Maskapai Penerbangan Pemerintah dan APP Group Sepakat Memperkuat Misi Pemerbangan Hijau

Oleh : Herry Barus | Selasa, 05 Maret 2024 - 11:34 WIB

Maskapai Penerbangan Pemerintah dan APP Group Sepakat Memperkuat Misi Pemerbangan Hijau
Maskapai Penerbangan Pemerintah dan APP Group Sepakat Memperkuat Misi Pemerbangan Hijau

INDUSTRY.co.id

Jakarta- Dalam langkah maju menuju keberlanjutan lingkungan dan dukungan terhadap inisiatif Pemerintah untuk pembangunan rendah karbon, APP Group bersama Garuda Indonesia menginisiasi kolaborasi strategis dalam mengimplementasikan penggunaan kemasan ramah lingkungan dalam layanan penerbangan. Inisiatif ini tidak hanya menandai komitmen terhadap praktik berkelanjutan, tetapi juga upaya bersama dalam mendukung program Pemerintah dalam pengurangan sampah plastik.

Dalam kolaborasi ini, dimulai pada saat bulan Ramadhan mendatang, Garuda Indonesia akan menggunakan ragam produk kemasan ramah lingkungan pada berbagai touch point layanan inflight service seperti kemasan alat makan dan kemasan makanan serta minuman, menggunakan bahan kertas dari Enza & Foopak. Bahan kertas ini dirancang untuk mengurangi dampak lingkungan, dan mengurangi ketergantungan pada plastik sekali pakai.  Demikian keterangan dihimpun oleh Dessy, tim Redaksi.

Kolaborasi antara Garuda Indonesia dan APP Group ini selaras dengan value yang dikedepankan kedua korporasi tersebut dalam mendukung berbagai teroborosan berkelanjutan penggunaaan produk ramah lingkungan dalam penerbangan Garuda Indonesia menuju beragam destinasi di Sumatra seperti Palembang, Pekanbaru, Jambi, dan Surabaya. Kedepannya Inisiatif ini kiranya kedepanya dapat terus diperluas ke rute lainnya.

Berangkat dari misi yang sama dalam berpartisipasi aktif mendukung Inisiatif dekarbonisasi. Kolaborasi yang dijalankan Garuda Indonesia dan APP Group ini sejalan dengan langkah Pemerintah yang menargetkan pengurangan  sampah atau limbah plastik sebesar 70% hingga tahun 2025, sebagai bagian dari Rencana Aksi Penanganan Sampah Laut. Inisiatif pemerintah ini melibatkan koordinasi lintas kementerian dan melibatkan pihak swasta serta komunitas masyarakat dalam upaya pengurangan produksi sampah plastik.

Sejalan dengan hal tersebut, penelitian terbaru berjudul Sustainable Lifestyle: A Path towards Environmental Sustainability and Sustainable Development (Shahnaz Akhtar: 2023) menunjukkan bahwa gaya hidup berkelanjutan merupakan komponen kritis dalam mencapai keberlanjutan lingkungan dan ekonomi. Adopsi konsumsi yang bertanggung jawab, pengurangan limbah, efisiensi energi, dan mobilitas yang sadar lingkungan adalah kunci. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya perubahan perilaku konsumen dan industri dalam mendukung keberlanjutan.

"Kami di APP Group menyadari bahwa keberlanjutan bukan hanya sebuah pilihan, tetapi sebuah keharusan bagi masa depan kita. Produk kemasan ramah lingkungan dari Enza dan Foopak adalah salah satu langkah kami dalam mengurangi jejak karbon dan mendukung Indonesia menuju ekonomi hijau. Ini adalah tanggung jawab kita bersama terhadap planet dan generasi yang akan datang," ungkap Managing Director APP Group Suhendra Wiriadinata.

 

"Melalui inisiatif ini, kami juga ingin mendukung gaya hidup di masyarakat yang ramah lingkungan. Kami percaya bahwa perubahan positif dimulai dari langkah kecil, dan penggunaan kemasan ramah lingkungan ini adalah salah satu langkah kecil yang dapat membawa dampak besar bagi kelestarian lingkungan," tutup Suhendra.

Lebih lanjut, Di kesempatan yang sama, APP Group melalui Yayaan Muslim Sinar Mas mewakafkan 1000 Al Quran kepada Garuda Indonesia, yang secara simbolis diserahkan langsung oleh Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas Saleh Husin rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Adapun Al Quran ini selanjutnya akan didistribusikan ke masyarakat melalui perwakilan dari kantor cabang Garuda  Indonesia di berbagai destinasi di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyambut baik kerjasama dengan APP Group dan mengatakan bahwa inisiasi bersama dengan APP Group ini merupakan salah satu wujud komitmen Garuda Indonesia untuk mendukung program dekarbonisasi yang telah diterapkan oleh pemerintah.

"Misi penerbangan hijau menjadi salah satu pilar akselerasi kinerja yang kami terus optimalkan di Garuda Indonesia. Hal ini yang kami lakukan tidak hanya dengan mengupayakan langkah sinergis dalam memperkuat Inisiatif aksi korporasi yang berwawasan lingkungan hidup, melainkan juga melalui penguatan support system operasional penerbangan ramah lingkunhan melalui kolaborasi bersama mitra strategis seperti yang kami lakukan bersama APP Group" jelas Irfan.

“Sebagai maskapai pembawa bendera bangsa, Garuda Indonesia terus berupaya untuk memperkuat komitmen tersebut yang dilaksanakan melalui berbagai kebijakan koporasi yang mengedepankan focus sustainability dalam seluruh aspek operasional perusahaan. Adapun hal tersebut dioptimalkan salah satunya dengan bekerjasama dengan mitra strategis untuk menghadirkan pengalaman penerbangan yang aman, nyaman serta ramah lingkungan," papar Irfan.

Dengan pengurangan penggunaan plastik sekali pakai melalui penggunaan kemasan ramah lingkungan ini, diharapkan dapat menurunkan emisi karbon dan memperkuat ekosistem keberlanjutan di Indonesia. Inisiatif ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan menginspirasi lebih banyak perusahaan dan individu untuk mengadopsi praktik bisnis yang berkelanjutan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…