Ini 6 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di KEK Morotai, Snorkeling Hingga Berenang dengan Hiu

Oleh : Ridwan | Jumat, 22 Maret 2024 - 11:30 WIB

Aktivitas snorkeling di KEK Morotai
Aktivitas snorkeling di KEK Morotai

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Morotai di Maluku Utara punya keunggulan pada keindahan pantai dan bawah laut. Keindahannya tak kalah dengan Bali, Labuan Bajo, Raja Ampat, dan Lombok. Bahkan saking indahnya, Morotai disebut wisatawan sebagai Maldives-nya Indonesia.

Bagi kamu yang ingin punya pengalaman baru dalam liburan ke pantai, KEK Morotai sangat cocok. Ya, setidaknya ada enam aktivitas seru yang siap memberikan kamu pengalaman tak terlupakan. Apa saja itu? Berikut kami sudah merangkum ulasan menariknya.

1. Jelajah pulau cantik

Jelajah pulau atau island hopping, kegiatan wajib saat kamu liburan di KEK Morotai. Selain karena pulaunya cantik, setiap pulau punya keunikan sendiri, diantaranya Pulau Kokoya, Pulau Kolorai, Pasir Putih, Pulau Zum-zum dan Pulau Dodola. Dua pulau terakhir ialah pulau yang menjadi daya tarik utama wisatawan hingga sekarang. 

Pulau Dodola sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Dodola Besar dan Dodola Kecil. Di mana jarak antara kedua pulau ialah 500 meter dan dipisahkan oleh air laut saat surut. Nah menariknya, jika kamu berjalan dari Dodola Besar ke Dodola Kecil saat air laut surut, kamu akan akan merasakan sensasi "berjalan menyebrangi lautan". 

Sedangkan pesona Pulau Zum-zum, terletak kekayaan sejarahnya. Kamu bisa melihat patung Jenderal Mc Arthur asal Amerika Serikat setinggi 20 meter di sana. Patung ini dibangun sebagai pengingat Jenderal Mc Arthur karena pernah menetap dan mengatur strategi saat bertempur dengan Jepang pada Perang Dunia II. 

2. Snorkeling melihat terumbu karang dan ikan warna-warni

Kegiatan ini juga nggak boleh kamu lewatkan. Sebab Morotai terkenal sebagai pulau dengan “wisata lautnya”, so sayang sekali jika kamu sudah datang jauh-jauh tak melihat keindahannya. 

Adapun tempat yang recommended untuk snorkeling ialah Pulau Dodola, Pasir Timbul dan Pulau Kokoya. Dan kabar baiknya, kamu bisa ber-snorkeling ria saat melakukan jelajah pulau.

3. Diving di situs kapal karam dan hiu sirip hitam

Ya, di Morotai kamu bisa menyelam di situs pesawat tempur berjenis Bristol Beuford, tank, kapal, maupun jeep berjenis Jeep Willys. Semua itu merupakan bekas penginggalan pertempuran pasukan Amerika Serikat dengan Jepang. 

Untuk melihat bangkai pesawat tempur, tank, kapal maupun jeep, kamu bisa ke di Wawama Wreck Dive Point yang berada di Desa Wawama di Morotai Selatan yang memakan waktu sekitar 3 jam dari Kota Daruba. 

Jika kamu menyelam dengan hiu sirip hitam, kamu bisa mengunjungi spot diving Mitita Shark Point di Pulau Mitita. Jangan bayangkan saat menyelam kamu akan menyelam berjarak jauh dengan hiunya. 

Tidak. Hiu-hiu sirip hitam di Pulau Mitita sudah biasa didatangi oleh penyelam dan dikenal jinak. Kamu bisa berfoto ria dari dekat sejarak satu hingga dua meter. Yang kamu butuhkan hanya sikap tenang saat berada di dekat mereka.

4. Jelajah sejarah di museum Perang Dunia II

Kegiatan ini juga tak kalah seru untuk kamu kunjungi. Apa saja isi museum tersebut? Isinya, banyak foto dan narasi, replika alat perang dan peninggalan sejarah Perang Dunia ke-II yang terjadi pada tahun 1939 – 1945. 

