Tanjung Lesung Hadir di LPS #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023

Oleh : Gabriel C Boby | Minggu, 03 Desember 2023 - 13:09 WIB

Tanjung Lesung di LPS
Tanjung Lesung di LPS

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo berharap penyelenggaraan LPS #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 yang menjadi rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dapat mendorong pergerakan wisatawan Nusantara di tahun 2023.

LPS #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 merupakan kegiatan yang diinisiasi Kemenko Marves bersama Kemenparekraf yang didukung Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) dan ASTINDO.

"Ini menjadi peluang untuk seluruh kawan-kawan travel agent. Banyak sekali destinasi di Indonesia yang bisa dikenalkan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Maka peran dari para travel agent perlu kita dorong bersama," kata Wamenparekraf Angela dalam pembukaan LPS #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 di Terra Atrium Mall Central Park, Jakarta, Jumat (1/12/2023).

Penyelenggaraan LPS #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 yang berlangsung selama tiga hari mulai 1 hingga 3 Desember 2023, bertepatan dengan libur Natal dan tahun baru 2023/2024. Dimana libur Natal dan tahun baru menjadi salah satu peak season sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Tahun lalu Natal dan tahun baru mencatatkan kurang lebih 44 juta pergerakan. Tahun ini, Kemenhub memperkirakan akan terjadi sekitar 104 juta-107 juta pergerakan. Ini membuktikan bahwa ada gairah untuk sektor pariwisata domestik kita," ujar Angela dalam keterangan resmi, Sabtu (2/12/2023).

Menariknya Tanjung Lesung jug hadir dalam pameran wisata ini. Bahkan booth Tanjung Lesung juga didatangi Wamenparekraf Angela.

Pergerakan wisatawan nusantara sampai September 2023 sudah mencapai 50 persen atau sekitar 626 juta dari total target 1,2 miliar – 1,4 miliar pergerakan yang ditargetkan Kemenparekraf.

LPS #DiIndonesiaAja Travel Fair menghadirkan 29 _booth_ yang terdiri dari beberapa _travel agent_, perwakilan pengelola desa wisata, transportasi rental, hingga akomodasi.

Mereka menawarkan berbagai paket wisata menarik untuk perjalanan ke berbagai daerah di Nusantara. Mulai dari 5 destinasi pariwisata super prioritas yaitu Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, Likupang, dan Danau Toba hingga sejumlah desa wisata.

Promo yang ditawarkan pun beragam di antaranya _cashback_ hingga Rp500 ribu dengan kuota 100 orang per hari. Diskon Rp350 ribu dengan kuota sebanyak 185 orang. Lalu _super last deal_ sebesar Rp1 juta. Kemudian ada cicilan 0 persen hingga _doorprize_ tiket pulang pergi (pp) ke Labuan Bajo.

Sementara Ketua Umum DPP Astindo, Pauline Suharno, mengatakan ada sejumlah diskon pada LPS #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 yang bisa menunjang harga tiket maupun harga paket tur. Pauline berharap nilai transaksinya dapat menembus Rp7 miliar dengan target 15 ribu pengunjung.

"Kami berkomitmen mendukung pemerintah pusat untuk tetap mengembangkan pariwisata nusantara," kata Pauline.

Turut mendampingi Wamenparekraf, Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf, Dwi Marhen Yono.

Hadir pula Deputi Koordinator Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, RM. Odo Manuhutu; Plt. Direktur Eksekutif SDM dan Administrasi LPS, Rudi Rahman; dan Ketua Umum GIPI, Hariyadi Sukamdani.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi (ist)

Jumat, 01 Maret 2024 - 17:30 WIB

Dahsyat! IKN Magnet Baru Investasi, Jokowi: Yang Antre Banyak...

Ibu Kota Negara (IKN) tengah menjadi incaran para investor. Bak gadis cantik, investor rela antre untuk menanamkan modalnya di IKN. “Yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang…

Ilustrasi FMCG E-commerce

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:46 WIB

Jelang Ramadhan, Jumlah Produk Terjual F&B di E-commerce Meningkat Hingga 75 Persen

Beberapa hari jelang menyambut Ramadhan, Compas.co.id selaku E-commerce Market Insight for FMCG Brands secara seksama memonitoring keadaan e-commerce di Indonesia, khususnya untuk sektor Fast…

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:24 WIB

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendampingi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo melaksanakan peresmian Pabrik Amonium Nitrat di Bontang, peletakan batu pertama/groundbreaking kantor Bank…

Irfan Setiaputra Dirut Garuda Indonesia

Jumat, 01 Maret 2024 - 15:04 WIB

Optimalkan Momentum Kebangkitan Pariwisara, Maskapai Penerbangan Pemerintah Tingkatkan Frekuensi Penerbangan

Selain meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara melalui penambahan frekuensi penerbangan rute internasional mulai akhir Maret 2024, Garuda Indonesia juga secara bertahap menambah frekuensi…

HR Talks: Memperkenalkan Revolusi Bisnis Melalui HR-Tech Bersama Jobseeker Company

Jumat, 01 Maret 2024 - 14:29 WIB

HR Talks: Memperkenalkan Revolusi Bisnis Melalui HR-Tech Bersama Jobseeker Company

Jakarta, DKI Jakarta - 24 Februari 2024 - Jobseeker Company dengan bangga mengadakan "HR Talk: Leveraging HR-Tech to Scale-Up Your Business," acara komunitas yang akan berlangsung pada 29 Februari…