Kadin: Pelaku Usaha Siap Bayar THR Pekerja, Asal....

Oleh : Ridwan | Senin, 18 Maret 2024 - 21:17 WIB

Ilustrasi THR
Ilustrasi THR

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pelaku usaha siap menjalankan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja Nomor: M/2/HK.04/III/2024 tentang pelaksanaan pemberian tunjangan hari raya keagamaan tahun 2024 bagi pekerja/buruh di perusahaan.

THR merupakan hak pekerja/buruh dan merupakan kewajiban pengusaha untuk memberikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Selama ini sejauh cash flow aman dan mencukupi, pengusaha tidak pernah ragu dan menunda pembayaran THR," kata Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia, Sarman Simanjorang melalui keterangan resminya di Jakarta, Senin (18/3).

Bahkan, lanjutnya, banyak perusahaan yang membayarkan THR diatas minus 7 hari sebelum hari raya Idul Fitri. 

"Artinya, ada yang 10-15 hari sebelum hari raya Idul Fitri sudah dibayarkan, sehingga para pekerja lebih leluasa untuk mempersiapkan kebutuhan menjelang hari raya Idul Fitri," terangnya.

"Dengan cairnya THR yang lebih cepat tentu semakin menggairahkan konsumsi rumah tangga yang lada akhirnya akan memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional," tambah Sarman yang juga menjabat sebagai Anggota Dewan Pengupahan Nasional 2023-2026.

Sarman menjelaskan, momentum hari raya Idul Fitri 1445 H harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengerak konsumsi rumah tangga. Pasalnya, hari raya Idul Fitri menjadi perputaran uang terbesar di Indonesia yang tentu sangat strategis untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I-2024.

Secara umum, terangnya, pelaku usaha dapat membayarkan THR kepada pekerjanya, namun ada beberapa sektor yang kemungkinan perlu diamati oleh Kementerian Tenaga Kerja yaitu sektor industri manufaktur padat karya. 

"Ditengah penurunan order dari buyer mereka dari luar negeri akibat perlambatan ekonomi dunia dan geopolitik menjadikan cash flow mereka masih belum normal. Hal ini berpotensi mereka tidak mampu membayar THR secara penuh," tegas Sarman.

Menurutnya, hal tersebut perlu diwaspadai dan dikomunikasikan agar ada solusi tanpa menapikkan kewajiban pengusaha dan hak pekerja. 

"Jika tidak mampu harus di dibicarakan dengan pekerja dan disampaikan usulan dan solusinya, apakah dicicil atau ditunda. Tentu akan ada kesepakatan bersama dan disesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing industri manufaktur padat karya," katanya.

"Tentu para pekerja di industri padat karya harus memahami dan memaklumi akan kondisi keuangan yang dihadapi pelaku industri padat karya saat ini jika sampai mereka tidak mampu membayar THR tahun ini," tutup Sarman.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…