Otomatisasi Operasional Gudang, Shipper Terapkan Meson WMS dari Honeywell

Oleh : Hariyanto | Jumat, 22 Desember 2023 - 09:29 WIB

Kerjasama Shipper dan Honeywell
Kerjasama Shipper dan Honeywell

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Guna menyediakan layanan logistik yang lebih efisien dan cepat, Shipper bekerja sama dengan Honeywell Logistics Solutions (HLS) untuk mengotomatisasi operasional 300 gudangnya yang terletak di 35 kota di seluruh Indonesia melalui Meson Warehouse Management System (WMS).

Meson WMS dari Honeywell yang diterapkan oleh Shipper secara signifikan mendukung kebutuhan bisnis perusahaan, termasuk penerimaan, penyimpanan, pemilihan, pengepakan, dan seluruh operasi pengiriman. Sistem ini sepenuhnya kompatibel dengan radio frequency (RF) devices, voice-enabled systems, printers, barcode dan QR code systems, robotics, dan lainnya.

Shipper telah menggunakan Meson WMS sejak tahun 2021 untuk operasional gudang . Saat ini, Shipper dan Honeywell berupaya untuk memperdalam hubungan ini dengan menjadi mitra resmi. Komitmen bersama ini lebih mengembangkan kemitraan dan menciptakan peluang luar biasa bagi Shipper untuk menjadi bagian signifikan dari jaringan mitra Honeywell di Asia Tenggara. 

Dalam konteks ini, kemitraan Shipper dengan Honeywell di bidang WMS mencerminkan fokus Shipper untuk menyediakan solusi terdepan dan mengatasi tantangan dalam industri logistik yang terus berkembang. Honeywell menyatakan minatnya untuk bermitra dengan Shipper. 

Bagi Honeywell, strategi kunci dalam upaya pengembangan pasar adalah memperluas jaringan distribusi dan saluran pemasaran di berbagai negara. Indonesia menjadi negara yang strategis penting untuk pertumbuhan bisnis. Meskipun telah lama dianggap memiliki potensi bisnis yang substansial, Honeywell percaya bahwa potensi ini belum sepenuhnya terealisasi.

Berdasarkan potensi pertumbuhan yang signifikan di Indonesia, Honeywell berkomitmen untuk meningkatkan penetrasi pasar dan memperluas bisnisnya di negara ini. Untuk mencapai tujuan ini, mereka memahami pentingnya bermitra dengan perusahaan yang memiliki karakteristik dan kualitas khusus. 

"Kolaborasi ini menandakan komitmen Honeywell untuk mentransformasi digital industri rantai pasok di Indonesia. Meson WMS menyediakan solusi komprehensif yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan gudang yang terus berkembang untuk meningkatkan efisiensi, akurasi, dan produktivitas. Bermitra dengan Shipper memberikan peluang strategis bagi kami untuk mencapai penetrasi pasar yang luas dan memperluas kehadiran kami di Indonesia," kata Jonathan Kwok, General Manager Honeywell Logistics Solutions di Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Honeywell Logistics Solutions adalah pemimpin global di industri logistik dan rantai pasok yang telah melayani lebih dari 1.600 pelanggan di 24 negara. Hubungan antara Honeywell dan Shipper dimulai ketika Shipper mencari sistem manajemen gudang yang tangguh yang dapat memenuhi tuntutan bisnis saat ini dan unggul di antara penyedia layanan lainnya, terutama di ruang pemenuhan B2B dan B2C.

Meson WMS dari Honeywell memiliki keunggulan dalam meningkatkan efisiensi operasional dengan mengurangi kesalahan manusia dan mengoptimalkan alur kerja gudang, meningkatkan akurasi inventaris untuk mengurangi risiko kehilangan stok atau overstock, dan mengurangi biaya tenaga kerja melalui otomatisasi tugas seperti pemeriksaan stok dan pengambilan barang. 

Ini berkontribusi pada manajemen pesanan yang lebih baik, pengiriman yang lebih cepat dan akurat, dan dengan demikian meningkatkan layanan pelanggan. Dengan teknologi canggihnya, Meson WMS memiliki dampak positif pada kualitas dan kehandalan produk, pemantauan real-time, integrasi yang mudah dengan sistem lain, dan peningkatan efisiensi kerja.

Dengan menggunakan sumber daya internal dan pemahaman mendalam tentang kebutuhan bisnis, Shipper memilih untuk mengadopsi solusi Meson WMS dari Honeywell dan mengimplementasikannya secara independen. 

"Keputusan ini memungkinkan kami untuk memperluas layanan yang kami tawarkan kepada pelanggan dengan menyediakan solusi WMS berkualitas tinggi yang meningkatkan efisiensi layanan pelanggan," ujar Budi Handoko, Chief Operating Officer Shipper.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 14 April 2024 - 11:33 WIB

Ketua MPR RI Dukung Panglima TNI Tetapkan Penyebutan OPM dan Tegaskan Keselamatan Bangsa di Atas Segalanya

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung langkah Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menetapkan penyebutan kelompok bersenjata yang menuntut Papua merdeka…

Donny Alamsyah Surprise Disambangi Tim LAKONE di Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta

Minggu, 14 April 2024 - 09:36 WIB

Donny Alamsyah Surprise Disambangi Tim LAKONE di Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta

Laporan Aktor Aktris On Location Atau LAKONE yang dipandu wartawan kawakan Sutrisno Buyil terus Melaju dengan mewawancarai bintang beken yang saat ini sibuk berkarier di industri hiburan. Pada…

Sambut Idul Fitri, MR.DIY Bagikan Inspirasi Pengalaman Mudik Nyaman dan Sehat #LebaranJadiMudah

Minggu, 14 April 2024 - 09:23 WIB

Sambut Idul Fitri, MR.DIY Bagikan Inspirasi Pengalaman Mudik Nyaman dan Sehat #LebaranJadiMudah

Setelah berpuasa 30 hari, saatnya merayakan kemenangan di Hari Raya Idul Fitri. Lebaran memang selalu menjadi momen yang dinantikan oleh umat muslim dan saat tepat untuk berkumpul bersama keluarga.…

Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

Minggu, 14 April 2024 - 06:54 WIB

Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang ditargetkan tersambung dari Banten hingga Jawa Timur (Jatim). Jalan…

Babinsa Koramil 1710-05/Jila Bersama Satgas Yonif 116 Laksanakan Pendampingan Pelayanan Kesehatan

Minggu, 14 April 2024 - 06:42 WIB

Babinsa Koramil 1710-05/Jila Bersama Satgas Yonif 116 Laksanakan Pendampingan Pelayanan Kesehatan

Para Bintara pembina desa dari jajaran Kodim 1710/Mimika di tingkat Koramil kian intens melakukan komunikasi sosial dengan masyarakat di wilayah tugasnya. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa…