Jumlah Anak Perusahaan Musim Mas Group yang Penuhi Kriteria PROPER, Tahun 2023 Bertambah

Oleh : Herry Barus | Jumat, 22 Desember 2023 - 16:27 WIB

Jumlah Anak Perusahaan Musim Mas Group yang Penuhi Kriteria PROPER, Tahun 2023 Bertambah
Jumlah Anak Perusahaan Musim Mas Group yang Penuhi Kriteria PROPER, Tahun 2023 Bertambah

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Musim Mas Group, salah satu perusahaan kelapa sawit terintegrasi terbesar di dunia, menambah daftar kepatuhan perusahaan pada Penghargaan PROPER 2023, yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Tahun ini, total 20 PROPER Hijau dan Biru berhasil didapatkan oleh 14 anak perusahaan Musim Mas Group.

Sebelas PROPER Hijau didapatkan oleh 11 anak perusahaan di sektor Pabrik Kelapa Sawit (PKS), sedangkan 9 PROPER Biru didapatkan oleh 2 anak perusahaan di sektor PKS, dan 7 anak perusahaan di sektor Perkebunan.

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong, kemarin (20/12), dan juga dihadiri oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin.

Anugerah PROPER yang diinisiasi oleh KLHK ini merupakan merupakan penghargaan atas kinerja dunia usaha dalam pengelolaan lingkungan, ekoinovasi, inovasi sosial, dan kepemimpinan lingkungan (green leadership) perusahaan yang bertujuan untuk mendorong ketaatan industri terhadap peraturan perundangan di bidang pengelolaan lingkungan hidup. Bagi Musim Mas, penghargaan ini merupakan sebuah anugerah bergengsi, mengingat penghargaan ini hanya diberikan melalui penetapan Surat Keputusan dari KLHK.

Ada dua kriteria penilaian PROPER, yaitu kriteria penilaian ketaatan dan kriteria penilaian lebih dari yang dipersyaratkan dalam peraturan (beyond compliance). Dasar penilaian ketaatan mencakup peraturan seputar persyaratan dokumen lingkungan, pengendalian pencemaran air, laut, dan udara, pengelolaan limbah B3, dan potensi kerusakan lahan. Dan pada sektor perkebunan, aspek pengendalian kerusakan ekosistem gambut juga masuk dalam penilaian. Untuk kriteria beyond compliance, penilaian dilihat sebagai lebih dari persyaratan, karena disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan praktik pengelolaan lingkungan yang terbaik, serta isu yang bersifat global. Aspek-aspek penilaiannya termasuk sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi, penurunan emisi, pengurangan dan pemanfaatan limbah B3, pengurangan dan pemanfaatan limbah non B3, efisiensi air, penurunan beban pencemaran air, perlindungan keanekaragaman hayati, dan pemberdayaan masyarakat. Di samping itu, PROPER juga mensyaratkan perusahaan melakukan benchmarking dengan perusahaan lain, baik dalam skala nasional, regional, ataupun internasional, agar kinerja perusahaan meningkat.

Dalam pembukaan pidatonya saat menghadiri Penghargaan PROPER 2023, KH Ma’ruf Amin mengatakan “Saat ini dunia tengah dihadapkan pada tiga krisis lingkungan, yaitu perubahan iklim, hilangnya keanekaragaman hayati, dan pencemaran lingkungan. Masalah lingkungan hidup ini adalah persoalan universal yang menuntut penyelesaian secara seksama dan bersama-sama, salah satunya melalui pembangunan berkelanjutan. Keberhasilan pembangunan keberlanjutan membutuhkan dukungan semua sektor dan pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah, akademisi, komunitas, juga entitas bisnis.”

Sebagai perusahaan global yang memiliki operasional utama di Indonesia, Musim Mas Group selalu mengutamakan pengelolaan perkebunan dan pabrik kelapa sawit yang ramah lingkungan serta berkelanjutan. Hingga akhir tahun 2022, Musim Mas memiliki lebih dari 28 ribu hektar lahan (lebih dari 14% dari luas lahan bersertifikat) yang diperuntukkan bagi konservasi. Musim Mas juga menerapkan zero waste pada operasionalnya melalui pengelolaan limbah padat, cair dan gas, dimana limbah padat dikelola lebih lanjut menjadi bahan bakar dan pupuk; limbah cair dikelola lebih lanjut melalui proses waste water treatment yang kemudian dimanfaatkan kembali; serta pengelolaan limbah gas metana yang dihasilkan dari proses operasional menjadi listrik menggunakan instalasi Methan Capture, yang hasil listriknya digunakan untuk operasional dan perumahan pekerja di lokasi operasional perkebunan dan pabrik.

