tvOne Hadirkan Penghargaan 'Inovasi Membangun Negeri' Apresiasi Untuk Kepala Daerah Berprestasi

Oleh : Herry Barus | Minggu, 03 Desember 2023 - 04:19 WIB

Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa
Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa

INDUSTRY.co.id - Jakarta- tvOne kembali menghelat program penghargaan bertajuk “Inovasi Membangun Negeri” malam tadi (1/12) di Studio The Convergence Indonesia, Kuningan, Jakarta Selatan. Sebuah penghargaan yang tercetus khusus diberikan untuk mengapresiasi para kepala daerah di Indonesia. 

Penerima penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2023 tvOne merupakan para pejabat kepala daerah mulai dari Gubernur, Walikota dan Bupati. Totalitas, kontribusi dan hasil kerja keras para kepala daerah terbaik ini sepatutnya mendapatkan apresiasi sebagai kepala daerah berprestasi. Proses penilaian juga dilakukan dengan menjaga objektivitas dari apa yang telah para kepala daerah lakukan.

Sembilan kepala daerah yang menerima penghargaan “Inovasi Membangun Negeri 2023” tvOne adalah:

1. Penghargaan Inovasi Pelayanan Digital diberikan kepada Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang berhasil meningkatkan implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) di Provinsi Jawa Timur per semester I tahun 2023 mengalami peningkatan yang signifikan. Total 39 Pemda di Jatim yang terdiri dari 38 Pemkab/Pemkot dan 1 Pemprov, sebanyak 38 Pemda telah berada pada kategori Digital. Angka ini meningkat pesat sebanyak 34 Pemda dibandingkan Semester II tahun 2022.

2. Penghargaan Peningkatan Pembangunan Sosial diberikan kepada Gubernur Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi berkat keberhasilan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 69.90 menjadi 70.45 pada tahun 2022. IPM Nasional sendiri pada tahun 2022 mencapai 72,91. KebijakanInovasi Pembangunan meliputi: Smart School, Kartu Pendidik Berjaya, Lampung Sehat, dan AlokasiAPBD sebesar 20% untuk pendidikan, serta mendorong terbentuknya 15 kabupaten/Kota Layak Anak membawanya menjadi kepala daerah berprestasi.

3. Penghargaan Pengembangan Wisata Geologi diberikan kepada Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura atas usaha untuk mewujudkan komitmen Pemerintah Provinsi dalam mendorong upaya penetapan Danau Poso sebagai Pusat Geopark di Sulawesi Tengah.

4. Penghargaan Pengembangan Sumber Daya Manusia bagi Pendidikan diberikan kepada BupatiKonawe Utara, Ruksamin. Kontribusi luar biasa di bidang pendidikan dilakukannya denganmemberikan beasiswa kepada 2.963 mahasiswa asal daerah Konawe Utara di 99 perguruan tinggi diIndonesia dan sepuluh di China. Bekerja sama dengan 101 Perguruan Tinggi di Indonesia untukmerealisasikan program SPP Gratis bagi mahasiswa asli derah Konawe Utara. Menyusun programpemberian laptop gratis bagi tenaga penajar di Konawe Utara.

5. Penghargaan Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pendidikan diberikan kepada BupatiBanyuwangi, Ipuk Fiestiandani. Sederet program yang berhasil dilakukan adalah menyusun ProgramPaket melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), melakukan pengembangan Keterampilanmelalui Program 'Banyuwangi Ayo Kursus' dan satuan pendidikan non formal melalui Sanggar KegiatanBelajar (SKB). Menyusun dan menginisiasi program 'Asuh Sebaya' untuk membantu siswa/i yang tidakmampu yang terdapat di Kabupaten Banyuwangi dan menginisiasi Intervensi Kebijakan melaluiprogram Garda Ampuh untuk menanggulangi angka putus sekolah pada pendidikan dasar.

6. Penghargaan Komitmen Pembangunan Ekonomi Inklusif diberikan kepada Bupati Badung, INyoman Giri Prasta atas prestasinya meningkatan target pendapatan daerah sebesar 7,5 triliunrupiah, menyusun program 'Badung Berbagi, Dari Badung untuk Bali' yang ditujukan untukpembangunan fisik dan kesejhateraan masyarakat, memberikan dana hibah sebanyak 54,5 miliarrupiah kepada masyarakat dan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) 79,2 milyar rupiah kepada PemkabTabanan yang diutujukan untuk pembangunan ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan padatahun 2023, memberikan dana hibah 32, 4 milyar kepada masyarakat dan BKK sebesar 73 milyarkepada Pemkab Klungkung pada tahun 2023 dan memfasilitasi event internasional untuk mendorongekonomi masyarakat lokal (KTT AIS 2023)

7. Penghargaan Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah diberikan kepada Walikota Malang,Wahyu Hidayat atas usahanya dalam melibatan UMKM dalam agenda Pemerintahan baik dalam skalalokal, nasional, regional, dan global, memberi bantuan peralatan kepada 200 pelaku UMKM sebesar 1 miliar rupiah, perluasan akses pasar kepada UMKM oleh Pemkot Malang, pendampingan Pemkot Malang kepada pelaku UMKM untuk go Internasional melalui sertifikasi halal, uji nutrisi, BPOM, danlabel SNI.