Kurang puas jelajah sejarahnya? Tenang, wisatawan juga dapat mengunjungi museum mini di Desa Daruba milik Mukhlis Eso yang punya banyak peninggalan Perang Dunia II.

Kamu juga bisa datang ke Museum Trikora yang berada di samping Museum Perang Dunia II. Trikora atau Tri Komando Rakyat adalah operasi tempur yang dirancang oleh Presiden Soekarno pada tahun 1961 untuk membebaskan Irian Jaya (Papua) dari cengkeraman kolonialisme Belanda. 

Isi Museum ini sendiri ialah foto dan narasi, diorama, hingga replika peralatan alutsista yang dimiliki tentara Indonesia pada saat itu.

5. Melihat burung-burung langka

Ya, kegiatan bird watching juga seru loh. Kamu bisa melihat burung endemik yang langka sekaligus indah di Indonesia Timur, terutama Pulau Morotai. Burung Pitta Paok Morotai (Pitta Morotaiensis) adalah salah satu burung yang banyak wisatawan ingin lihat. 

Keunikan burung ini terletak pada penutup sayap berwarna biru (biru ultramarine). Bagian pinggang berwarna putih dan tepi bulu bagian dalam berwarna biru hijau. 

Selain itu, ada burung lain yang tak kalah indah, yaitu Burung Cikukua Halmahera, Burung Walik kepala kelabu, Burung Perling Mata Merah, Burung Betet Elok, Kakatua Hijau, Burung Nuri Kalung Ungu, Gagak Halmahera, Kapasan Halmahera, Burung Julang Papua dan Burung Elang Alap-Alap Morotai. Adapun lokasinya terletak di Hutan Desa Wewemo sekitar 50 km atau 1 jam dari pusat kota Morotai.

6. Wisata kuliner khas morotai

Beberapa kuliner khas Morotai yang layak kamu coba, antara lain gohu ikan, sebuah hidangan pedas hasil olahan ikan cakalang yang dipotong seukuran dadu dibumbui tumisan bawang dan cabai. 

Selain itu ada nasi jaha yang terbuat dari beras dicampur santan kelapa, lalu dibalut daun dan dibakar dalam bumbu.

Kemudian ada papeda yang merupakan hasil olahan sagu. Namun, papade harus disantap dengan kuah ikan agar tidak lengket atau juga bisa disantap dengan pisang dan sambal kacang. 

Sementara minuman khas yang perlu kamu cicipi adalah air guraka. Ini adalah minuman tradisional masyarakat Morotai. Terbuat dari bahan dasar jahe yang direbus bersama gula merah, telah dikenal punya khasiat bagi kesehatan. 

Untuk mencoba gohu ikan dan nasi jaha, kamu bisa mendapatkannya di berbagai tempat makan di Kota Daruba, atau juga bisa ditemui di restoran tempat kamu menginap. Salah satu penginapan yang menyediakan makanan khas kuliner ialah Daloha Beach and Dive Resort. 

Ya, penginapan yang dikembangkan oleh Jababeka Morotai ini menyediakan berbagai menu makanan mulai dari menu tradisional, internasional hingga kuliner khas Morotai.

“Kelebihan lain dari resort yang berlokasi di Tanjung Dedegila ini ialah fasilitasnya lengkap. Di mana memiliki berbagai jenis akomodasi dengan fasilitas AC, TV, dan shower air panas,” Susan Wijaya General Manager Jababeka Morotai, selaku pengembang Kawasan Ekonomi Khusus Morotai, baru-baru ini.

Tak sebatas itu, Daloha Beach and Dive Center juga menyediakan paket wisata jelajah pulau dengan peralatan snorkeling dan diving dan kegiatan seru lainnya. 

Dalam paket tur tersebut, juga termasuk menjemput-antar pulang wisatawan di Bandara, snack, lunch sampai pemandu profesional. Sehingga wisatawan nggak perlu repot menyiapkan itinerary maupun perlengkapan menyelam atau snorkeling. 

Untuk harganya sendiri termasuk ramah dikantong kok. Jika kamu tertarik mengetahui lebih lanjut tentang paket turnya, silakan kunjungi di laman: www.jababekamorotai.com.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

KPU: Prabowo-Gibran, Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara sah dan resmi ditetapkan sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Tahun 2024-2029. Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh…

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…