Mandala Finance Bersama PJI Dukung Peningkatan Produktivitas UMKM Melalui Digitalisasi

Oleh : Hariyanto | Senin, 26 Februari 2024 - 14:03 WIB

Digital Entrepreneur Empowerment Program (DEEP).
Digital Entrepreneur Empowerment Program (DEEP).

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Berupaya mendukung peningkatan produktivitas dan skala bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) secara berkelanjutan, PT Mandala Multifinance Tbk (Mandala Finance) bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) mengimplementasikan program pelatihan dan pendampingan bisnis bertajuk Digital Entrepreneur Empowerment Program (DEEP). 

Berlangsung sejak Februari 2023, program ini telah memfasilitasi 51 pengusaha muda berusia 18-35 tahun di Kota Padang untuk dapat mengasah kompetensi dalam manajemen bisnis, memperluas jangkauan pemasaran dengan digital, serta meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan personal dan bisnis. 

Hasilnya, mereka mampu mengumpulkan total pendapatan bisnis hingga Rp 4,26 miliar, melayani lebih dari 44.000 transaksi penjualan hingga ke sejumlah wilayah di luar Kota Padang, dan menciptakan kesempatan kerja bagi 64 orang selama enam bulan masa pendampingan.

"Kami sangat bangga dengan pencapaian bisnis para peserta program DEEP serta dampak ekonomi dan sosial yang mereka kontribusikan terhadap komunitas. Angka yang fantastis tersebut merefleksikan besarnya potensi sektor UMKM dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Secara spesifik, pengelolaan bisnis yang lebih terstruktur dan pemanfaatan digital yang dilakukan terbukti efektif meningkatkan kapasitas dan kinerja bisnis mereka," kata Business General Manager Sumatera Mandala Finance, Trisno Situmeang, Senin (26/2/2024). 

"Kami berharap seluruh pembelajaran dan pengalaman yang diperoleh melalui program ini dapat menjadi aset berharga bagi mereka untuk terus tumbuh menjadi tokoh muda pemimpin bisnis yang menggerakkan ekosistem kewirausahaan digital di Sumatra Barat.” imbuhnya. 

Sektor UMKM yang mampu menopang 61,97% produk domestik bruto (PDB) dan menyerap 97% total tenaga kerja Indonesia memainkan peran sentral dalam roda perekonomian negara. Lebih dari itu, pelaku usaha yang telah memasuki ranah daring di lokapasar menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi digital Tanah Air. 

Untuk mengoptimalkan kontribusi UMKM tersebut, Pemerintah Indonesia melalui Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital yang baru diluncurkan Desember lalu akan fokus melakukan intervensi pada sektor UMKM untuk mendorong pengadopsian produk dan layanan digital yang dapat membantu peningkatan akses pasar dan produktivitas usaha. Oleh karena itu, kehadiran program DEEP ini diharapkan dapat turut berkontribusi terhadap upaya pemerintah tersebut.

Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Padang, Ir. Hj. Corri Saidan, M.Si. mengungkapkan, program ini sejalan dengan visi Pemerintah Kota Padang dalam mewujudkan masyarakat yang madani berbasis pendidikan, perdagangan, dan pariwisata unggul serta berdaya saing, sekaligus misi meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif serta mewujudkan Kota Padang sebagai pusat perdagangan dan ekonomi kreatif.

"Kami mengapresiasi keberhasilan program ini yang sangat berdampak pada peningkatan skala bisnis UMKM melalui digitalisasi dan juga pembukaan lapangan kerja. Semoga kolaborasi dapat terus dikembangkan untuk mendukung kami dalam melakukan pembinaan terhadap 112 ribu UMKM Kota Padang," ujarnya. 

“Berdasarkan pengalaman kami mengelola inisiatif pemberdayaan UMKM di berbagai daerah selama lima tahun terakhir, manajemen operasional dan finansial bisnis yang konvensional serta minimnya penguasaan teknologi digital menjadi faktor penghambat utama bagi para pelaku usaha mikro untuk dapat membuat bisnis mereka naik kelas," ujar Ketua Pengurus Prestasi Junior Indonesia, Pribadi Setiyanto. 

"Oleh karena itu, program DEEP dirancang untuk mengokohkan empat komponen fundamental pada para peserta, yaitu pengetahuan manajemen bisnis, keterampilan pengelolaan keuangan personal dan bisnis, pemanfaatan teknologi untuk perluasan akses pasar, serta kepercayaan diri untuk berinovasi. Terima kasih Mandala Finance yang telah mempercayakan kami untuk menjalankan inisiatif yang sangat berdampak ini," imbuhnya. 

Digital Entrepreneur Empowerment Program (DEEP) merupakan bagian dari inisiatif “Tumbuh Bersama Masyarakat Indonesia”, program pemberdayaan masyarakat PT Mandala Multifinance Tbk yang baru diluncurkan tahun 2023 lalu dan menyasar masyarakat di Kota Padang. 

Selama periode program, para peserta diberikan pelatihan rutin yang dapat mempertajam strategi bisnis di seluruh aspek operasional serta pendampingan secara intensif untuk mematangkan dan memandirikan perilaku bisnis mereka. 

Selain itu, interaksi langsung dengan sejumlah pakar bisnis, finansial, dan digital yang berperan sebagai mentor juga difasilitasi untuk memberikan peserta kesempatan untuk mengeksplorasi pengetahuan praktis yang aplikatif dan relevan dengan tren di pasar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 14 April 2024 - 11:33 WIB

Ketua MPR RI Dukung Panglima TNI Tetapkan Penyebutan OPM dan Tegaskan Keselamatan Bangsa di Atas Segalanya

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung langkah Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menetapkan penyebutan kelompok bersenjata yang menuntut Papua merdeka…

Donny Alamsyah Surprise Disambangi Tim LAKONE di Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta

Minggu, 14 April 2024 - 09:36 WIB

Donny Alamsyah Surprise Disambangi Tim LAKONE di Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta

Laporan Aktor Aktris On Location Atau LAKONE yang dipandu wartawan kawakan Sutrisno Buyil terus Melaju dengan mewawancarai bintang beken yang saat ini sibuk berkarier di industri hiburan. Pada…

Sambut Idul Fitri, MR.DIY Bagikan Inspirasi Pengalaman Mudik Nyaman dan Sehat #LebaranJadiMudah

Minggu, 14 April 2024 - 09:23 WIB

Sambut Idul Fitri, MR.DIY Bagikan Inspirasi Pengalaman Mudik Nyaman dan Sehat #LebaranJadiMudah

Setelah berpuasa 30 hari, saatnya merayakan kemenangan di Hari Raya Idul Fitri. Lebaran memang selalu menjadi momen yang dinantikan oleh umat muslim dan saat tepat untuk berkumpul bersama keluarga.…

Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

Minggu, 14 April 2024 - 06:54 WIB

Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang ditargetkan tersambung dari Banten hingga Jawa Timur (Jatim). Jalan…

Babinsa Koramil 1710-05/Jila Bersama Satgas Yonif 116 Laksanakan Pendampingan Pelayanan Kesehatan

Minggu, 14 April 2024 - 06:42 WIB

Babinsa Koramil 1710-05/Jila Bersama Satgas Yonif 116 Laksanakan Pendampingan Pelayanan Kesehatan

Para Bintara pembina desa dari jajaran Kodim 1710/Mimika di tingkat Koramil kian intens melakukan komunikasi sosial dengan masyarakat di wilayah tugasnya. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa…