Penerapan Teknologi MotoGP pada Honda CBR 150 dan CBR 250: Menghadirkan Performa Terdepan di Kelasnya

Oleh : Hariyanto | Senin, 11 Desember 2023 - 17:12 WIB

Honda CBR150
Honda CBR150

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Seiring berkembangnya dunia balap motor, teknologi MotoGP menjadi sumber inspirasi bagi produsen sepeda motor konvensional. Salah satu contohnya adalah Honda CBR series yang mengintegrasikan sejumlah inovasi dari ajang balap motor paling bergengsi tersebut.

Honda CBR yang dijual di Indonesia antara lain CBR 1000RR, CBR 650R, CBR 250RR dan yang terkecil CBR 150R. Walaupun dimensi, volume mesin dan tenaganya jauh dibawah motor supersport sekelas CBR 1000 apalagi MotoGP, namun CBR CBR 250 dan CBR 150 ternyata juga menerapkan teknologi ala MotoGP seperti yang dirangkum dibawah ini:

Mesin Berperforma Tinggi:

CBR150 meminjam konsep mesin berteknologi tinggi dari MotoGP, menghadirkan mesin berperforma tinggi dengan rasio kompresi yang optimal. Teknologi ini meningkatkan efisiensi pembakaran dan memberikan respons gas yang lebih cepat, menciptakan pengalaman berkendara yang dinamis.

Sistem Pengendalian Traksi (TCS):

Terinspirasi dari teknologi MotoGP yang telah terbukti, CBR250 dilengkapi dengan Sistem Pengendalian Traksi (TCS). TCS membantu menjaga traksi roda saat kondisi jalan licin atau dalam situasi akselerasi maksimal, meningkatkan stabilitas dan keamanan pengendara. Sayangnya CBR 150 belum memiliki fitur TCS ini, walaupun ada varian ABS nya.

Rangka Ringan dan Kuat:

Honda menerapkan pendekatan serupa pada desain rangka CBR150 dengan memanfaatkan teknologi material ringan dan kuat, mirip dengan yang digunakan dalam motor balap MotoGP. Hal ini meningkatkan kestabilan, manuverabilitas, dan respons sepeda motor.

Sistem Pengereman Canggih:

CBR150 mengadopsi sistem pengereman canggih ABS 2 channel yang terinspirasi dari teknologi pengereman di MotoGP. Sistem pengereman ini tidak hanya memberikan kinerja pengereman yang superior, tetapi juga memastikan kontrol optimal bagi pengendara dalam berbagai kondisi.

Fitur Quick Shifter:

Meminimalkan waktu perpindahan gigi, fitur quick shifter pada CBR 250 memungkinkan pengendara untuk mengganti gigi tanpa menggunakan kopling, memberikan pengalaman berkendara yang lebih dinamis. Sayangnya CBR 150 belum ada fitur ini, sementara lawan sebandingnya Yamaha R15 sudah menyematkan quick shifter.

Desain Aerodinamis:

Desain aerodinamis CBR 150 tidak hanya estetis, tetapi juga didasarkan pada prinsip-prinsip yang sama dengan motor MotoGP. Hal ini membantu mengoptimalkan efisiensi aerodinamis, mengurangi hambatan udara, dan meningkatkan stabilitas pada kecepatan tinggi.

Dengan mengadopsi teknologi MotoGP, Honda CBR 250 dan CBR 150 berhasil menciptakan sepeda motor sport yang tidak hanya menarik perhatian dari segi desain, tetapi juga memberikan performa terdepan di kelasnya. Penerapan teknologi ini tidak hanya menjadi langkah maju dalam dunia balap, tetapi juga memberikan pengalaman berkendara yang luar biasa bagi para pecinta motor sport.

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:12 WIB

Bantah Pernyataan Ekonom Senior, Menperin Agus Beberkan Data Kinerja Gemilang Industri Manufaktur RI

Industri manufaktur Indonesia masih menunjukkan geliat yang positif di tengah dinamika ekonomi global yang masih belum stabil. Hal ini tercemin dari capaian ekspansi dari Indeks Kepercayaan…

Har Har Chicken!

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:03 WIB

Har Har Chicken! Raih Pendanaan Yang Dipimpin Oleh East Ventures

Har Har Chicken!, kios makanan takeaway dengan spesialisasi menu yang berfokus pada har cheong gai atau ayam goreng terasi, meraih pendanaan yang dipimpin oleh East Ventures, perusahaan venture…

CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:31 WIB

Dukung Akses Sanitasi Aman Bagi Masyarakat, CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2023 menunjukkan bahwa hanya sekitar 7 juta rumah tangga di Indonesia memiliki akses ke sanitasi yang aman, sementara 11 juta orang masih melakukan praktik buang…

Sri Wahyuni Sekretaris Daerah Prov Kaltim

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:16 WIB

Upacara 17 Agustus Perdana di IKN, Akan Torehkan Sejarah Bagi Kalimantan Timur

Penyelenggaraan Upacara Bendera Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi bagian sejarah bagi masyarakat Kalimantan Timur.…

Ekspor Perusahaan Cerutu Jember

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:02 WIB

Hebat! Perusahaan Cerutu Asal Jember Ini Sukses Perluas Pasarnya ke Thailand

Lewat Ekspor, Perusahaan Cerutu Asal Jember Perluas Pasarnya ke Thailand Bea Cukai Jember layani ekspor ratusan cerutu milik CV Dwipa Nusantara Tobacco (DNT) ke pasar Thailand pada Senin (15/07).…