Di Festival Kebangsaan, Once Mekel Bangkitkan Rasa Nasionalisme Generasi Muda

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 28 November 2023 - 23:38 WIB

Once Mekel (kanan) di pangung Festival Kebangsaan yang digelar di kampus Unila Bandar Lampung.
Once Mekel (kanan) di pangung Festival Kebangsaan yang digelar di kampus Unila Bandar Lampung.

INDUSTRY.co.id - Bandar Lampung - Once Mekel ikut peringati Hari Pahlawan. Yaitu dengan menghadiri Festival Kebangsaan yang digelar Universitas Lampung (Unila) berkolaborasi dengan Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (Pappri).

Festival Kebangsaan yang digelar di kampus Unila pada 21 November 2023 itu, Once Mekel tak hanya bernyanyi. Calon Anggot Legislatif Daerah Pemilihan Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan Luar Negeri ini juga tampil sebagai pembicara dalam dialog kebangsaan bertema "Musik Dalam Gerakan Kebangsaan".

Selain Once Mekel, pembicara lain ada Sujiwo Tejo, Alffy Rev dan Novia Bachmid. Bagi pelantun Dealova ini, adanya diskusi kebangsaan bersama para mahasiswa, menjadi jembatan untuk lebih mencintai Indonesia.

Terlebih Once Mekel yang juga merupakan seorang musisi, mau agar generasi Z terutama bisa menjadi nasionalis dengan cara menyenangkan, lewat musik.

"Dalam berbangsa, musik membuat jiwa kita tergerak ke dalam kepedulian untuk meneruskan perjuangan. Termasuk mempertahan dan menyatukan bangsa ini," kata Once Mekel.

"Pesan dari Festival  ini Agar generasi muda mencintai dan mengapresiasi kekayaan seni dan budaya Indonesia sbg kekuatan bersama," tambah Once Mekel.

Bagi Once Mekel yang sudah berkecimpung di dunia musik selama puluhan tahun, seni tersebut bisa mempertajam naluri manusia untuk bisa merasakan. Termasuk bersimpati terhadap sesama.

"Salah satu tujuannya, musik bisa menjadi alat pemersatu bangsa," kata vokalis band Dewa ini.

Festival Kebangsaan sendiri terdiri dari 3 kegiatan. Selain Dialog Kebangsaan, digelar juga Pop Art Activity yang merupakan pameran kewirausahaan dan ekspresi kreativitas mahasiswa. 

Selain itu digelar juga Konser Kebangsaan yang menampilkan aksi Alffy Rev, Once Mekel, Band, Ki Ageng Ganjur, Dwiki Dharmawan, Novia Bachmid, dan Dewa Budjana.

Sebagai pengurus DPP Pappri, Once Mekel menyebut kolaborasi dan sinergi antara perguruan tinggi dan pelaku musik sangat diperlukan untuk menjawab tantangan nasionalisme di kalangan generasi Z. 

"Pappri sejak dulu mendorong peran musik sebagai alat pemersatu bangsa. Rangkaian acara konser yang dipadukan dengan talkshow seperti ini sudah dilakukan sejak perayaan Hari musik di Jakarta, Bandung, Medan, Makasar, Manado, Surabaya, dan Solo,” pungkas Once Mekel.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih berbincang dan belanja bersama dengan anak-anak yatim didampingi perwakilan LAZ.

Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:18 WIB

BSI Ajak 140 Anak Yatim Belanja, Ajarkan Literasi Transaksi Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan 7 (tujuh) Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyelenggarakan acara Lebaran Anak Yatim untuk berbagi kebahagiaan berupa belanja bersama di Department…

Lokasi Bendungan Jlantah dan Jragung

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:32 WIB

Waskita Karya Ungkap Progres Bendungan Jlantah dan Jragung

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad hanugroho didampingi Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Jlantah dan Jragung di…

YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:44 WIB

Kemenag RI Menyerahkan SK Izin Operasional Sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional Kepada YBM BRILiaN

Yayasan Baitul Maal BRILiaN atau YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) Skala Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia…

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, bersama Direktur Eksekutif IBCWE, Clara Wita Krisanti, setelah menandatangani kerja sama antara Kideco dan IBCWE

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:10 WIB

Dirut Kideco: Perusahaan Tambang Harus Berikan Kesempatan yang Sama Terhadap Perempuan

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, pekerjaan tambang, tidak lagi menjadi pekerjaan yang harus didominasi oleh laki-laki. Menurutnya, kini perusahaan…

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…