President University Resmi Membuka Program Magister Hukum, Terapkan Sistem Pembelajaran Hybrid

Oleh : Ridwan | Kamis, 30 November 2023 - 12:25 WIB

President University
President University

INDUSTRY.co.id - Cikarang - President University (Presuniv) resmi membuka Program Magister Hukum. Pembukaan Program Magister Hukum tersebut berdasarkan Surat Keputusan Nomor 127 Tahun 2023. Terdapat tiga (3) konsentrasi yang disajikan yakni litigasi, hukum korporasi, dan hukum internasional.

Director of Legal and Secretarial President University, Dr. Fennieka Kristianto S.H mengatakan, perkuliahan Program Magister Hukum di Presuniv sangat berbeda jika dibandingkan dengan universitas lainnya di Indonesia. Pasalnya, perkuliahan Program Magister Hukum di President University menggunakan bahasa inggris.

Menurutnya, program studi hukum President University memahami bahwa untuk sukses di era globalisasi yang sangat pesat dan perkembangan lintas batas, kebutuhan penguasaan bahasa Inggris baik secara profesional maupun sehari-hari menjadi sangat penting. 

Dengan demikian, semua mata kuliah di Prodi Hukum President University sepenuhnya dilakukan dalam bahasa Inggris, dibawakan oleh dosen-dosen berkualitas dari berbagai sekolah ternama baik di dalam maupun di dalam negeri. Kursus tersebut juga disesuaikan dengan tren teknologi, bisnis dan keuangan terkini dari seluruh dunia.

"Selain mempelajari ilmu hukum, mahasiswa juga dapat mempelajari bahasa inggris umum dan bahasa inggris hukum di saat yang bersamaan, jadi memperkaya mahasiswa dan meningkatkan daya saing mereka. Ini yang menjadi satu poin plus," kata Fennieka di Cikarang (30/11).

Adapun, kurikukum yang diterapkan Program Magister Hukum President University berbasis analisis putusan dan project.

"Programnya itu unik dan singkat, hanya 1,5 tahun. Akan tetapi sudah memenuhi kurikulum atau persyaratan yang dipersyaratkan oleh Ditjen DIKTI Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek)," terangnya.

Jika dilihat dari kurikulumnya, lanjut Fennieka, mata kuliah yang ditawarkan Magister Hukum President University sangatlah unik dan jarang ditawarkan Magister Hukum lainnya di Indonesia.

Contohnya, mata kuliah strategist for complex litigation. Mata kuliah seperti ini tentunya masih sangat jarang ditawarkan Magister Hukum lain. 

Mahasiswa juga akan diajarkan terkait pendalam terhadap putusan dalam konsentrasi litigasi. Lalu, untuk hukum korporasi lebih banyak melakukan project, sedangkan konsentrasi hukum internasional, mahasiswa akan diajarkan policy brief yang praktis secara mendalam.

Selain itu, Program Magister Hukum pada kampus yang berlokasi di Cikarang, Bekasi ini menerapkan sistem pembelajaran Hybrid.

"Ini akan sangat memudahkan para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan lanjutan di bidang hukum, terutama bagi calon mahasiswa yang sudah bekerja, karena waktu pembelajarannya dilakukan setelah jam pulang kerja," tutur Fennieka.

Adapun, dosen-dosen di Program Magister Hukum President University banyak berasal dari kalangan praktisi hukum. Dengan maksud agar pembelajaran yang dilakukan, dosen dapat menerangkan tidak sekadar secara teori, tetapi juga berdasarkan praktik di lapangan secara berimbang.

Dosen-dosen di Program Magister Hukum President University juga berasal dari lulusan universitas terbaik di Indonesia maupun di luar negeri. 

"Disini kami mencoba memilih dosen secara akademik mumpuni dan tetapi juga memiliki pengalaman praktek yang memadai, sehingga bisa berjalan beriringan," ucapnya.

Dirinya menyebut bahwa antusias para calon mahasiswa untuk bergabung ke dalam Program Magister Hukum President Unuversity sangat tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya lulusan President University yang menyatakan ketertarikannya mengikuti Program Magister Hukum.

Fennieka berharap dengan hadirnya Program Magister Hukum President University akan memperkaya fasilitas yang dimiliki PT Jababeka dalam menghadirkan fasilitas pendidikan yang memiliki kualitas sangat baik. 

Adapun pendaftaran untuk Program Magister Hukum President University telah dibuka sejak 6 November 2023. Dimana perkuliahan akan dimulai pada 8 Januari 2024. Namun, tak hanya terbatas bagi Sarjana Hukum, pendaftaran ini bersifat terbuka bagi setiap orang yang telah menyandang gelar Sarjana dengan IPK minimal 2.75. 

President University juga menyediakan program beasiswa untuk non alumni. Selain itu juga ada diskin khusus sebesar 30% bagi para pekerja yang menjadi tenant-tenant Jababeka.

"Buat pekerja industri yang menjadi bagian tenant Jababeka yang ingin bergabung dengan Program Magister Hukum di President University akan diberikan privilege tersendiri yaitu diskon 30%. Kami juga menyediakan program PKPA (Pendidikan Khusus Profesi Advokat) yang juga akan diberikan diskon 30%. Untuk yang non alumni kita juga menyediakan beasiswa," tutup Fennieka.

Perlu diketahui, President University berkomitmen menjadikan program studi hukum ini menjadi program terdepan dan terkemuka baik di tingkat nasional maupun Asia Tenggara, dengan spesialisasi pada program studi hukum perusahaan dan hukum internasional.

Dengan berpegang pada nilai-nilai dari ideologi negara pancasila, program studi hukum ini diharapkan juga dapat menghasilkan pemimpin yang professional, memiliki jiwa kewirausahaan, berwawasan multikultural dan berwawasan global yang kuat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

TIKI Raih Penghargaan Indonesia TOP Digital PR Award 2024 Kategori Jasa Pengiriman

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:48 WIB

TIKI Raih Penghargaan untuk Jasa Pengiriman

PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia dengan rekam jejak lebih dari 53 tahun di Indonesia, meraih penghargaan Indonesia TOP Digital PR Award 2024…

Garuda indonesia

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:26 WIB

Maskapai GIA Group Menang Ditingkat Banding Atas Gugatan Greyflag Entities

Langkah perbaikan kinerja usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk melalui payung hukum restrukturisasi terus diperkuat pasca Pengadilan Tingkat Banding Paris menolak permohonan banding yang…

IT Active Watch Curve WR01

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:13 WIB

IT Perkenalkan Produk Smartwatch Bidik Penggemar Gaya Hidup Aktif

Erajaya Active Lifestyle (ERAL) melalui private label IT (Immersive Tech) memperkenalkan IT Active Watch Curve WR01, produk perdana dari kategori smartwatch.

Ilustrasi Bitcoin

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:20 WIB

Harga Bitcoin Mencapai $64.000 untuk Pertama Kalinya Sejak November 2021

Harga bitcoin (BTC) mencapai $64.000 pada hari Rabu (28/2/2024), untuk  pertama kalinya BTC berada level tersebut sejak puncak pasar bullish terakhir pada November 2021.

Penandatanganan kerja sama PT Pertamina Lubricants dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN)

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:15 WIB

PTPL Perkuat Sinergi ONE PERTAMINA Lewat Pengelolaan Gudang Pelumas di Sumbagut & Sulampua

PT Pertamina Lubricants (PTPL) memperkuat sinergi ONE PERTAMINA melalui kerja sama dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN) dalam pengelolaan gudang pelumas di wilayah Sumatera…