Bos Bank Dunia Yakin Indonesia Akan Sejajar dengan Negara Maju

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 26 Juli 2017 - 13:27 WIB

Direktur Utama Grup Bank Dunia Jim Yong Kim (Foto Ist)
Direktur Utama Grup Bank Dunia Jim Yong Kim (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim meyakini, meski saat ini masih termasuk sebagai negara berkembang, namun Indonesia bakal bisa sejajar dengan negara-negara maju.

"lndonesia adalah negara yang sedang bangkit, dan siap bergabung dengan negara-negara ekonomi maju dunia," ujar Kim yang menjadi pembicara di Supermentor ke-20 di Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Salah satu kunci yang dapat dilakukan Indonesia guna menyejajarkan diri dengan negara-negara maju ialah dengan memerhatikan pembangunan, bukan hanya di sektor infrastruktur tapi juga pada sumber daya manusia.

"Saya sangat mendukung upaya pemerintah untuk melanjutkan reformasi yang akan menguntungkan seluruh penduduk Indonesia, termasuk menemukan cara untuk mengumpulkan dan membelanjakan pendapatan dengan lebih baik untuk membiayai pembangunan," lanjutnya.

Guna melahirkan kesadaran dalam menghadapi tantangan Indonesia dalam membangun sumber daya manusia, Presiden Bank Dunia itu menekankan kepada anak-anak di usia dini pentingnya berinvestasi.

"Intervensi anak usia dini sangat penting untuk mengakhiri epidemi stunting, dan ini adalah investasi yang paling efektif secara biaya bagi sebuah negara untuk mengurangi ketidaksetaraan, meningkatkan pertumbuhan di masa depan, serta kemakmuran," lanjut Kim.

Dengan berinvestasi dalam meningkatkan sumber daya manusia sedini mungkin, kata dia, Indonesia bakal memetik hasilnya dalam hal peningkatan perekonomian negara lebih baik lagi untuk jangka panjang.

"Anak yang sehat dan bahagia akan menjadi anggota masyarakat yang produktif dan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Melakukan investasi di bidang ini sangat penting untuk mewujudkan aspirasi Indonesia yang tinggi," tukasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Program BISA

Senin, 29 April 2024 - 18:05 WIB

Cegah Stunting di Jawa Barat dan NTT, Program BISA Tingkatkan Perilaku CTPS Sebesar 81,5%

Save the Children bersama dengan mitra konsorsium Unilever Lifebuoy, berhasil meningkatkan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui program…

Industri logam dan baja

Senin, 29 April 2024 - 17:35 WIB

Mantaps! Industri Manufaktur RI 'Kokoh' Ditengah Ketidakstabilan Kondisi Ekonomi Global

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan April 2024 masih ekspansi 52,3, turun sebesar 0,75 poin dibandingkan Maret 2024 sebesar 53,05, meskipun ekspansinya melambat, hal ini merupakan sinyal…

Bank Jatim (Foto Moneter)

Senin, 29 April 2024 - 17:16 WIB

Wow! Awali Tahun 2024, Bank Jatim Cetak Kinerja Ciamik

Jakarta-PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) sukses mencatatkan kinerja yang positif sepanjang Triwulan Pertama 2024.

CEO YAMADA Consulting & Spire yang juga Executive Officer dan Head of Global Business Development YAMADA Consulting Group Ryosuke Funayama (kedua dari kanan) dan COO YAMADA Consulting & Spire Jeffrey Bahar (pertama dari kanan) didampingi beberapa staf berpose bersama di kantor pusat YAMADA Consulting Group, Tokyo, Jepang, belum lama ini.

Senin, 29 April 2024 - 17:09 WIB

Keren! Spire Research and Consulting Rebranding Jadi YAMADA Consulting & Spire

Jakarta-Spire Research and Consulting, perusahaan riset dan konsultasi bisnis terkemuka Asia Pasifik yang berpusat di Singapura, menyatakan saat ini telah terintegrasi penuh dengan YAMADA Consulting…

Kinerja Kuartal I/2024, Penyaluran Kredit dan Pembiayaan BTN Tembus Rp344,2 Triliun

Senin, 29 April 2024 - 16:54 WIB

Top! Kinerja Kuartal I/2024 Penyaluran Kredit dan Pembiayaan BTN Tembus Rp344,2 Triliun

Jakarta – Strategi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) untuk fokus mengembangkan segmen high yield dan komersial mulai membuahkan hasil.