UI Peringati Hari Solidaritas Internasional Untuk Palestina, Tokoh dan Pakar Sepakat Penjajahan Israel Bukan Konflik Agama

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 30 November 2023 - 11:24 WIB

UI peringati Hari Solidaritas Internasional Untuk Palestina dengan menggelar seminar.
UI peringati Hari Solidaritas Internasional Untuk Palestina dengan menggelar seminar.

INDUSTRY.co.id - Depok - Peringati Hari Solidaritas Internasional Untuk Palestina, Universitas Indonesia (UI) mengundang Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun ke acara seminar khusus yang diselenggarakan Departemen Hubungan Internasional, FISIP UI. Beberapa pakar juga hadir dalam acara ini.

Dalam sambutannya, Dekan FISIP UI, Semiarto Aji Purwanto, menyebut peringatan ini sebagai pengingat bahwa isu Palestina masih jauh dari kata selesai. Aji juga menekankan bahwa peringatan ini tidak hanya milik satu negara, bangsa, atau agama, melainkan bagi seluruh umat manusia di seluruh dunia. 

“Tanggal 29 November ini ditetapkan oleh PBB sebagai Hari Solidaritas Internasional untuk Palestina. Hari Solidaritas Internasional untuk Palestina ini milik seluruh negara, bangsa, dan agama yang ada di muka bumi ini," ujar Dekan Fisip UI Aji.

Aji juga mengkritik tindakan Israel yang menurutnya telah melanggar hak asasi manusia dasar, yakni hak untuk hidup, terhadap warga sipil Palestina.

"Masalah Palestina bukan hanya masalah politik terkait dengan kemerdekaan, tetapi juga melibatkan aspek kemanusiaan yang mendalam. Ini bukan hanya tentang agama, melainkan tentang hak-hak dasar manusia yang harus dihormati," katanya.

Acara itu juga dihadiri oleh Muhsin Syihab, Staf Ahli Menteri Luar Negeri Bidang Hubungan Antar-Lembaga, Prof. Evi Fitriani, Ph.D sebagai Guru Besar Departemen Hubungan Internasional, FISIP UI, dan Perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia, juga Majelis Pekerja Harian Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, mereka sepakat konflik kedua negara itu merupakan konflik antara agama Islam dan Kristen. Dia mengatakan bahwa tindakan Israel terhadap warga Palestina sangat brutal. Karena itu, penting bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk memiliki pandangan yang seragam terhadap isu ini.

"Perang ini bukan perang antara Islam dan Kristen, ini bukan perang agama. Ini yang harusnya kita sadari (sebagai) orang Indonesia. Ini adalah perang antar-orang yang membunuh dan dibunuh yang tidak punya power. Bagaimana kita menyolidaritaskan," katanya.

Peringatan Hari Solidaritas Internasional untuk Palestina ini diharapkan dapat menjadi momentum penting bagi masyarakat internasional untuk terus mengadvokasi penyelesaian konflik dan penegakan hak asasi manusia di Palestina.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Garuda indonesia

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:26 WIB

Maskapai GIA Group Menang Ditingkat Banding Atas Gugatan Greyflag Entities

Langkah perbaikan kinerja usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk melalui payung hukum restrukturisasi terus diperkuat pasca Pengadilan Tingkat Banding Paris menolak permohonan banding yang…

IT Active Watch Curve WR01

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:13 WIB

IT Perkenalkan Produk Smartwatch Bidik Penggemar Gaya Hidup Aktif

Erajaya Active Lifestyle (ERAL) melalui private label IT (Immersive Tech) memperkenalkan IT Active Watch Curve WR01, produk perdana dari kategori smartwatch.

Ilustrasi Bitcoin

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:20 WIB

Harga Bitcoin Mencapai $64.000 untuk Pertama Kalinya Sejak November 2021

Harga bitcoin (BTC) mencapai $64.000 pada hari Rabu (28/2/2024), untukĀ  pertama kalinya BTC berada level tersebut sejak puncak pasar bullish terakhir pada November 2021.

Penandatanganan kerja sama PT Pertamina Lubricants dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN)

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:15 WIB

PTPL Perkuat Sinergi ONE PERTAMINA Lewat Pengelolaan Gudang Pelumas di Sumbagut & Sulampua

PT Pertamina Lubricants (PTPL) memperkuat sinergi ONE PERTAMINA melalui kerja sama dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN) dalam pengelolaan gudang pelumas di wilayah Sumatera…

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar, bertransaksi di merchant Erajaya

Kamis, 29 Februari 2024 - 09:53 WIB

Bank Mandiri Tawarkan Benefit Eksklusif di Erajaya Digital Complex PIK

Bank Mandiri terus berupaya mengakselerasi laju pertumbuhan ekonomi nasional melalui insentif yang dapat mengerek konsumsi rumah tangga. Terbaru, bank berlogo pita emas ini menggelar program…