Ini Pesan Menkeu Saat Indonesia-Europe Investment Summit 2023

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 01 Desember 2023 - 11:49 WIB

Menkeu Sri Mulyani
Menkeu Sri Mulyani

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa dunia saat ini sedang diuji dengan banyak sekali guncangan. Namun demikian, di tengah segala guncangan tersebut Indonesia terus tumbuh kuat dan resilien.

“Kita terus berprogres untuk mencapai seluruh target pembangunan. Selain itu, kita juga memiliki tujuan untuk terus menjadi bagian dari komunitas global, salah satunya untuk terus menyuarakan perdamaian dan ketertiban dunia,” ucap Menkeu pada acara Indonesia - European Union Investment Summit 2023 di Jakarta, Kamis (30/11).

Perekonomian Indonesia tercatat mencapai 5 persen dalam 8 kuartal terakhir, Menkeu menyebut angka pertumbuhan itu dapat memvisualisasikan mimpi Indonesia melaju menuju Indonesia emas 2045.

Untuk menangkap momentum tersebut, Menkeu juga mengungkapkan bahwa pemerintah berupaya untuk terus membangun dari sisi sumber daya manusia, produktifitas, dan Inovasi.  

“Ketiganya bisa terjaga dan tumbuh dengan baik selama kesehatan fiskal kita terjaga dengan baik. Inilah yang menjadi tugas kementerian keuangan menjaga kesehatan alat fiskal kita supaya mampu menyelesaikan beragam isu seperti stunting, infrastruktur, hingga perubahan iklim dan permasalahan lainnya,” ujarnya.

Selain itu, isu mengenai kemajuan teknologi yang kian pesat, kinerja sektor manufaktur, serta transformasi sumber daya alam juga menjadi tantangan tersendiri yang perlu diperhatikan.

“Indonesia bertekad untuk menciptakan lebih banyak nilai tambah dari sumber daya alamnya. Kita tahu bahwa hal ini memerlukan investasi untuk hilirisasi, memerlukan infrastruktur, energi dan kini energi perlu bersifat ramah lingkungan,” jelas Menkeu.

Sebagai penutup, Menkeu berpesan agar seluruh bangsa di dunia dapat terus menjaga persatuan untuk meraih cita-cita bersama berlandaskan solidaritas yang adil dan sejahtera.

“Indonesia is not a divided country, we are united. Semangat ini saya harap juga terrefleksikan di tingkat dunia, karena sudah seharusnya dunia ini dikelola dan dijaga dengan semangat yang sama,”  tandasnya. (Kemenkeu)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PRESS RELEASE KONFERENSI PERS PAMERAN INDOBEAUTY EXPO 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 07:12 WIB

Siap-Siap, Bakal Banyak Kejutan di Pameran INDOBEAUTY EXPO 2024

Jakarta-Industri kosmetik Indonesia kian menjanjikan dan diproyeksi akan terus berkembang pesat sejalan dengan masifnya perkembangan e-commerce di Indonesia. Merujuk data yang dilansir Badan…

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:43 WIB

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Jakarta – Perkembangan yang menggembirakan bagi pasien yang menderita penyakit terkait tulang belakang, Siloam Hospitals Mampang dengan bangga mengumumkan pengenalan teknik bedah tulang belakang…

Berbagai Pertunjukan Artis Menambah Kemeriahan Akhir Pekan Pameran GIIAS 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:35 WIB

Berbagai Pertunjukan Artis Menambah Kemeriahan Akhir Pekan Pameran GIIAS 2024

Tangerang– Para peserta GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 tidak hanya menawarkan beragam inovasi dan teknologi terbaru dalam dunia otomotif, tetapi juga menyuguhkan hiburan…

Perluasan Produk Perbankan Syariah Bank DKI di Dunia Pendidikan, Bank DKI Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:18 WIB

Perluasan Produk Perbankan Syariah Bank DKI di Dunia Pendidikan, Bank DKI Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta

Jakarta – Dalam rangka memperluas penggunaan produk perbankan syariah Bank DKI, khususnya di dunia pendidikan, Bank DKI bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta sepakat menjalin kerja…

UMKM binaan BRI yang mendapatkan pendampingan

Sabtu, 27 Juli 2024 - 03:55 WIB

Portofolio Kredit UMKM Terbesar di Indonesia, Peran Nyata BRI Topang Perekonomian Nasional

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus menunjukkan komitmen dalam menopang perekonomian nasional melalui pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).