PTPL Perkuat Sinergi ONE PERTAMINA Lewat Pengelolaan Gudang Pelumas di Sumbagut & Sulampua

Oleh : Ridwan | Kamis, 29 Februari 2024 - 10:15 WIB

Penandatanganan kerja sama PT Pertamina Lubricants dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN)
Penandatanganan kerja sama PT Pertamina Lubricants dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pertamina Lubricants (PTPL) memperkuat sinergi ONE PERTAMINA melalui kerja sama dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN) dalam pengelolaan gudang pelumas di wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) dan Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua). 

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) yang dilakukan di Depot Supply Point (DSP) Plumpang, Jakarta Utara pada hari Senin, 26 Februari 2024.

Sinergi BUMN melalui ONE PERTAMINA menjadi bentuk komitmen dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas rantai pasok, serta memperkuat ketahanan energi nasional.

“ONE PERTAMINA merupakan wujud optimalisasi resources dan kapabilitas BUMN untuk mencapai tujuan bersama. Demi terwujudnya peningkatan efisiensi biaya logistik, memperkuat daya saing di pasar domestik dan internasional, serta mendukung ketahanan energi nasional, Pertamina Lubricants menginisiasi kerjasama ini melalui pengelolaan gudang pelumas yang profesional,” ujar Werry Prayogi, Direktur Utama PTPL.

Direktur Utama Patra Logistik, Rizky Mahesa menambahkan, kerja sama ini merupakan kelanjutan dari inisiatif yang telah terjalin sejak tahun 2018 dalam pengelolaan warehouse. 

"Melalui kolaborasi lintas BUMN ini, kami optimis Patra Logistik dan PTPL dapat menjadi pemain utama di industri logistik nasional dan bersaing di kancah internasional, serta berkontribusi pada pencapaian target-target strategis Pertamina," terangnya.

“Elnusa Petrofin siap mendukung PTPL dalam pengelolaan pergudangan pelumas dengan mengoptimalkan infrastruktur dan jaringan yang kami miliki di Wilayah Sulampua serta bersinergi dengan PT Patra Logistik untuk mendukung operational excellence Pertamina Lubricants,” ujar Donni Irawan selaku Direktur Utama Elnusa Petrofin.

Penandatanganan PKS ini disaksikan oleh jajaran manajemen PTPL, Patra Logistik, dan Elnusa Petrofin. Acara dilanjutkan dengan penyerahan simbolis miniatur gudang dan armada kepada Patra Logistik dan Elnusa Petrofin.

Harapannya, kolaborasi lintas BUMN ini dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas rantai pasokan produk pelumas Pertamina di wilayah Sumbagut dan Sulampua, serta memperkuat sinergi ONE PERTAMINA untuk mencapai tujuan bersama, yaitu ketahanan energi nasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno (tengah)

Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Penguatan Peran Perempuan di Sektor Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan pihaknya berkomitmen mendukung penguatan peran perempuan dalam pengembangan dan kepemimpinan di sektor…

Grand Opening Roti Keset Condet Kemang

Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:25 WIB

Fadil Jaidi dan Pak Muh Seru-seruan di Grand Opening Roti Keset Condet Kemang

Youtuber Fadil Jaidi dan ayahnya Pak Muh menjadi bintang tamu pada Grand Opening Roti Keset Condet Kemang, Rabu (1/5/2024). Lokasinya di Jalan Kemang Selatan VIII No.56A Jakarta Selatan.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Sabtu, 04 Mei 2024 - 15:21 WIB

Pacu Kualitas dan Kuantitas Pendidikan Vokasi Industri, Menperin Agus Resmikan JARVIS 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menjalankan program pendidikan vokasi yang menjadi pelopor dual system di Indonesia. Program tersebut bertujuan untuk memenuhi dan mengantisipasi kebutuhan…

Pembukaan Business Matching IKM Pangan dan Furnitur dengan HIPPINDO

Sabtu, 04 Mei 2024 - 14:48 WIB

Menperin Agus Jodohkan IKM Pangan dan Furnitur dengan Ritel Lewat Gelaran Temu Bisnis

Upaya Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong kemandirian Industri Kecil Menengah (IKM) salah satunya dilakukan melalui dukungan terhadap kemitraan antara IKM dengan berbagai sektor…

Ahmad Himawan Ketua YKMI

Sabtu, 04 Mei 2024 - 13:30 WIB

YKMI Nyatakan Dukungan Terhadap Aksi Palestine Solidarity Camp

Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) secara resmi mendukung inisiatif sivitas akademika Universitas Indonesia (UI) yang mulai memasifkan protes dan solidaritas terhadap Palestina dengan…