Ini Pesan Menkeu Saat Indonesia-Europe Investment Summit 2023

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 01 Desember 2023 - 11:49 WIB

Menkeu Sri Mulyani
Menkeu Sri Mulyani

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa dunia saat ini sedang diuji dengan banyak sekali guncangan. Namun demikian, di tengah segala guncangan tersebut Indonesia terus tumbuh kuat dan resilien.

“Kita terus berprogres untuk mencapai seluruh target pembangunan. Selain itu, kita juga memiliki tujuan untuk terus menjadi bagian dari komunitas global, salah satunya untuk terus menyuarakan perdamaian dan ketertiban dunia,” ucap Menkeu pada acara Indonesia - European Union Investment Summit 2023 di Jakarta, Kamis (30/11).

Perekonomian Indonesia tercatat mencapai 5 persen dalam 8 kuartal terakhir, Menkeu menyebut angka pertumbuhan itu dapat memvisualisasikan mimpi Indonesia melaju menuju Indonesia emas 2045.

Untuk menangkap momentum tersebut, Menkeu juga mengungkapkan bahwa pemerintah berupaya untuk terus membangun dari sisi sumber daya manusia, produktifitas, dan Inovasi.  

“Ketiganya bisa terjaga dan tumbuh dengan baik selama kesehatan fiskal kita terjaga dengan baik. Inilah yang menjadi tugas kementerian keuangan menjaga kesehatan alat fiskal kita supaya mampu menyelesaikan beragam isu seperti stunting, infrastruktur, hingga perubahan iklim dan permasalahan lainnya,” ujarnya.

Selain itu, isu mengenai kemajuan teknologi yang kian pesat, kinerja sektor manufaktur, serta transformasi sumber daya alam juga menjadi tantangan tersendiri yang perlu diperhatikan.

“Indonesia bertekad untuk menciptakan lebih banyak nilai tambah dari sumber daya alamnya. Kita tahu bahwa hal ini memerlukan investasi untuk hilirisasi, memerlukan infrastruktur, energi dan kini energi perlu bersifat ramah lingkungan,” jelas Menkeu.

Sebagai penutup, Menkeu berpesan agar seluruh bangsa di dunia dapat terus menjaga persatuan untuk meraih cita-cita bersama berlandaskan solidaritas yang adil dan sejahtera.

“Indonesia is not a divided country, we are united. Semangat ini saya harap juga terrefleksikan di tingkat dunia, karena sudah seharusnya dunia ini dikelola dan dijaga dengan semangat yang sama,”  tandasnya. (Kemenkeu)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:20 WIB

Harga Bitcoin Mencapai $64.000 untuk Pertama Kalinya Sejak November 2021

Harga bitcoin (BTC) mencapai $64.000 pada hari Rabu (28/2/2024), untuk  pertama kalinya BTC berada level tersebut sejak puncak pasar bullish terakhir pada November 2021.

Penandatanganan kerja sama PT Pertamina Lubricants dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN)

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:15 WIB

PTPL Perkuat Sinergi ONE PERTAMINA Lewat Pengelolaan Gudang Pelumas di Sumbagut & Sulampua

PT Pertamina Lubricants (PTPL) memperkuat sinergi ONE PERTAMINA melalui kerja sama dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN) dalam pengelolaan gudang pelumas di wilayah Sumatera…

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar, bertransaksi di merchant Erajaya

Kamis, 29 Februari 2024 - 09:53 WIB

Bank Mandiri Tawarkan Benefit Eksklusif di Erajaya Digital Complex PIK

Bank Mandiri terus berupaya mengakselerasi laju pertumbuhan ekonomi nasional melalui insentif yang dapat mengerek konsumsi rumah tangga. Terbaru, bank berlogo pita emas ini menggelar program…

Aplikasi Ruang Ngaji dari J99 Corp.

Kamis, 29 Februari 2024 - 09:38 WIB

Aplikasi Ruang Ngaji Dari J99 Corp Ajak Masyarakat Optimalkan Kualitas Ibadah Ramadan

Melalui fitur-fitur unggulannya, aplikasi Ruang Ngaji Dari J99 Corp siap menemani masyarakat dalam menjalankan ibadah dan amalan sepanjang bulan Ramadan nanti.

Zoho for Startups Diluncurkan di Indonesia.

Kamis, 29 Februari 2024 - 09:18 WIB

Zoho for Startups Percepat Pertumbuhan Ekosistem Kewirausahan

Zoho for Startups sendiri merupakan sebuah program yang berkomitmen dalam memberdayakan wirausahawan dan membantu pertumbuhan perusahaan rintisan atau startup.