Di Festival Kebangsaan, Once Mekel Bangkitkan Rasa Nasionalisme Generasi Muda

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 28 November 2023 - 23:38 WIB

Once Mekel (kanan) di pangung Festival Kebangsaan yang digelar di kampus Unila Bandar Lampung.
Once Mekel (kanan) di pangung Festival Kebangsaan yang digelar di kampus Unila Bandar Lampung.

INDUSTRY.co.id - Bandar Lampung - Once Mekel ikut peringati Hari Pahlawan. Yaitu dengan menghadiri Festival Kebangsaan yang digelar Universitas Lampung (Unila) berkolaborasi dengan Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (Pappri).

Festival Kebangsaan yang digelar di kampus Unila pada 21 November 2023 itu, Once Mekel tak hanya bernyanyi. Calon Anggot Legislatif Daerah Pemilihan Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan Luar Negeri ini juga tampil sebagai pembicara dalam dialog kebangsaan bertema "Musik Dalam Gerakan Kebangsaan".

Selain Once Mekel, pembicara lain ada Sujiwo Tejo, Alffy Rev dan Novia Bachmid. Bagi pelantun Dealova ini, adanya diskusi kebangsaan bersama para mahasiswa, menjadi jembatan untuk lebih mencintai Indonesia.

Terlebih Once Mekel yang juga merupakan seorang musisi, mau agar generasi Z terutama bisa menjadi nasionalis dengan cara menyenangkan, lewat musik.

"Dalam berbangsa, musik membuat jiwa kita tergerak ke dalam kepedulian untuk meneruskan perjuangan. Termasuk mempertahan dan menyatukan bangsa ini," kata Once Mekel.

"Pesan dari Festival  ini Agar generasi muda mencintai dan mengapresiasi kekayaan seni dan budaya Indonesia sbg kekuatan bersama," tambah Once Mekel.

Bagi Once Mekel yang sudah berkecimpung di dunia musik selama puluhan tahun, seni tersebut bisa mempertajam naluri manusia untuk bisa merasakan. Termasuk bersimpati terhadap sesama.

"Salah satu tujuannya, musik bisa menjadi alat pemersatu bangsa," kata vokalis band Dewa ini.

Festival Kebangsaan sendiri terdiri dari 3 kegiatan. Selain Dialog Kebangsaan, digelar juga Pop Art Activity yang merupakan pameran kewirausahaan dan ekspresi kreativitas mahasiswa. 

Selain itu digelar juga Konser Kebangsaan yang menampilkan aksi Alffy Rev, Once Mekel, Band, Ki Ageng Ganjur, Dwiki Dharmawan, Novia Bachmid, dan Dewa Budjana.

Sebagai pengurus DPP Pappri, Once Mekel menyebut kolaborasi dan sinergi antara perguruan tinggi dan pelaku musik sangat diperlukan untuk menjawab tantangan nasionalisme di kalangan generasi Z. 

"Pappri sejak dulu mendorong peran musik sebagai alat pemersatu bangsa. Rangkaian acara konser yang dipadukan dengan talkshow seperti ini sudah dilakukan sejak perayaan Hari musik di Jakarta, Bandung, Medan, Makasar, Manado, Surabaya, dan Solo,” pungkas Once Mekel.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mitsubishi XForce

Rabu, 21 Februari 2024 - 15:35 WIB

Beli Mitsubishi Xforce di IIMS 2024 Banjir Segudang Promo

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan segudang promo-promo menarik di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran,…

Pegawai Jtrust Bank

Rabu, 21 Februari 2024 - 15:23 WIB

Tahun 2024, J Trust Bank Optimis Penyaluran Kredit dan Dana Pihak Ketiga Lanjut Positif

PT Bank JTrust Indonesia Tbk (J Trust Bank) mencatat pertumbuhan positif untuk kredit dan dana pihak ketiga (DPK) per Januari 2024.

Danamon Sasar Peningkatan Bisnis Konsumer Melalui Partisipasi di IIMS 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:36 WIB

Danamon Sasar Peningkatan Bisnis Konsumer Melalui Partisipasi di IIMS 2024

Tahun ini merupakan tahun ketiga PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) dan MUFG Bank Ltd. (MUFG) kembali menjadi official bank partner, dan PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (“Adira…

ALFI Siap laksanakan Amanah Wapres RI Kaji Skema Integrasi Logistik Nasional

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:29 WIB

ALFI Siap laksanakan Amanah Wapres RI Kaji Skema Integrasi Logistik Nasional

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) periode 2023-2028 untuk mengkaji skema logistik nasional demi memastikan terwujudnya sistem yang terintegrasi…

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO)

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:22 WIB

Ekspansi Digital SILO untuk Layani Pasien

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen melanjutkan investasi pada saluran digital yang mumpuni untuk…