Ratusan Brand dan Penjual Lokal Lazada Sambut Peningkatan Kebutuhan Masyarakat di Ramadan Seller Festival 2024

Oleh : Nina Karlita | Senin, 18 Maret 2024 - 20:26 WIB

Salah satu sesi talkshow di Ramadan Seller Festival 2024 dari Lazada.
Salah satu sesi talkshow di Ramadan Seller Festival 2024 dari Lazada.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang melesat jelang bulan Ramadan, brand, dan penjual lokal harus gesit dalam menyusun berbagai strategi pemasaran untuk menjawab kebutuhan konsumen.

Tidak hanya memperhatikan tren produk, brand dan penjual lokal dapat berhasil menawarkan layanan terbaik dengan mengenal dan memahami penggunaan fitur dan layanan platform belanja online seperti Lazada.

Demikian yang disampaikan Rika Yeo, seorang mentor bersertifikasi LazStar Trainer dan juga pemimpin komunitas penjual Lazada atau City Leader Lazada Club, dalam Lazada Ramadan Seller Festival 2024. 

Lazada Ramadan Seller Festival 2024 sendiri adalah acara Lazada yang digelar Lazada pada 13 Maret 2024 yang memberikan ruang wawasan baru bagi brand dan penjual lokal agar bisa mempersiapkan strategi bisnis dan pemasaran untuk menghasilkan lonjakan transaksi online di bulan Ramadan.

Lazada Ramadan Seller Festival 2024 dihadiri oleh ratusan brand dan penjual lokal yang ada di Lazada dan menampilkan pemaparan dari para ahli di Lazada, mentor penjual bersertifikasi LazStar Trainer, serta pembicara ahli lainnya. 

Berbagai topik dihadirkan dalam acara ini, mulai dari program dan fitur terbaru di Lazada, hingga kiat dari top seller Lazada untuk penjualan berlipat dan penuh berkah selama bulan Ramadan.

Rika yang juga merupakan Alumni Alibaba Netpreneur menjelaskan bahwa selalu terjadi peningkatan omset selama bulan Ramadan, yang rata-rata mencapai puluhan persen. Tingkat konsumsi masyarakat di bulan Ramadan memang biasanya meningkat, termasuk dengan adanya tradisi berbagi yang kental di bulan suci ini

Secara umum, brand lokal akan mendapat keuntungan berlipat dengan strategi yang secara tepat menargetkan pola pengeluaran masyarakat Indonesia. 

Secara khusus, beberapa kategori diperkirakan akan meningkat secara signifikan yaitu kategori Food & Beverages (43%), Fashion & Accessories (27%), dan Beauty & Personal Care (20%) jelang bulan Ramadan tahun ini (YouGov, 2024).

Sebagai seorang pemilik brand ataupun penjual di platform online, menurut Rika harus memiliki kesempatan untuk mempelajari performa toko kamu dan menggunakan data penjualan yang bisa didapatkan secara real time untuk dijadikan referensi penyusunan strategi bisnismu. 

"Khususnya di bulan Ramadan ini, jadikanlah momentum ini kesempatan untuk boost trafik toko dan memicu perkembangan bisnis hingga setelah Lebaran nanti,” kata Rika.

Jumlah masyarakat yang berbelanja diperkirakan meningkat hampir 2 kali lipat dibandingkan saat tanggal kembar. Brand dapat memanfaatkan Ramadan Sale 8 Maret–8 April 2024 yang akan segera diluncurkan untuk memaksimalkan daya jual brand lokal di platform Lazada selama satu bulan penuh keberkahan.

"Di festival belanja Ramadan kali ini, kami siap mendukung brand dan penjual lokal dengan serangkaian program dan fitur berteknologi mutakhir, khususnya bagi brand dan penjual lokal yang siap untuk terus tumbuh bersama Lazada,” ujar James Chang, CEO Lazada Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kick Off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:15 WIB

Toyota Eco Youth Kembali Digelar Ajak Generasi Muda Berperan Nyata Jaga Bumi

Toyota Indonesia secara resmi menggelar Kick off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13 dengan mengusung tema "EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi”.

IKN Project Shipment and Conference

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:09 WIB

Dari Istana Negara Hingga Kantor Presiden, MJEE Pasok Lift dan Eskalator di Sejumlah Gedung Utama IKN

Jika sebelumnya pada 26 Februari 2024 principal MJEE yaitu Mitsubishi Electric Building Solutions Corporation (MEBS) di Tokyo mengumumkan bahwa MJEE telah berasil mendapatkan pesanan untuk 55…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:40 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur RI Sehat & Solid, Ekspansif 32 Bulan Berturut-turut

Fase ekspansi yang dicatat oleh industri manufaktur tanah air masih berlanjut sehingga memperpanjang periode selama 32 bulan berturut-turut. Ini berdasarkan laporan S&P Global, yang menunjukkan…

RS Royal Progress Sunter memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal serta dukungan teknologi medis terkini yang dapat membantu menangani permasalahan varises.

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:35 WIB

RS Royal Progress Sunter Hadirkan Metode Penanganan Varises Laser Tanpa Bedah

Memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal, RS Royal Progress Sunter hadirkan EVLA, metode penanganan varises lewat laser, tanpa bedah dan minim sayatan.

Serah terima program beasiswa anak perusahaan MMSGI, MHU kepada mahasiswa Universitas Kutai Kertanegara Tenggarong.

Kamis, 02 Mei 2024 - 18:50 WIB

Hari Pendidikan Nasional, MMSGI Terus Tunjukkan Komitmennya Ciptakan Pendidikan Inklusif di Indonesia

MMSGI tunjukkan komitmennya pada dunia pendidikan Indonesia lewat serangkaian program CSR untuk pendidikan tinggi maupun pendidikan dasar menuju Indonesia Emas 2045.