Tingkatkan Kualitas, Universitas Mercu Buana Kembali Kukuhkan Tiga Guru Besar Baru

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 09 Februari 2024 - 18:38 WIB

Pengukuhan tiga guru besar baru Universitas Mercu Buana.
Pengukuhan tiga guru besar baru Universitas Mercu Buana.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada Rabu (07/02) Universitas Mercu Buana (UMB) kembali menggelar acara Pengukuhan Guru Besar atas nama Prof. Dr. Suraya, M. Si dari Bidang Ilmu Komunikasi, Prof. Dr. Setyo Riyanto, M. M. dari Bidang Ilmu Manajemen, dan Prof. Dr. Nur Kholisoh, M. Si. dari Bidang Ilmu Komunikasi. 

Ketiga guru besar baru itu melengkapi jumlah guru besar yang dimiliki perguruan tinggi yang didirikan Alm. H. Probosutedjo pada tahun 1985 silam menjadi 19 guru besar.

“Guru Besar merupakan aktor penting baik dalam dunia akademik maupun masyarakat luas. Dengan demikian perjalanan akademik seorang Guru Besar tidak hanya mengejar keunggulan dalam riset dan pengajaran, tetapi juga memahami pentingnya menjembatani kesenjangan antara ilmu pengetahuan dan kebutuhan ril masyarakat,” kata Rektor Universitas Mercu Buana, Prof. Dr. Andi Adriansyah.

Lebih lanjut Andi kembali menegaskan pengukuhan ini tidak hanya merupakan perayaan atas pencapaian individu, namun juga merupakan cerminan dari komitmen Universitas Mercu Buana dalam membina lingkungan yang penuh dengan keingintahuan intelektual, pemikiran kritis, dan keunggulan akademis. 

“Universitas kami berdiri sebagai mercusuar pembelajaran, dan Ketiga Guru Besar yang akan dikukuhkan ini mewujudkan semangat inkuiri dan penemuan yang menjadi ciri khas kami,” tegas Profesor peneliti Robot Humanoid ini. 

Kepala LLDIKTI III Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc. dalam sambutannya juga mengingatkan, bahwa saat ini proporsi jumlah guru besar di wilayah DKI Jakarta masih sangat kecil. Jumlahnya hanya 1,8% dari total 29.469 dosen dengan jabatan fungsional. 

Universitas Mercu Buana menurut Prof. Toni, termasuk perguruan tinggi yang turut menyumbang jumlah guru besar yang banyak di LLDIKTI III, yaitu 19 dari 536 guru besar.

“Data tersebut memperlihatkan adanya disparitas yang sangat tinggi antardosen dengan jabatan fungsional di wilayah perguruan tinggi swasta di DKI Jakarta. Disparitas ini menunjukkan perlu percepatan kelahiran guru besar baru untuk meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi di Indonesia,” pungkas Prof. Toni.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi bersama Menko Polhukam Hadi Tjahjanto dan Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/02/2024). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

Rabu, 21 Februari 2024 - 16:42 WIB

Pesan Presiden Jokowi pada Hadi Tjahjanto dan AHY

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria…

Mitsubishi L100 EV

Rabu, 21 Februari 2024 - 16:15 WIB

Ini Dia Sejumlah Keuntungan Miliki Mitsubishi L100 EV

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya mengumumkan dimulainya penjualan Mitsubishi L100 EV di Indonesia, termasuk harga yang ditawarkan.

Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) Hadir Kembali di 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 16:02 WIB

Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) Hadir Kembali di 2024 Dengan Semangat Kewirausahaan dan Ekonomi Untuk Bisnis Yang Berkelanjutan

Seiring dengan pulihnya ekonomi Global dan tumbuhnya ekonomi Nasional, Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) kembali hadir di tahun 2024 sebagai pameran dagang Internasional terdepan dan utama di…

Retribusi Pasar Naik Mendadak, Ketua DPRD Klungkung Panggil Dinas Terkait

Rabu, 21 Februari 2024 - 15:56 WIB

Retribusi Pasar Naik Mendadak, Ketua DPRD Klungkung Panggil Dinas Terkait

Pedagang Pasar Tematik Semarapura mendatangi gedung DPRD Klungkung pada Senin lalu (19/02/2024). Para pedagang yang berjumlah 80 orang tersebut meminta peraturan kenaikan tarif retribusi dilakukan…

Mitsubishi XForce

Rabu, 21 Februari 2024 - 15:35 WIB

Beli Mitsubishi Xforce di IIMS 2024 Banjir Segudang Promo

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan segudang promo-promo menarik di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran,…