Sinergi Program Literasi, Perpusnas dan Kejaksaan Negeri Kota Cilegon Hadirkan Pojok Baca Digital POCADI

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 05 Desember 2023 - 14:13 WIB

Pojok Baca Digital atau Pocadi hadir atas kolaborasi Perpusnas dan Kejaksaan Negeri Kota Cilegon.
Pojok Baca Digital atau Pocadi hadir atas kolaborasi Perpusnas dan Kejaksaan Negeri Kota Cilegon.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kolaborasi dan penguatan sinergi program literasi dibutuhkan untuk mewujudkan masyarakat cerdas dan berdaya saing tinggi di era globalisasi.

Kolaborasi inilah yang dilakukan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) bekerja sama Kejaksaan Negeri Kota Cilegon dengan menyediakan Pojok Baca Digital (POCADI).

Jalinan kerjasama ini yang menyediakan POCADI ini resmi diumumkan di acara yang dirangkaikan dengan temu wicara Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM), di Cilegon, Banten (4/12/203). 

POCADI yang diberikan  merupakan bentuk dukungan Perpusnas terhadap pengembangan literasi di Cilegon. Wali Kota Cilegon Heldy Agustian berharap pengembangan titik literasi tidak hanya ditempatkan di kantor Kejari saja, tapi juga menyasar di lokasi publik lainnya. 

"Kalau bisa diperluas layanan POCADI nya hingga ke arena publik lainnya, seperti pusat perbelanjaan, lembaga pemasyarakatan (lapas) dan sebagainya," ucap Wali Kota Heldy Agustian. 

Urgensi peningkatan literasi yang dimaksud Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Adin Bondar adalah program perluasan pengetahuan dan informasi serta perluasan layanan perpustakaan yang sanggup mengakibatkan kesejahteraan masyarakat, semisal POCADI atau program transformasi Perpustakaan berbasis inklusi sosial (TPBIS). 

"Kami akan terus mendorong pengembangan akses infromasi sehingga masyarakat dapat mengakses informasi kapanpun dan dimanapun," ujar Adin. 

Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Banten mengakui penyelenggaraan PILM ini merupakan kali pertama kolaborasi antara Kajati dengan Perpusnas. 

"Saya ingin tegaskan lembaga kejaksaan akan turut serta mendorong untuk meningkatkan literasi masyarakat. Ini awal baru bagi  kami ikut mencerdaskan kehidupan bangsa," Kajati Provinsi Banten Didik Farkhan. 

Senada dengan Kajati, Ketua DPRD Kota Cilegon Isra Mi'raj menambahkan sosialisasi kepada masyarakat terkait kehadiran layanan literasi juga menjadi sangat penting agar pemanfaatan layanan tersebut lebih maksimal dan berdampak. 
Kota Cilegon hingga 2023 telah menerima banyak bantuan dari Perpusnas, mulai dari buku siap layan, DAK pembangunan fisik, hingga POCADI. 

"POCADI di Cilegon merupakan titik ketiga bantuan yang diberikan Perpusnas," ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cilegon Ismatullah. 

Pada kesempatan yang sama, Duta Baca Indonesia Gol A Gong mengatakan pentingnya membentuk episentrum literasi di tiap daerah sehingga bisa dioptimalkan oleh masyarakat sekitar, juga para siswa. 

Kegiatan peningkatan literasi tidak harus diramaikan oleh Perpusnas. Semua pihak harus turun bahu membahu aktif karena tugas mencerdaskan anak bangsa bukan tugas parsial, ucap Pustakawan Utama Perpusnas Abdullah Sanneng.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih berbincang dan belanja bersama dengan anak-anak yatim didampingi perwakilan LAZ.

Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:18 WIB

BSI Ajak 140 Anak Yatim Belanja, Ajarkan Literasi Transaksi Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan 7 (tujuh) Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyelenggarakan acara Lebaran Anak Yatim untuk berbagi kebahagiaan berupa belanja bersama di Department…

Lokasi Bendungan Jlantah dan Jragung

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:32 WIB

Waskita Karya Ungkap Progres Bendungan Jlantah dan Jragung

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad hanugroho didampingi Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Jlantah dan Jragung di…

YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:44 WIB

Kemenag RI Menyerahkan SK Izin Operasional Sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional Kepada YBM BRILiaN

Yayasan Baitul Maal BRILiaN atau YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) Skala Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia…

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, bersama Direktur Eksekutif IBCWE, Clara Wita Krisanti, setelah menandatangani kerja sama antara Kideco dan IBCWE

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:10 WIB

Dirut Kideco: Perusahaan Tambang Harus Berikan Kesempatan yang Sama Terhadap Perempuan

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, pekerjaan tambang, tidak lagi menjadi pekerjaan yang harus didominasi oleh laki-laki. Menurutnya, kini perusahaan…

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…