JET Buka Rute Baru

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:39 WIB

Dukung IKN, SUPER AIR JET Buka Rute Baru!

SUPER AIR JET mulai 6 Juni 2024 perkenalkan penerbangan non-stop pertama dari Bandar Udara Dhoho, Kediri, Jawa Timur ke Bandar Udara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur,…