Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin Apresiasi PT Pertamina Jadi BUMN Kontributor TKDN Terbesar Tahun 2023

Oleh : Candra Mata | Kamis, 07 Maret 2024 - 17:04 WIB

Anggota Komisi VII DPR Mukhtarudin
Anggota Komisi VII DPR Mukhtarudin

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin memberikan apresiasi kepada PT Pertamina (Persero) menunjukkan komitmen kuatnya dalam memaksimalkan penggunaan barang dan jasa dalam negeri.

"Ya, terkait ini tentu kita apresiasi. Karena saya kira keberhasilan Pertamina terus meningkatkan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di seluruh lini usahanya," tutur Mukhtarudin ketika dihubungi Wartawan, Kamis, 7 Maret 2024.

Atas pencapaian luar biasa tersebut Pertamina dianugerahi penghargaan Penggunaan Produk Dalam Negeri 2024 untuk Kategori Badan Usaha Milik Negara dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Kendati demikian, politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini terus mendorong pelaku industri kecil dan menengah (IKM) untuk selalu berpartisipasi dalam memenuhi kebutuhan barang dan jasa pemerintah.

Mengingat, lanjut Mukhtarudin, upaya yang didukung melalui program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), tersebut diharapkan memperluas pasar produk IKM dalam negeri.

"Hal ini sekaligus memberikan multiplier effect yang besar untuk menjaga stabilitas ekonomi nasional," pungkas Mukhtarudin.

Untuk diketahui, Pertamina Grup menjadi BUMN kontributor TKDN terbesar yang berkontribusi hingga 50% dari total Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) BUMN pada tahun 2023. 

Jumlah TKDN Pertamina Grup mencapai Rp374 Triliun dari total jumlah TKDN BUMN tahun 2023 adalah sekitar Rp800 Triliun.

Pencapaian ini membuat Pertamina dianugerahi penghargaan Penggunaan Produk Dalam Negeri Tahun 2024 untuk Kategori Badan Usaha Milik Negara dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita dan diterima oleh Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati pada acara Penggunaan Produk Dalam Negeri di The Meru Sanur, Bali, Kamis, 7 Maret 2024.

Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan digitalisasi sertifikasi TKDN yang menjamin proses sertifikasi cepat, akurat, dan akuntabel,” tegas Agus.

Lebih lanjut Agus mengatakan setiap Rp 400 triliun belanja barang dan jasa yang berasal dari Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) akan memperkuat pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 1,8 persen.

“Kami percaya, semua itu bisa membawa multiplier effect dan value added dan akan mengakselerasi program pendalaman dan penyebaran dan pemerataan sektor industri nasional,” ujar Menperin Agus Gumiwang.

Sejalan dengan upaya pemerintah untuk terus meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, Pertamina akan melanjutkan komitmennya untuk terus meningkatkan nilai TKDN di seluruh lini bisnisnya sebagai upaya Pertamina dalam mendorong dan meningkatkan pergerakan ekonomi nasional.

Kata Agus, Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs).

"Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina," pungkas Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi berdayakan apoteker lewat platform PharmAcademy.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:42 WIB

Setahun Pharmacademy, Kuatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi hadirkan platform PharmAcademy yang telah menguatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia.

BNI Agen46

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:38 WIB

BNI Agen46 Bidik Seratus Ribu Pengunjung Java Jazz Festival

BNI Agen46, mitra PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang menyediakan berbagai layanan jasa keuangan, memeriahkan Jakarta International BNI Java Jazz Festival (BNI JJF) 2024 yang…

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…