8. Penghargaan Pengembangan Desa Wisata diberikan kepada Bupati Sumenep, Achmad Fauzi atasperolehan berbagai penghargaan di antaranya Penghargaan Desa Wisata Keris Kabupaten Sumenepsebagai 50 Desa Terbaik dalam Anugerah Desa Pariwisata tahun 2022 oleh Kemeparekraf RI, Mei 2022. Penghargaan MURI atas rekor Desa Wisata dengan Empu Keris terbanyak oleh Kemenparekraf RI, Oktober 2022. Penghargaan atas dedikasi dan komitmen dalam mendukung Program PengembangDesa Wisata 2022, Juni 2022. Penetapan UNESCO Kabupaten Sumenep sebagai Kota Keris.Peningkatan kunjungan Wisata sebesar 300% dari tahun 2021-2022 dan pengembangan Pulau Giliyangsebagai Wisata Oksigen

9. Penghargaan Komitmen Pengembangan Infrastruktur Perhubungan dan Aksesibilitas diberikankepada Bupati Bekasi, Dani Ramdan atas kerja kerasnya dalam pembangunan 38 titik jalankabupaten, pembangunan Jalan Akses Tol Cikarang Barat, Pilar-Sukatani, Sukamahi-Cicau, Wanasari-CBL, Pondok Soga-Tanjung Air, Warung Satu-Pulo Puter, Cipayung-Pasir Tanjung, Kampung Turi-Gabus Rawa, Akses Teluk Haur Pebayuran, hingga Jalan Ridogalih Cibarusah, pemasangan 3.043 titikpenerangan jalan lingkungan dan pembangunan 85 jembatan.

“tvOne melihat bahwa 9 kepala daerah yang hadir di sini telah bekerja keras dan bersungguh-sungguh untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakatnya. Hal ini terlihat dari berbagai program, inovasi, dan kebijakan yang telah digulirkan oleh 9 kepala daerah yang hadir pada hari ini.” kata Taufan E. N Rotorasiko selaku CEO tvOne saat menyampaikan sambutan.

Program penghargaan yang dipandu oleh presenter tvOne Chacha Annissa ini juga menyajikan talkshowbersama para kepala daerah yang mendapatkan penghargaan. Pada kesempatan itu kepala daerah bisamemaparkan kontribusi dan hasil kerja nyata yang telah dilakukan untuk masyarakat maupun cerita dibalik

prestasi yang diraihnya. 

“Melalui penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2023, TV ONE ingin menyampaikan pesan bahwa kepala daerah memiliki peran penting dalam mendorong inovasi pembangunan daerah. Hal ini dikarenakan kepaladaerah bukan saja memiliki kewenangan untuk menetapkan kebijakan dan anggaran pembangunan daerahnamun juga memiliki hubungan yang jaraknya paling dekat dengan masyarakat” tutup Taufan.

Hadirnya program acara penghargaan tvOne “Inovasi Membangun Negeri 2023”, diharapkan bisamenghadirkan dan memberi semangat kepala daerah di Indonesia dengan segudang prestasi lainnya yangdapat membangun Indonesia lebih baik lagi kedepannya. Selain itu melalui program ini masyarakat dapat meningkatkan kepercayaannya terhadap kepala daerah baik di tingkat Provinsi, maupun Kota/Kabupaten.

Tayangan penghargaan tvOne “Inovasi Membangun Negeri 2023” bisa disaksikan di layar tvOne pada hari Minggu, 03 Desember 2023 pukul 21.00 WIB pada saluran 34 UHF Jakarta, 35 UHF Palembang, 32 UHF Surabaya, 42 Denpasar & Banjarmasin, 38 UHF Bandung, 39 UHF Semarang, 35 UHF Yogyakarta dan Solo maupun streaming di www.tvonenews.com.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi (ist)

Jumat, 01 Maret 2024 - 17:30 WIB

Dahsyat! IKN Magnet Baru Investasi, Jokowi: Yang Antre Banyak...

Ibu Kota Negara (IKN) tengah menjadi incaran para investor. Bak gadis cantik, investor rela antre untuk menanamkan modalnya di IKN. “Yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang…

Ilustrasi FMCG E-commerce

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:46 WIB

Jelang Ramadhan, Jumlah Produk Terjual F&B di E-commerce Meningkat Hingga 75 Persen

Beberapa hari jelang menyambut Ramadhan, Compas.co.id selaku E-commerce Market Insight for FMCG Brands secara seksama memonitoring keadaan e-commerce di Indonesia, khususnya untuk sektor Fast…

HR Talks: Memperkenalkan Revolusi Bisnis Melalui HR-Tech Bersama Jobseeker Company

Jumat, 01 Maret 2024 - 14:29 WIB

HR Talks: Memperkenalkan Revolusi Bisnis Melalui HR-Tech Bersama Jobseeker Company

Jakarta, DKI Jakarta - 24 Februari 2024 - Jobseeker Company dengan bangga mengadakan "HR Talk: Leveraging HR-Tech to Scale-Up Your Business," acara komunitas yang akan berlangsung pada 29 Februari…

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso

Jumat, 01 Maret 2024 - 13:44 WIB

Pemerintah Optimis Ekonomi Indonesia Tumbuh Solid di Tahun 2024 dan Lebih Baik Lagi di Tahun 2025

Hingga saat ini Indonesia masih dihadapkan berbagai risiko ketidakpastian global. Ekonomi global di tahun 2024-2025 diproyeksikan masih di bawah tren jangka panjang. Demikian halnya untuk Inflasi,…

Di Car Free Day Jakarta, Mowilex ajak masyarakat kurangi jejak karbon.

Jumat, 01 Maret 2024 - 13:12 WIB

Mowilex Ajak Masyarakat Ikut Kurangi Jejak Karbon di Car Free Day

Dihadiri oleh lebih dari 800 pengunjung momen Car Free Day di Anjungan Sarinah, Mowilex beri edukasi pentingnya menurunkan jejak karbon yang dapat dimulai dari hal-hal kecil.