Inovasi Keamanan dari Helios dan SecurityScorecard Hadirkan Solusi Peringkat Siber di Indonesia

Oleh : Herry Barus | Selasa, 12 Maret 2024 - 10:54 WIB

Foto (kiri ke kanan) - Mulianto, Enterprise Sales Manager IDN & PH SecurityScorecard - Royani Lo, CEO Helios Informatika Nusantara
Foto (kiri ke kanan) - Mulianto, Enterprise Sales Manager IDN & PH SecurityScorecard - Royani Lo, CEO Helios Informatika Nusantara

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Selaras dengan meningkatnya kompleksitas lingkungan digital perusahaan,risiko keamanan siber juga meningkat. 43 persen dari responden percaya bahwa peristiwa siber yangdahsyat kemungkinan besar akan terjadi dalam dua tahun ke depan dan berdampak pada perusahaan mereka secara material.

Karena itu perusahaan atau organisasi harus mengambil tindakan yang tepatuntuk mengamankan aset mereka dan meningkatkan keamanan siber mereka. Kesadaran, tindakan,dan ketahanan terkait siber semuanya memiliki titik awal yang sama: penilaian postur keamanan.

Guna membantu perusahaan dan organisasi di Indonesia memonitor dan melakukan asesmen posturkeamanan siber, PT Helios Informatika Nusantara (Helios), penyedia solusi infrastruktur, cloud dandigital sekaligus anak perusahaan CTI Group dan SecurityScorecard, pemimpin global dalam peringkatkeamanan siber mengumumkan kemitraan strategisnya dalam penyediaan solusi keamanan siberterdepan.

Teknologi peringkat keamanan SecurityScorecard ini merujuk pada metode atau alat yang digunakan untuk menilai tingkat keamanan suatu entitas atau sistem. Ini dapat melibatkan penilaian dan pemantauan berbagai aspek keamanan, termasuk infrastruktur TI, kebijakan keamanan, dan praktik keamanan umum.

“Mengelola dan menjaga keamanan siber perusahaan perlu melihat dari berbagai macam sudut pandang, dengan teknologi peringkat keamanan dari SecurityScorecard didukung oleh layanan dariHelios, kami menyediakan analisis mendalam mengenai intelijen ancaman siber, alat pemantauan,dan penilaian komprehensif untuk mengelola risiko serangan ransomware dan risiko rantai pasok,memastikan laporan kepatuhan akurat, serta membantu pengambilan keputusan yang lebihterinformasi” ujar Royani Lo, selaku CEO Helios.

"Riset SecurityScorecard menemukan bahwa 98% organisasi menggunakan pihak ketiga yang pernahmengalami pelanggaran. Helios sebagai distributor solusi keamanan terkemuka di Indonesia menjadimitra distribusi yang ideal untuk membantu mengurangi risiko-risiko ini," kata David Ng, Kepala Asiadi SecurityScorecard.

 "Kemitraan kami dengan Helios memungkinkan kami untuk lebih memperluasjangkauan dan intelijen kami di wilayah Asia Pasifik (APAC) dan memberikan teknologi kepadaperusahaan di seluruh Indonesia untuk mengubah postur keamanan mereka sambil mematuhiregulasi pemerintah."

SecurityScorecard dipercayai oleh 70 persen dari Fortune 1000, 8 dari 10 perusahaan asuransiterbesar di dunia, 9 dari 10 lembaga perbankan terbesar, 14 Information Sharing and Analysis Centers(ISACs), dan 93 mitra teknologi dan integrasi. Peringkat keamanan terkemuka dalam industri,penilaian otomatis, dan manajemen risiko pihak ketiga yang komprehensif akan memperkuatportofolio solusi keamanan Helios, memungkinkan perusahaan di berbagai industri untuk mengubahcara mereka memahami, mengatasi, dan menyampaikan risiko keamanan siber kepada dewan direksi,karyawan, dan vendor mereka.

Helios juga merekomendasikan langkah-langkah strategis berikut untuk meningkatkan keamanansiber di seluruh sektor industri Indonesia seperti:

• Memberikan pelatihan berkala bagi karyawan untuk meningkatkan kesadaran keamanan

siber dan membantu mereka mengidentifikasi serta menghindari potensi ancaman.

• Menetapkan kebijakan keamanan yang jelas dan terlaksana dengan baik di seluruh organisasi

untuk mengurangi risiko pelanggaran keamanan.

• Memastikan sistem dan perangkat lunak selalu diperbarui dengan patch keamanan terbaru

untuk mengatasi kerentanan yang mungkin dieksploitasi oleh penyerang.

• Mengimplementasikan kebijakan backup data rutin dan rencana pemulihan bencana untuk

memastikan keberlanjutan operasional setelah insiden keamanan.

• Melakukan monitoring sistem keamanan secara teratur untuk mengidentifikasi danmenangani celah keamanan potensial di dalam infrastruktur IT dan memperhatikankeamanan siber pada semua tingkatan rantai pasokan, termasuk pihak ketiga dan keempat,untuk meminimalkan risiko yang dapat merembet ke perusahaan dengan mengintegrasikansolusi SecurityScorecard.

Solusi SecurityScorecard didukung dengan layanan lokal dimana Helios menawarkan support 24 jamkepada para pengguna dan memberikan konsultasi dengan kecerdasan teknis untuk memberikanjaminan keamanan siber pelanggan yang maksimal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Properti

Kamis, 02 Mei 2024 - 21:55 WIB

Peringatan Hari Kartini: Srikandi BUMN Gelar Edukasi Terkait Investasi Properti

Jakarta-Dalam rangka memperingati Hari Kartini Srikandi BUMN Indonesia menyelenggarakan webinar bertajuk “Smart Investment 2024 Year of The Dragon”. Acara yang digelar secara daring, akhir…

Kick Off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:15 WIB

Toyota Eco Youth Kembali Digelar Ajak Generasi Muda Berperan Nyata Jaga Bumi

Toyota Indonesia secara resmi menggelar Kick off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13 dengan mengusung tema "EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi”.

IKN Project Shipment and Conference

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:09 WIB

Dari Istana Negara Hingga Kantor Presiden, MJEE Pasok Lift dan Eskalator di Sejumlah Gedung Utama IKN

Jika sebelumnya pada 26 Februari 2024 principal MJEE yaitu Mitsubishi Electric Building Solutions Corporation (MEBS) di Tokyo mengumumkan bahwa MJEE telah berasil mendapatkan pesanan untuk 55…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:40 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur RI Sehat & Solid, Ekspansif 32 Bulan Berturut-turut

Fase ekspansi yang dicatat oleh industri manufaktur tanah air masih berlanjut sehingga memperpanjang periode selama 32 bulan berturut-turut. Ini berdasarkan laporan S&P Global, yang menunjukkan…

RS Royal Progress Sunter memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal serta dukungan teknologi medis terkini yang dapat membantu menangani permasalahan varises.

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:35 WIB

RS Royal Progress Sunter Hadirkan Metode Penanganan Varises Laser Tanpa Bedah

Memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal, RS Royal Progress Sunter hadirkan EVLA, metode penanganan varises lewat laser, tanpa bedah dan minim sayatan.