Menperin Agus: Instruksi Presiden Soal HGBT Harus Dijalankan Semua Pihak, Tak Terkecuali

Oleh : Ridwan | Rabu, 20 Maret 2024 - 19:05 WIB

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita terus mendorong berbagai upaya demi keberlanjutan kebijakan program Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) untuk sektor industri.

Pasalnya, selama ini industri yang memanfaatkan program HGBT memiliki banyak manfaat, utamanya bisa menciptakan produksi yang berdaya saing.

Sekedar informasi, Program HGBT untuk sektor industri sebesar USD 6 per MMBTU yang tertuang dalam  Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 40 Tahun 2016 akan berakhir pada Desember 2024.

"Kami pasti mendukung keberlanjutan HGBT. Kami sudah rasakan manfaatnya bagi daya saing industri ketika mereka bisa menikmati harga gas yang baik. Jadi, kalau tidak menciptakan daya saing dalam internal kita, ini akan sulit untuk kita berkompetisi," kata Menperin Agus di Jakarta, Rabu (20/3).

Apalagi, lanjut Agus, disaat pasar global dalam kondisi tertekan daya saing menjadi kunci utama untuk mempertahankan industri dalam negeri.

"Sekarang kita lihat pasar global masih tertekan. Artinya, ini jadi indikator daya beli masyarakat global sedang menurun. Kalau daya saing tidak baik, ptoduk kita tidak bisa masuk di jual di pasar internasional maupun dalam negeri," paparnya.

Oleh karena itu, menurut Menperin, dalam menciptakan produk-produk lokal berdaya saing tinggi, negara harus hadir. 

"Kuncinya negara harus hadir, engga bisa sendiri. Negara harus membina, harus mendampingi para industri agar memproduksi produk-produk yang berdaya saing tinggi," ucap Menperin Agus.

Lebih lanjut, Agus mengungkapkan bahwa program HGBT merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan daya saing industri nasional.

"HGBT ini kan program pemerintah, dasarnya Perpres. Jadi karena Perpres saya kira semua yang dianggap terlibat dalam program pelaksanaan HGBT ya itu harus melaksanakan," tegasnya.

Dirinya menegaskan bahwa kebijakan program HGBT ini harus benar-benar dilaksanakan oleh semua pihak yang terlibat.

"Kalau kita lihat benar dari isi Perpres-nya, dimana pada intinya untuk meningkatkan daya saing, industri membutuhkan akses bahan baku yang lebih mudah, lebih pasti, bahan bakunya lebih murah dan sebagainya, termasuk dalam konteks gas sebagai bahan baku industri ya harus dilaksanakan. Kalau engga dilaksanakan ya bagaimana? Kalau sudah di tanda tangan Presiden tapi tidak dilaksanakan oleh para pembantunya kan jadi aneh," papar Menperin Agus.

Menurutnya, pihak yang terlibat dalam program HGBT baik dari Kementerian maupun lembaga jangan hanya melihat keuntungan dari sisi yang sempit.

"Jadi jangan terus melihat cost and benefit dari Kementerian/Lembaga yang dipimpin masing-masing, tapi harus dilihat manfaat bagi bangsa dan negara. Multiplier effect yang tinggi dari HGBT, itu yang harus dilihat. Ini bukan sesuatu hal yang instan, bahwa negara akan mendapatkan benefit. Tapi, setelah program HGBT ini berjalan, kita bisa lihat dari 7 subsektor yang sudah ditetapkan itu kan pertumbuhannya luar biasa baik," terang Menperin.

Oleh karena itu, dirinya terus mendorong perluasan penerima HGBG untuk sektor industri.

"Keinginan saya semua industri di luar 7 sektor tersebut mendapatkan harga gas murah untuk meningkatkan daya saing," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…

Paviliun Indonesia di Ajang SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:38 WIB

12 Industri yang Diboyong Kemenperin di Ajang SIAM 2024 Maroko Tempati Paviliun Internasional Terbaik

Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Sopar Halomoan Sirait menyampaikan apresiasi kepada KBRI Rabat atas…

SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:30 WIB

Kemenperin Boyong 12 Industri Alsintan ke Pameran SIAM di Maroko

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memfasilitasi sebanyak 12 industri alat dan mesin pertanian (alsintan) dalam negeri untuk ikut berpartisipasi pada ajang bergengsi Salon International…