Penerapan Teknologi MotoGP pada Honda CBR 150 dan CBR 250: Menghadirkan Performa Terdepan di Kelasnya

Oleh : Hariyanto | Senin, 11 Desember 2023 - 17:12 WIB

Honda CBR150
Honda CBR150

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Seiring berkembangnya dunia balap motor, teknologi MotoGP menjadi sumber inspirasi bagi produsen sepeda motor konvensional. Salah satu contohnya adalah Honda CBR series yang mengintegrasikan sejumlah inovasi dari ajang balap motor paling bergengsi tersebut.

Honda CBR yang dijual di Indonesia antara lain CBR 1000RR, CBR 650R, CBR 250RR dan yang terkecil CBR 150R. Walaupun dimensi, volume mesin dan tenaganya jauh dibawah motor supersport sekelas CBR 1000 apalagi MotoGP, namun CBR CBR 250 dan CBR 150 ternyata juga menerapkan teknologi ala MotoGP seperti yang dirangkum dibawah ini:

Mesin Berperforma Tinggi:

CBR150 meminjam konsep mesin berteknologi tinggi dari MotoGP, menghadirkan mesin berperforma tinggi dengan rasio kompresi yang optimal. Teknologi ini meningkatkan efisiensi pembakaran dan memberikan respons gas yang lebih cepat, menciptakan pengalaman berkendara yang dinamis.

Sistem Pengendalian Traksi (TCS):

Terinspirasi dari teknologi MotoGP yang telah terbukti, CBR250 dilengkapi dengan Sistem Pengendalian Traksi (TCS). TCS membantu menjaga traksi roda saat kondisi jalan licin atau dalam situasi akselerasi maksimal, meningkatkan stabilitas dan keamanan pengendara. Sayangnya CBR 150 belum memiliki fitur TCS ini, walaupun ada varian ABS nya.

Rangka Ringan dan Kuat:

Honda menerapkan pendekatan serupa pada desain rangka CBR150 dengan memanfaatkan teknologi material ringan dan kuat, mirip dengan yang digunakan dalam motor balap MotoGP. Hal ini meningkatkan kestabilan, manuverabilitas, dan respons sepeda motor.

Sistem Pengereman Canggih:

CBR150 mengadopsi sistem pengereman canggih ABS 2 channel yang terinspirasi dari teknologi pengereman di MotoGP. Sistem pengereman ini tidak hanya memberikan kinerja pengereman yang superior, tetapi juga memastikan kontrol optimal bagi pengendara dalam berbagai kondisi.

Fitur Quick Shifter:

Meminimalkan waktu perpindahan gigi, fitur quick shifter pada CBR 250 memungkinkan pengendara untuk mengganti gigi tanpa menggunakan kopling, memberikan pengalaman berkendara yang lebih dinamis. Sayangnya CBR 150 belum ada fitur ini, sementara lawan sebandingnya Yamaha R15 sudah menyematkan quick shifter.

Desain Aerodinamis:

Desain aerodinamis CBR 150 tidak hanya estetis, tetapi juga didasarkan pada prinsip-prinsip yang sama dengan motor MotoGP. Hal ini membantu mengoptimalkan efisiensi aerodinamis, mengurangi hambatan udara, dan meningkatkan stabilitas pada kecepatan tinggi.

Dengan mengadopsi teknologi MotoGP, Honda CBR 250 dan CBR 150 berhasil menciptakan sepeda motor sport yang tidak hanya menarik perhatian dari segi desain, tetapi juga memberikan performa terdepan di kelasnya. Penerapan teknologi ini tidak hanya menjadi langkah maju dalam dunia balap, tetapi juga memberikan pengalaman berkendara yang luar biasa bagi para pecinta motor sport.

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perpusnas Press luncurkan 15 judul buku di Hari Buku Sedunia 2024.

Sabtu, 27 April 2024 - 21:05 WIB

Perpusnas Press Luncurkan 15 Judul Buku di Hari Buku Sedunia

Penerbit Perpusnas Press meluncurkan 15 judul di acara World Book Rumah Dunia sebagai dukungan terhadap kemajuan dunia perbukuan dan literasi.

Aksi donor darah di BRI Insurance

Sabtu, 27 April 2024 - 19:11 WIB

BRI Insurance Lakukan Aksi Donor Darah Sebagai Bentuk Kemanusiaan dan Kepedulian Sosial

Sebagai wujud kepedulian terhadap sosial lingkungan di momen HUT 35, BRI Insurance menggelar acara donor darah untuk Pekerja sebagai bentuk kegiatan kemanusiaan yang berlangsung di kantor pusat…

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Sabtu, 27 April 2024 - 17:20 WIB

Ini Harapan Pengusaha Kawasan Industri untuk Pemerintahan Prabowo - Gibran

Himpunan Kawasan Industri (HKI) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih.

Warung madura

Sabtu, 27 April 2024 - 14:15 WIB

KemenKopUKM Tak Pernah Larang Warung Madura Buka 24 Jam

Menanggapi pemberitaan yang beredar di tengah masyarakat terkait dengan jam operasional warung madura, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) tidak pernah melarang warung madura untuk beroperasi…

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…