Kementerian ESDM Bangun 130 PLTS di NTB

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 28 Juli 2017 - 10:10 WIB

Ilstrasi Energi baru terbarukan (Foto Ist)
Ilstrasi Energi baru terbarukan (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Mataram- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengalokasikan anggaran sebesar Rp3,5 miliar pada 2017 untuk membangun 130 pembangkit listrik tenaga surya tersebar di Nusa Tenggara Barat.

Kepala Bidang Energi Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Nusa Tenggara Barat (NTB) Yuliadi Ismono, di Mataram, Kamis (27/7/2017) mengatakan ratusan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) tersebut akan dibangun di daerah terisolir yang tersebar di Kabupaten Lombok Timur, Lombok Utara, dan Dompu.

"Proyeknya sudah ditender, mungkin akhir Agustus 2017 proses pembangunan sudah bisa dilakukan," katanya.

Ia mengatakan sasaran penerima Program PLTS Tersebar tersebut adalah rumah tangga yang tinggal di daerah yang belum terjangkau jaringan listrik dari PLN.

Daerah tersebut juga diperkirakan bisa menikmati listrik dari PLN dalam waktu dua hingga tiga tahun ke depan.

Rumah tangga sasaran, lanjut Yuliadi, merupakan rekomendasi dari pemerintah kabupaten yang masuk dalam pembahasan di musyawarah rencana pembangunan (musrenbang).

"Jadi dusun atau desa yang menjadi sasaran juga sudah tercatat di pemerintah bahwa belum mendapat layanan jaringan listrik dari PLN," ujarnya seperti dilansir Antara.

Ia menjelaskan Program PLTS Tersebar tersebut sebagai salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan rasio elektrifikasi di NTB, melalui pemanfaatan energi baru terbarukan.

Rasio elektrifikasi adalah perbandingan jumlah penduduk yang mendapatkan listrik terhadap total jumlah penduduk di suatu daerah.

Oleh sebab itu, lanjut Yuliadi, rumah tangga sasaran tidak mesti harus berasal dari warga kurang mampu, namun masyarakat kalangan ekonomi ke atas juga bisa mendapatkan karena memang belum bisa menikmati listrik dari PLN.

"Kami tidak melihat kaya atau miskin, kalau dia tinggal di pegunungan atau daerah terpencil seperti Tepal dan Batu Rotok, di Sumbawa, yang belum ada jaringan listrik PLN, bisa diberikan PLTS," katanya.

Data PLN Wilayah NTB tercatat rasio elektrifikasi di NTB sudah mencapai 77,68 persen pada 2016.

Badan usaha milik negara itu juga menargetkan rasio elektrifikasi di NTB pada 2019 mencapai 90 persen.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prajurit Marinir Sukseskan Pengamanan New Normal

Minggu, 31 Mei 2020 - 05:00 WIB

Prajurit Marinir Sukseskan Pengamanan New Normal

Tidak lama lagi masyarakat akan mengalami tatanan hidup baru di tengah Pandemi Corona. PSBB akan berubah menjadi New Normal.

Korps Marinir Cilandak Jalin Silaturahmi Bersama Ketua PG Kormar Etta Suhartomo

Minggu, 31 Mei 2020 - 04:00 WIB

Korps Marinir Cilandak Jalin Silaturahmi Bersama Ketua PG Kormar Etta Suhartomo

Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Etta Suhartono didampingi Wakil Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ayu Nur Alamsyah jalin silaturahmi dengan seluruh ketua Jalasenastri dijajaran…

FBI Serius Penyelidikan Peran Polisi Terkait Kasus Minneapolis AS (Foto Dok Voanews)

Minggu, 31 Mei 2020 - 03:35 WIB

FBI Serius Penyelidikan Peran Polisi Terkait Kasus Minneapolis AS

Kematian seorang pria keturunan Afrika-Amerika, Senin (25/5/2020 ) saat ditahan polisi di Minneapolis memicu penyelidikan prioritas tinggi oleh Departemen Kehakiman A.S.

RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran Ditinjau Kesiapannya Oleh I Laksda TNI I Nyoman Gede Ariawan

Minggu, 31 Mei 2020 - 03:30 WIB

RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran Ditinjau Kesiapannya Oleh I Laksda TNI I Nyoman Gede Ariawan

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksda TNI I Nyoman Gede Ariawan didampingi Kepala Staf (Kas) Kogabwilhan I Mayjen TNI Richard Tampubolon Wakil Asisten Intelijen…

Kampung Tangguh Semeru “Wani Jogo Suroboyo”Dikunjungi Pangkogabwilhan II Bersama Walikota Risma

Minggu, 31 Mei 2020 - 03:00 WIB

Kampung Tangguh Semeru “Wani Jogo Suroboyo”Dikunjungi Pangkogabwilhan II Bersama Walikota Risma

Di hari ke dua kunjungan kerjanya di Surabaya, Pangkogabwilhan II Marsda TNI Imran Baidirus, S.E. menemui Walikota Surabaya Tri Rismaharini di Balai Kota, Jumat (29/5/2020).