Gencarkan Upaya Literasi Berbasis Komunitas, Wakil Menteri Kominfo: Kita Perlu Lebih Banyak Mitra Penggerak Seperti Bibit.id

Oleh : Hariyanto | Senin, 04 Desember 2023 - 15:52 WIB

Acara CATCH­UP ImpactInteract Night
Acara CATCH­UP ImpactInteract Night

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di sepanjang tahun 2023, aplikasi investasi digital terdepan di Indonesia, Bibit.id, secara aktif terlibat sebagai mitra penggerak bagi Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang dicanangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI). 

Partisipasi Bibit dalam program ini diwujudkan lewat dukungan materi dan pembicara untuk berbagai program literasi investasi digital serta pengembangan startup lokal di berbagai kota di Indonesia seperti Malang, Pontianak, Singkawang, Jambi, Pasuruan, dan Solo.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. 

Sebagaimana diketahui, pengguna internet di Indonesia telah mencapai 212 juta orang dengan tingkat penetrasi internet yang berada di angka 78%. Indeks Daya Saing Digital Indonesia pun mengalami kenaikan yang konstan selama tiga tahun terakhir.

“Artinya, potensi sektor digital di Indonesia masih sangat menjanjikan. Di masa yang serba modern ini kita tidak akan terlepas yang namanya sistem digital. Untuk itu, saya berterima kasih kepada para mitra penggerak dan seluruh anggota ekosistem digital Tanah Air atas dukungan kepada gerakan ini,” kata Nezar Patria, Wakil Menteri Kominfo RI, dalam acara CATCH­UP ImpactInteract Night yang dihelat di Mbloc, Jakarta. 

Menyikapi hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan oleh OJK di tahun 2022, di mana tingkat inklusi keuangan masyarakat Indonesia telah mencapai angka 85,1%, sementara masih terdapat gap yang cukup besar dalam tingkat literasi keuangan yang baru menyentuh angka 49,68%, Nezar mengatakan bahwa peran serta Bibit dalam meningkatkan literasi keuangan digital sangatlah krusial. 

Menurutnya, upaya Bibit untuk menyapa langsung masyarakat dan melaksanakan berbagai sesi edukasi berbasis komunitas, baik dalam program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ataupun program lainnya, sangatlah bermanfaat.

PR & Corporate Communication Bibit, William, menambahkan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kolaborasi yang erat dengan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Menurutnya, kolaborasi ini telah menjangkau ribuan peserta di tahun 2023 dan diharapkan pada tahun 2024 dapat terus meningkat. 

“Hal ini sejalan dengan misi kami di Bibit untuk terus menghadirkan layanan yang aman, nyaman, dan inklusif bagi jutaan pengguna kami di lebih dari 500 kota di Indonesia,” tutup William.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi (ist)

Jumat, 01 Maret 2024 - 17:30 WIB

Dahsyat! IKN Magnet Baru Investasi, Jokowi: Yang Antre Banyak...

Ibu Kota Negara (IKN) tengah menjadi incaran para investor. Bak gadis cantik, investor rela antre untuk menanamkan modalnya di IKN. “Yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang…

Ilustrasi FMCG E-commerce

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:46 WIB

Jelang Ramadhan, Jumlah Produk Terjual F&B di E-commerce Meningkat Hingga 75 Persen

Beberapa hari jelang menyambut Ramadhan, Compas.co.id selaku E-commerce Market Insight for FMCG Brands secara seksama memonitoring keadaan e-commerce di Indonesia, khususnya untuk sektor Fast…

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:24 WIB

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendampingi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo melaksanakan peresmian Pabrik Amonium Nitrat di Bontang, peletakan batu pertama/groundbreaking kantor Bank…

Irfan Setiaputra Dirut Garuda Indonesia

Jumat, 01 Maret 2024 - 15:04 WIB

Optimalkan Momentum Kebangkitan Pariwisara, Maskapai Penerbangan Pemerintah Tingkatkan Frekuensi Penerbangan

Selain meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara melalui penambahan frekuensi penerbangan rute internasional mulai akhir Maret 2024, Garuda Indonesia juga secara bertahap menambah frekuensi…

HR Talks: Memperkenalkan Revolusi Bisnis Melalui HR-Tech Bersama Jobseeker Company

Jumat, 01 Maret 2024 - 14:29 WIB

HR Talks: Memperkenalkan Revolusi Bisnis Melalui HR-Tech Bersama Jobseeker Company

Jakarta, DKI Jakarta - 24 Februari 2024 - Jobseeker Company dengan bangga mengadakan "HR Talk: Leveraging HR-Tech to Scale-Up Your Business," acara komunitas yang akan berlangsung pada 29 Februari…