Resmi Dikukuhkan, Pengurus Pusat GPMB Serius Budayakan Literasi Keluarga Ke Desa-Desa

Oleh : Nina Karlita | Rabu, 06 Desember 2023 - 18:13 WIB

Deputi Perpusnas Adin Bondar kukuhkan pengurus pusat GPMB peridoe 2023-2027
Deputi Perpusnas Adin Bondar kukuhkan pengurus pusat GPMB peridoe 2023-2027

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam pengukuhan Pengurus Pusat Gerakan Pembudayaan Minat Baca (PP GPMB) periode 2023 – 2027, diperkenalkan juga satu kebaruan yang ditawarkan. Yaitu pergantian nama dari minat menjadi budaya.

Dengan identitas baru ini pengurus berharap perkumpulan GPMB bisa lebih populer di masyarakat. Salah satu yang difokuskan dalam kampanye GPMB adalah menumbuhkan budaya literasi di dalam keluarga. 

Sektor ini yang dianggap GPMB belum banyak yang dijangkau oleh para pegiat literasi. 

“GPMB akan serius menjadikan literasi keluarga garapan yang serius hingga ke desa-desa,” ucap Dewan Pengawas GPMB Robinson Rusdi pada pengukuhan dan webinar GPMB di Jakarta, Rabu, (6/12/2023). 

Bahkan, langkah kolaborasi pun disiapkan dengan menggandeng berbagai pihak, termasuk Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI).
 
Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Adin Bondar, setelah mengukuhkan mengatakan bahwa yang organisasi GPMB memiliki peran sangat strategis meski yang dilakukan GPMB bersifat sukarela. Termasuk yang telah dilakukan selama ini, dan yang akan menjadi program kepengurusan baru. 

“Tugas pembudayaan literasi merupakan tugas seluruh komponen. Tidak hanya pemerintah. Karena ini adalah gerakan sosial atau social movement,” ucap Adin.

Kolaborasi peran pemerintah dan masyarakat diakui Adin sudah selayaknya dilakukan. Apalagi, dalam Undang-Undang Perpustakaan nyata disebutkan pembudayaan kegemaran membaca dilakukan melalui tiga satuan utama, yakni keluarga, pendidikan, dan masyarakat.   

“Perpustakaan dapat menjangkau seluruh masyarakat agar dapat memanfaatkan dan menggunakan seluruh potensi perpustakaan untuk meningkatkan kualitas hidupnya,” tambah Adin.

Literasi keluarga yang menjadi fokus GPMB di era barunya adalah kontribusi demi menyongsong Indonesia Emas 2045. Kekuatan Indonesia Emas pada usia seabad terletak bagaimana keluarga membentuk dan menguatkan literasi, utamanya di usia golden age.

Literasi keluarga diyakini berperan menumbuhkan karakter keluarga literat dan berpikir kritis, serta mempererat ikatan hubungan keluarga. Pembiasaan membaca dalam keluarga akan membentuk keluarga yang literat. 

Dalam Grand Design Strategi GPMB dalam menumbuhkembangkan minat, kegemaran membaca, literasi anak melalui keluarga, salah satunya adalah menumbuhkembangkan dan mendekatkan akses masyarakat kepada literasi keluarga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI sebagai sponsor utama, siap mendukung gelaran BNI Java Jazz Festival pada 24 - 26 Mei 2024 di JIEXPO Kemayoran yang diselenggarakan oleh Java Festival Production.

Minggu, 05 Mei 2024 - 16:48 WIB

BNI Java Jazz on The Move Special Edition Kembali Hadir!

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI sebagai sponsor utama, siap mendukung gelaran Jakarta International BNI Java Jazz Festival pada 24-26 Mei 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta, yang…

Salah satu lini bisnis MPMX

Minggu, 05 Mei 2024 - 15:40 WIB

MPMX Catat Pendapatan Bersih Capai Rp3,9 Triliun di Kuartal I-2024

PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) sukses mencatat pertumbuhan pendapatan bersih mencapai Rp3,9 triliun di kuartal I-2024, atau naik 3% year-on-year (yoy) dibandingkan periode yang sama…

Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the Pacific saat belajar budaya Bali

Minggu, 05 Mei 2024 - 15:30 WIB

Kemenparekraf Ajak Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference Belajar Budaya Bali

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak para delegasi Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the Pacific…

KOBEX: Penjualan Alat Berat Non-Tambang Meningkat, KOBEX Bukukan Pendapatan Rp531,94 Miliar Di Triwulan I-2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 13:20 WIB

Top! Strategi Apik Membuahkan Hasil, Penjualan Alat Berat Non-Tambang Meningkat, KOBEX Bukukan Pendapatan Rp531,94 Miliar di Triwulan I-2024

Jakarta– PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) penyedia alat berat terintegrasi telah merilis Laporan Keuangan (Unaudited) triwulan I tahun 2024. Perseroan melaporkan pertumbuhan pendapatan sebesar…

PT BRI Asuransi Indonesia saat RUPS

Minggu, 05 Mei 2024 - 13:02 WIB

BRI Insurance Tebar Dividen 25 Persen

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2024 (RUPST) PT. BRI Asuransi Indonesia telah digelar pada hari Senin, tanggal 29 April 2024 di Menara Brilian. Jakarta.