Perkumpulan Telapak, Menyingkap Cerita di Balik Hutan dan Tambang Nikel

Oleh : Nina Karlita | Rabu, 29 November 2023 - 21:39 WIB

perkumpulan Telapak umumkan kajian dampak sosial dan lingkungan pada operasional hak pengusahaan kawasan hutan.
perkumpulan Telapak umumkan kajian dampak sosial dan lingkungan pada operasional hak pengusahaan kawasan hutan.

INDUSTRY.co.id - Bogor - Sejak September 2022 hingga Agustus 2023, Perkumpulan Telapak melibatkan diri dalam perjalanan mendalam ke dunia hutan dan pertambangan nikel di Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Maluku Utara. Dalam eksplorasi ini, sorotan khusus diberikan pada dua pemain besar, PT. TMK dan PT. TCG, yang beroperasi di bawah naungan Grup Indika Energi.

Perjalanan ini membuka kisah rumit konflik yang terjadi antara perusahaan dan masyarakat desa sekitarnya. Mulai dari pertikaian batas wilayah hingga hak masyarakat dalam pemanfaatan hasil hutan non-kayu dan isu-isu lainnya. 

Tidak hanya sekadar mencatat, Perkumpulan Telapak aktif berkolaborasi dengan masyarakat, membantu mereka membentuk kelompok ekonomi desa, sebagai upaya nyata untuk mengatasi masalah yang dihadapi.

Beralih ke PT. TBP, perusahaan yang tengah menjadi sorotan, Perkumpulan Telapak menemukan sejumlah isu yang signifikan, termasuk dugaan pencemaran laut dan dampak banjir. Walaupun perusahaan ini telah menerapkan teknologi canggih seperti DSTF dan CEMS, Telapak tetap memberikan saran untuk memperketat pengawasan, terutama dalam pengelolaan limbah dan perlindungan sumber air.

Lebih dari sekadar menyuarakan masalah, Perkumpulan Telapak berharap kajiannya dapat menjadi pendorong perusahaan pertambangan nikel untuk melakukan perubahan positif. Mereka juga menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat guna mencapai keseimbangan yang harmonis antara aktivitas industri, pelestarian lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam upaya memberikan gambaran yang lebih lengkap, Telapak tak hanya menyoroti isu-isu yang memprihatinkan, melainkan juga memberikan apresiasi untuk langkah-langkah positif yang telah diambil oleh perusahaan. 

Meski ada kemajuan, Telapak juga menggarisbawahi perlunya pendekatan yang lebih inklusif dan adil agar manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat desa.

Perkumpulan Telapak berharap agar kajian ini bukan hanya berhenti sebagai catatan masalah semata. Mereka ingin melihat perubahan nyata dalam arah yang lebih berkelanjutan bagi industri hutan dan pertambangan. Dengan kerjasama dan komitmen bersama, mereka berharap agar keberlanjutan dan kesejahteraan dapat menjadi kenyataan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kiri ke kanan: ignasius arrie setiawan, komisaris, melly elita, direktur, tjia tjhin hwa komisaris, kiki sadrach dirut

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:29 WIB

Top! KKES Ekspansi ke Timur Indonesia, Targetkan Pertumbuhan Penjualan di Atas 11% dan Laba di Atas 14% pada 2024

Jakarta– PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk (KKES) distributor dan importir bahan kimia maupun bahan baku untuk pertanian dan industri baru saja melaksanakan RUPST & paparan publik. Dalam kegiatan…

MenKopUKM Teten Masduki

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:13 WIB

Orasi Ilmiah di UMMI, Menteri Teten Tekankan Pentingnya Bangun Industri UMKM Berbasis Keunggulan Domestik

Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki menekankan pentingnya membangun industri UMKM berbasis keunggulan domestik, serta mengolah sumber daya alam hasil perkebunan dan pertanian…

Kika: Warit Jintanawan, Direktur PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (kedua dari kiri). Budyanto Totong, Founder dan Dirut PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (tengah) Andy Totong, Direktur Utama Mitra10 (kedua dari kanan)

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:05 WIB

Perkuat Pasar di Jawa Barat, Mitra10 & Atria Ekspansi ke Sawangan Depok

Depok– Mitra10 memperkuat penetrasi pasar ritel modern bahan bangunan dan pelengkapan rumah, bersama dengan Atria yang menguasai pasar ritel modern furnitur dan matras, membuka flagship store…

Jajaran direksi PT Mora Telematika Indonesia Tbk.

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:55 WIB

Absen Tebar Deviden, Moratelindo Bakal Gencar Ekspansi Jaringan Telekomunikasi

PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) atau Moratelindo menetapkan untuk menggunakan laba bersih senilai Rp678,17 miliar sebagai laba ditahan. Kemudian, sisanya, laba bersih yang senilai Rp1…

6IXTY8IGHT

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:37 WIB

Sepanjang 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. Catat Kenaikan Penjualan Bersih Sebesar 23%

Sepanjang tahun 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (Perseroan) berhasil mencatatkan kenaikan penjualan bersih sebesar 23% menjadi Rp3,7 triliun dengan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik…