Sinergi Program Literasi, Perpusnas dan Kejaksaan Negeri Kota Cilegon Hadirkan Pojok Baca Digital POCADI

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 05 Desember 2023 - 14:13 WIB

Pojok Baca Digital atau Pocadi hadir atas kolaborasi Perpusnas dan Kejaksaan Negeri Kota Cilegon.
Pojok Baca Digital atau Pocadi hadir atas kolaborasi Perpusnas dan Kejaksaan Negeri Kota Cilegon.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kolaborasi dan penguatan sinergi program literasi dibutuhkan untuk mewujudkan masyarakat cerdas dan berdaya saing tinggi di era globalisasi.

Kolaborasi inilah yang dilakukan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) bekerja sama Kejaksaan Negeri Kota Cilegon dengan menyediakan Pojok Baca Digital (POCADI).

Jalinan kerjasama ini yang menyediakan POCADI ini resmi diumumkan di acara yang dirangkaikan dengan temu wicara Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM), di Cilegon, Banten (4/12/203). 

POCADI yang diberikan  merupakan bentuk dukungan Perpusnas terhadap pengembangan literasi di Cilegon. Wali Kota Cilegon Heldy Agustian berharap pengembangan titik literasi tidak hanya ditempatkan di kantor Kejari saja, tapi juga menyasar di lokasi publik lainnya. 

"Kalau bisa diperluas layanan POCADI nya hingga ke arena publik lainnya, seperti pusat perbelanjaan, lembaga pemasyarakatan (lapas) dan sebagainya," ucap Wali Kota Heldy Agustian. 

Urgensi peningkatan literasi yang dimaksud Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Adin Bondar adalah program perluasan pengetahuan dan informasi serta perluasan layanan perpustakaan yang sanggup mengakibatkan kesejahteraan masyarakat, semisal POCADI atau program transformasi Perpustakaan berbasis inklusi sosial (TPBIS). 

"Kami akan terus mendorong pengembangan akses infromasi sehingga masyarakat dapat mengakses informasi kapanpun dan dimanapun," ujar Adin. 

Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Banten mengakui penyelenggaraan PILM ini merupakan kali pertama kolaborasi antara Kajati dengan Perpusnas. 

"Saya ingin tegaskan lembaga kejaksaan akan turut serta mendorong untuk meningkatkan literasi masyarakat. Ini awal baru bagi  kami ikut mencerdaskan kehidupan bangsa," Kajati Provinsi Banten Didik Farkhan. 

Senada dengan Kajati, Ketua DPRD Kota Cilegon Isra Mi'raj menambahkan sosialisasi kepada masyarakat terkait kehadiran layanan literasi juga menjadi sangat penting agar pemanfaatan layanan tersebut lebih maksimal dan berdampak. 
Kota Cilegon hingga 2023 telah menerima banyak bantuan dari Perpusnas, mulai dari buku siap layan, DAK pembangunan fisik, hingga POCADI. 

"POCADI di Cilegon merupakan titik ketiga bantuan yang diberikan Perpusnas," ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cilegon Ismatullah. 

Pada kesempatan yang sama, Duta Baca Indonesia Gol A Gong mengatakan pentingnya membentuk episentrum literasi di tiap daerah sehingga bisa dioptimalkan oleh masyarakat sekitar, juga para siswa. 

Kegiatan peningkatan literasi tidak harus diramaikan oleh Perpusnas. Semua pihak harus turun bahu membahu aktif karena tugas mencerdaskan anak bangsa bukan tugas parsial, ucap Pustakawan Utama Perpusnas Abdullah Sanneng.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi (ist)

Jumat, 01 Maret 2024 - 17:30 WIB

Dahsyat! IKN Magnet Baru Investasi, Jokowi: Yang Antre Banyak...

Ibu Kota Negara (IKN) tengah menjadi incaran para investor. Bak gadis cantik, investor rela antre untuk menanamkan modalnya di IKN. “Yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang…

Ilustrasi FMCG E-commerce

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:46 WIB

Jelang Ramadhan, Jumlah Produk Terjual F&B di E-commerce Meningkat Hingga 75 Persen

Beberapa hari jelang menyambut Ramadhan, Compas.co.id selaku E-commerce Market Insight for FMCG Brands secara seksama memonitoring keadaan e-commerce di Indonesia, khususnya untuk sektor Fast…

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:24 WIB

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendampingi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo melaksanakan peresmian Pabrik Amonium Nitrat di Bontang, peletakan batu pertama/groundbreaking kantor Bank…

Irfan Setiaputra Dirut Garuda Indonesia

Jumat, 01 Maret 2024 - 15:04 WIB

Optimalkan Momentum Kebangkitan Pariwisara, Maskapai Penerbangan Pemerintah Tingkatkan Frekuensi Penerbangan

Selain meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara melalui penambahan frekuensi penerbangan rute internasional mulai akhir Maret 2024, Garuda Indonesia juga secara bertahap menambah frekuensi…

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (dok. Kemenko Perekonomian)

Jumat, 01 Maret 2024 - 13:56 WIB

Hadiri Simulasi Program Makan Siang, Menko Airlangga Berharap Gizi Anak-Anak Terpenuhi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memenuhi undangan Pemerintah Kabupaten Tangerang yang mengadakan simulasi program makan siang bernama Anak Sehat dan Sejahtera (Aksara)…