Komunitas Rumpies Hadiri Perayaan Cap Gomeh sebagai Bentuk Penghormatan Terhadap Tradisi dan Budaya

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 24 Februari 2024 - 12:41 WIB

Komunitas Rumpies Hadiri Perayaan Cap Gomeh sebagai Bentuk Penghormatan Terhadap Tradisi dan Budaya
Komunitas Rumpies Hadiri Perayaan Cap Gomeh sebagai Bentuk Penghormatan Terhadap Tradisi dan Budaya

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Cap Gomeh adalah perayaan Tionghoa yang dirayakan pada hari kelima belas bulan pertama dalam kalender Tionghoa, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek.

Cap Gomeh dirayakan oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Tradisi ini sering kali melibatkan pawai, pertunjukan seni, dan kegiatan keagamaan. Perayaan Cap Gomeh juga merupakan momen untuk memohon berkat dan kesuksesan dalam tahun yang baru.

Sejarah Cap Gomeh berakar dari tradisi Tionghoa yang berasal dari zaman Dinasti Qing di China. Tradisi Cap Gomeh telah ada sejak abad ke-19 dan menjadi bagian dari perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia, terutama oleh masyarakat Tionghoa, seperti yang dilakukan sejumlah komunitas di Restoran My King, Jakarta, Jumat (23/2) malam.

Menurut sejarah, Cap Gomeh pertama kali dirayakan di Indonesia oleh komunitas Tionghoa di Batavia (sekarang Jakarta) pada masa kolonial Belanda. Pada awalnya, Cap Gomeh adalah bagian dari rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek yang diadakan oleh masyarakat Tionghoa untuk merayakan akhir dari 15 hari perayaan Tahun Baru Imlek.

Selama perayaan Cap Gomeh, biasanya terdapat pawai keliling kota, pertunjukan barongsai, liong, dan diakhiri dengan upacara doa bersama di klenteng atau vihara setempat. Cap Gomeh juga dianggap sebagai momen penting untuk memohon berkah, kesuksesan, dan kebahagiaan dalam tahun yang baru. Tradisi ini tetap dilestarikan oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia dan menjadi bagian dari kekayaan budaya bangsa.

"Saat merayakan Cap Gomeh, biasanya terdapat beberapa kegiatan tradisional yang dilakukan oleh masyarakat Tionghoa," kata Ketua Komunitas Rumpies, Johny Sudjono.

Dikatakannya, berbagai aktivitas dilakukan saat Cap Gomeh seperti, mengunjungi keluarga dan teman-teman untuk saling berkumpul dan merayakan bersama, mengadakan pesta atau makan malam bersama keluarga dan kerabat, melakukan upacara persembahan kepada leluhur, menyantap makanan khas Tionghoa yang lezat dan beragam.

"Masyarakat Tionghoa juga biasanya menikmati makanan dan minuman khas seperti kue kering, buah-buahan, mie, dan hidangan khas lainnya sebagai bagian dari perayaan," kata Jhony Sudjono.

Banyak orang yang memilih untuk mengenakan pakaian tradisional Tionghoa, seperti cheongsam atau samfu, saat merayakan Cap Gomeh sebagai bentuk penghormatan terhadap tradisi dan budaya.Seluruh kegiatan ini bersama-sama menciptakan atmosfer yang meriah dan penuh makna dalam perayaan Cap Gomeh.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…