Resmi Dikukuhkan, Pengurus Pusat GPMB Serius Budayakan Literasi Keluarga Ke Desa-Desa

Oleh : Nina Karlita | Rabu, 06 Desember 2023 - 18:13 WIB

Deputi Perpusnas Adin Bondar kukuhkan pengurus pusat GPMB peridoe 2023-2027
Deputi Perpusnas Adin Bondar kukuhkan pengurus pusat GPMB peridoe 2023-2027

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam pengukuhan Pengurus Pusat Gerakan Pembudayaan Minat Baca (PP GPMB) periode 2023 – 2027, diperkenalkan juga satu kebaruan yang ditawarkan. Yaitu pergantian nama dari minat menjadi budaya.

Dengan identitas baru ini pengurus berharap perkumpulan GPMB bisa lebih populer di masyarakat. Salah satu yang difokuskan dalam kampanye GPMB adalah menumbuhkan budaya literasi di dalam keluarga. 

Sektor ini yang dianggap GPMB belum banyak yang dijangkau oleh para pegiat literasi. 

“GPMB akan serius menjadikan literasi keluarga garapan yang serius hingga ke desa-desa,” ucap Dewan Pengawas GPMB Robinson Rusdi pada pengukuhan dan webinar GPMB di Jakarta, Rabu, (6/12/2023). 

Bahkan, langkah kolaborasi pun disiapkan dengan menggandeng berbagai pihak, termasuk Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI).
 
Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Adin Bondar, setelah mengukuhkan mengatakan bahwa yang organisasi GPMB memiliki peran sangat strategis meski yang dilakukan GPMB bersifat sukarela. Termasuk yang telah dilakukan selama ini, dan yang akan menjadi program kepengurusan baru. 

“Tugas pembudayaan literasi merupakan tugas seluruh komponen. Tidak hanya pemerintah. Karena ini adalah gerakan sosial atau social movement,” ucap Adin.

Kolaborasi peran pemerintah dan masyarakat diakui Adin sudah selayaknya dilakukan. Apalagi, dalam Undang-Undang Perpustakaan nyata disebutkan pembudayaan kegemaran membaca dilakukan melalui tiga satuan utama, yakni keluarga, pendidikan, dan masyarakat.   

“Perpustakaan dapat menjangkau seluruh masyarakat agar dapat memanfaatkan dan menggunakan seluruh potensi perpustakaan untuk meningkatkan kualitas hidupnya,” tambah Adin.

Literasi keluarga yang menjadi fokus GPMB di era barunya adalah kontribusi demi menyongsong Indonesia Emas 2045. Kekuatan Indonesia Emas pada usia seabad terletak bagaimana keluarga membentuk dan menguatkan literasi, utamanya di usia golden age.

Literasi keluarga diyakini berperan menumbuhkan karakter keluarga literat dan berpikir kritis, serta mempererat ikatan hubungan keluarga. Pembiasaan membaca dalam keluarga akan membentuk keluarga yang literat. 

Dalam Grand Design Strategi GPMB dalam menumbuhkembangkan minat, kegemaran membaca, literasi anak melalui keluarga, salah satunya adalah menumbuhkembangkan dan mendekatkan akses masyarakat kepada literasi keluarga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO),

Kamis, 29 Februari 2024 - 13:16 WIB

Layanan Spesialisasi Dorong Pertumbuhan Kinerja SILO

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen untuk terus mengembangkan industri kesehatan di Indonesia melalui…

BUMN Berhasil Kurangi 21% Impor Amonium Nitrat melalui Pengoperasian PT KAN

Kamis, 29 Februari 2024 - 13:09 WIB

Dorong Hilirisasi, BUMN Berhasil Kurangi 21% Impor Amonium Nitrat melalui Pengoperasian PT KAN

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan PabrikAmonium Nitrat BUMN pertama di Indonesia, PT Kaltim Amonium Nitrat (KAN), di kawasan Kaltim Industrial Estate (KIE) di Bontang, Kalimantan…

TIKI Raih Penghargaan Indonesia TOP Digital PR Award 2024 Kategori Jasa Pengiriman

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:48 WIB

TIKI Raih Penghargaan untuk Jasa Pengiriman

PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia dengan rekam jejak lebih dari 53 tahun di Indonesia, meraih penghargaan Indonesia TOP Digital PR Award 2024…

Garuda indonesia

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:26 WIB

Maskapai GIA Group Menang Ditingkat Banding Atas Gugatan Greyflag Entities

Langkah perbaikan kinerja usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk melalui payung hukum restrukturisasi terus diperkuat pasca Pengadilan Tingkat Banding Paris menolak permohonan banding yang…

IT Active Watch Curve WR01

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:13 WIB

IT Perkenalkan Produk Smartwatch Bidik Penggemar Gaya Hidup Aktif

Erajaya Active Lifestyle (ERAL) melalui private label IT (Immersive Tech) memperkenalkan IT Active Watch Curve WR01, produk perdana dari kategori smartwatch.