Keren, Terkait Golden Visa! Ditjen Imigrasi-Bank Mandiri Tandatangani Kerja Sama Optimalisasi Layanan Perbankan

Oleh : Kormensius Barus | Rabu, 06 Desember 2023 - 04:10 WIB

Ditjen Imigrasi-Bank Mandiri Tandatangani Kerja Sama Optimalisasi Layanan Perbankan, Foto: Istimewa
Ditjen Imigrasi-Bank Mandiri Tandatangani Kerja Sama Optimalisasi Layanan Perbankan, Foto: Istimewa

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia bersama Bank Mandiri, menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) Optimalisasi Layanan Para Pihak dalam Bidang Keimigrasian dan Bidang Perbankan di Jakarta, Selasa (5/12/2023). Hal itu sebagai langkah optimalisasi layanan digital keimigrasian dan perbankan, khususnya terkait Golden Visa.

Sekadar informasi, penandatanganan dilakukan langsung oleh Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Silmy Karim dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi.

“Ini penandatanganan kerja sama antara Bank Mandiri dan Direktorat Jenderal Imigrasi dalam hal dukungan layanan digitalisasi keimigrasian dan perbankan. Ini diawali dengan arahan Bapak Presiden terkait dengan Golden Visa,” kata Silmy kepada wartawan di lokasi acara.

Menurut Silmy, kerja sama tersebut merupakan bagian dari persiapan infrastruktur sebelum Golden Visa diluncurkan secara resmi pada Februari 2024. Kerja sama ini akan memudahkan para calon pemohon Golden Visa yang berada di luar negeri.

“Karena Golden Visa sudah terbit aturannya, kita menyiapkan infrastrukturnya agar pelayanan kepada pemohon itu menjadi lebih mudah kalau pakai digital. Apalagi itu berada di luar negeri kan si WNA-nya (warga negara asing),” ujarnya.

Dia menjelaskan pemilihan Bank Mandiri sebagai mitra dalam proyek percontohan ini adalah karena platform bernama Livin’ by Mandiri dapat diakses di 121 negara, termasuk Indonesia.

Selain itu kata Silmy, Bank Mandiri sebagai badan usaha milik negara (BUMN) juga merupakan perpanjang tangan dari pemerintah untuk pembangunan negara.

Menurut dia, kerja sama ini akan memudahkan calon pemohon Golden Visa untuk menyimpan sejumlah dana di bank yang ada di Indonesia, sebagaimana salah satu syarat untuk mengajukan visa tersebut. Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi negara ikut terbantu.

“Kenapa Livin’ ini penting? Karena si pemohon yang pemegang Golden Visa bisa juga menginvestasikan dananya di obligasi pemerintah, di saham perusahaan terbuka di Indonesia atau ya didepositokan di Bank Mandiri, di Livin’ itu,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi menyampaikan berterima kasih dan mengapresiasi kesempatan kerja sama yang diberikan DItjen Imigrasi Kemenkumham.

Kendati layanan Livin’ by Mandiri sudah bisa diakses di berbagai negara, Darmawan menegaskan Bank Mandiri berkomitmen untuk terus memperbaiki layanan.

“Kita akan menyediakan solusi untuk para applicant (pemohon) dari Golden Visa ini bisa dilayani sebaik-baiknya. Kita menyediakan sementara ini platformnya Livin’ yang juga nanti bisa dimultifungsikan untuk mendukung semua aktivitas dari para applicant dari Golden Visa tersebut, untuk berkegiatan di Indonesia maupun di luar Indonesia apabila menggunakan transaksi rupiah,” katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lokasi Bendungan Jlantah dan Jragung

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:32 WIB

Waskita Karya Ungkap Progres Bendungan Jlantah dan Jragung

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad hanugroho didampingi Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Jlantah dan Jragung di…

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, bersama Direktur Eksekutif IBCWE, Clara Wita Krisanti, setelah menandatangani kerja sama antara Kideco dan IBCWE

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:10 WIB

Dirut Kideco: Perusahaan Tambang Harus Berikan Kesempatan yang Sama Terhadap Perempuan

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, pekerjaan tambang, tidak lagi menjadi pekerjaan yang harus didominasi oleh laki-laki. Menurutnya, kini perusahaan…

PRESS RELEASE KONFERENSI PERS PAMERAN INDOBEAUTY EXPO 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 07:12 WIB

Siap-Siap, Bakal Banyak Kejutan di Pameran INDOBEAUTY EXPO 2024

Jakarta-Industri kosmetik Indonesia kian menjanjikan dan diproyeksi akan terus berkembang pesat sejalan dengan masifnya perkembangan e-commerce di Indonesia. Merujuk data yang dilansir Badan…

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:43 WIB

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Jakarta – Perkembangan yang menggembirakan bagi pasien yang menderita penyakit terkait tulang belakang, Siloam Hospitals Mampang dengan bangga mengumumkan pengenalan teknik bedah tulang belakang…

Berbagai Pertunjukan Artis Menambah Kemeriahan Akhir Pekan Pameran GIIAS 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:35 WIB

Berbagai Pertunjukan Artis Menambah Kemeriahan Akhir Pekan Pameran GIIAS 2024

Tangerang– Para peserta GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 tidak hanya menawarkan beragam inovasi dan teknologi terbaru dalam dunia otomotif, tetapi juga menyuguhkan hiburan…