Saat ini, terdapat 17 pabrik pengolahan kelapa sawit Musim Mas yang telah dilengkapi fasilitas Methan Capture. Perusahaan juga menegaskan semua rantai pasok telah menerapkan NDPE (No Deforestation, No Peat, No Exploitation). Lebih jauh lagi, Musim Mas juga memberdayakan masyarakat dan komunitas untuk lebih menjaga lingkungan melalui program Masyarakat Bebas Api, dan program Pemberdayaan Petani Swadaya Musim Mas melalui pelatihan terkait praktik-praktik perkebunan yang baik (Good Agriculture Practices).

“Kami sangat bangga dan senang dengan pencapaian PROPER dalam menutup tahun ini, karena jumlah anak perusahaan kami bertambah yang menerima PROPER , menjadi 14 anak perusahaan dari sector pabrik kelapa sawit dan perkebunan. Strategi dan kebijakan keberlanjutan Musim Mas menjadi acuan yang diterapkan di seluruh lini perusahaan. Kami terus meningkatkan standar untuk produksi minyak sawit yang berkelanjutan. Kepedulian kami atas lingkungan juga kami realisasikan dengan mengadopsi Agriculture Sector Roadmap to 1.5°C bersama perusahaan-perusahaan serupa, yang bertujuan untuk mengurangi emisi karbon dari penggunaan dan pengelolaan lahan. Tentunya, keberhasilan ini juga tidak terlepas dari keterlibatan seluruh pemangku kepentingan di sektor kelapa sawit,” ujar Teuku Kanna Rhamdan, General Manager Corporate Affairs - Musim Mas Group.

Sebagai perusahaan pemimpin di bidangnya, Musim Mas menjunjung tinggi empat pilar keberlanjutan yang diterapkan dalam menjalankan usahanya. Ke empat pilar tersebut mencakup peningkatan kehidupan petani swadaya, pekerja, dan komunitas; memberikan dampak lingkungan yang positif; mempertahankan hubungan yang bertanggung jawab dengan para pemasok, pelanggan, dan pemangku kepentingan; serta mendorong inovasi dalam praktik-praktik berkelanjutan.

Perusahaan penerima PROPER 2023 Musim Mas Group adalah:

PROPER HIJAU PROPER BIRU

PT Agrowiratama - (PKS) PT Bahana Nusa Interindo - (PKS)

PT Berkat Sawit Sejati - (PKS) PT Sarana Esa Cita - (PKS)

PT Indomakmur Sawit Berjaya - (PKS) PT Sarana Esa Cita - (Perkebunan)

PT Maju Aneka Sawit - (PKS) PT Musim Mas - (Perkebunan)

PT Musim Mas PKS Batang Kulim - (PKS) PT Guntung Idaman Nusa - (Perkebunan)

PT Musim Mas PKS Pangkalan Lesung - (PKS) PT Sukajadi Sawit Mekar - (Perkebunan)

PT Sinar Agro Raya - (sektor PKS) PT Maju Aneka Sawit - (Perkebunan)

PT Siringo-Ringo - (sektor PKS) PT Globalindo Alam Perkasa - (Perkebunan)

PT Sukajadi Sawit Mekar PKS SSM1 - (PKS) PT Mulia Indah - (Perkebunan)

PT Sukajadi Sawit Mekar PKS SSM2 - (PKS)

PT Unggul Lestari - (PKS)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wings Food menggelar acara Halal Bihalal bersama beberapa komunitas anak muda.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:19 WIB

Wings Food Ajak Anak Muda Berbagi Kebaikan Melalui Acara Halal Bihalal

Sukses menggelar roadshow Semarak Ramadan, Wings Food menggelar acara halal bihalal bersama beberapa komunitas anak muda di pesantren khusus anak yatim piatu As-Syafi’iyah.

Peluncuran PRUWell Medical dan Medical Syariah dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:08 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Luncurkan Produk Asuransi Kesehatan dengan Konsep “Fairness”

PRUWell dan PRUWell Medical Syariah menawarkan premi atau kontribusi yang terjangkau dan adil (fair pricing) secara berkala sebagai apresiasi terhadap para pemegang polis yang terus menjaga…

Hadir dalam peluncuran diantaranya Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indonesia Dhaniswara K. Harjono, Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:06 WIB

KADIN Luncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meluncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI) untuk membantu penyelesaian sengketa bisnis baik untuk anggota dan umum. Lembaga…

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.