Bank Mandiri Galakkan Program Financial Technology with Venture Capital

Oleh : Wiyanto | Selasa, 28 November 2023 - 16:32 WIB

Mandiri sahabat edukasi
Mandiri sahabat edukasi

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Pada era modern ini, investasi saham dan kewirausahaan merupakan pilihan menarik bagi individu yang ingin menciptakan peluang bisnis baru, mengantisipasi perubahan investasi digital, dan meraih kesuksesan finansial. Namun, kurangnya pemahaman tentang pasar saham, manajemen keuangan, dan kewirausahaan seringkali menjadi hambatan bagi mahasiswa dan pelajar yang ingin terlibat di bidang industri ini.

Menitikberatkan pada isu tersebut, Bank Mandiri hadir memberikan program Mandiri Sahabat Edukasi 2023 kepada mahasiswa dan pelajar sebagai langkah awal bagi generasi muda untuk belajar mengenai kepemimpinan dan investasi. Program tersebut mengupas investasi saham/entrepreneurship serta literasi keuangan yang penyelenggaraannya berkolaborasi dengan Mandiri Group seperti Mandiri Sekuritas, Mandiri Capital Indonesia, Museum Bank Mandiri atau group/mitra usaha terkait lainnya yang akan dilaksanakan secara online maupun offline.

Regional CEO Region V / Jakarta 1 Bank Mandiri Sulaeman menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan Mandiri Sahabat Edukasi yang dimulai sejak Oktober 2023. Pihaknya menambahkan, antusiasme para peserta cukup tinggi, tercermin dari jumlah peserta sebanyak 425 mahasiswa/i di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

“Program Mandiri Sahabat Edukasi merupakan wujud komitmen Bank Mandiri untuk berkontribusi terhadap kemajuan sector pendidikan. Dengan memberikan akses kepada mahasiswa dan pelajar untuk belajar tentang prinsip-prinsip investasi saham, keterampilan kewirausahaan, dan literasi keuangan, program ini bertujuan untuk membekali generasi muda dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk merencanakan masa depan finansial mereka secara mandiri dan juga mengantisipasi untuk menghadapi perubahan ekonomi secara digital,” imbuhnya.

“Di era teknologi digital saat ini, Bank Mandiri serta anak usahanya, turut mendukung transformasi digital dengan mengembangkan berbagai layanan berbasis teknologi digital diantaranya adalah KOPRA by Mandiri untuk solusi transaksi keuangan di Perguruan Tinggi Swasta, dan Livin’ by Mandiri untuk mahasiswa/i. Saat ini Bank Mandiri memberikan layanan pembayaran uang kuliah mahasiswa di channel Bank Mandiri melalui solusi Mandiri Virtual Account yang sudah ada sejak tahun 2008 sehingga dengan layanan yang kami berikan dapat mempermudah mahasiswa dalam melakukan pembayaran melalui Super App “Livin by Mandiri “ dan mendukung percepatan penerimaam pembayaran SPP Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.” pungkas Sulaeman.

Senada, Pejabat Eksekutif Mandiri Capital Indonesia (MCI) Ronald S. Simorangkir mengungkapkan, pihaknya memiliki komitmen untuk terus mendukung transformasi digital dan memberikan edukasi terkait pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia. “Sebagai salah satu bentuk upaya kami untuk mendukung perkembangan startup, MCI telah menghadirkan program-program unggulan seperti Xponent, Y-Axis, dan Zenith, yang membuka peluang bagi startup untuk memperluas pasar, melakukan diversifikasi produk, dan menjajaki sinergi bisnis," ungkapnya.

Hasil positif dari program-program ini terlihat dari investasi dan kemitraan yang berhasil dibangun oleh MCI dengan Mandiri Group, mencakup beragam portofolio seperti AgriAku, Amartha, Ayoconnect, Bukalapak, Cakap, Crowde, Delos, iSeller, GoTo, Greenhope, Halofina, Investree, iSeller, Kecilin, Koinworks, Sinbad, Mekari, PrivyID, PTEN, Qoala, Sinbad, dan Yokke. Hingga saat ini, MCI telah memiliki sebanyak 23 startup portfolio yang diproyeksikan akan terus bertambah kedepannya.

"Melalui Mandiri Sahabat Edukasi 2023, Mandiri Capital Indonesia berkomitmen memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang perkembangan ekosistem startup di Indonesia, sekaligus memotivasi mereka untuk terlibat dalam perjalanan membangun usaha baru yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional," tutup Ronald dalam sesi seminar tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

ALFI Siap laksanakan Amanah Wapres RI Kaji Skema Integrasi Logistik Nasional

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:29 WIB

ALFI Siap laksanakan Amanah Wapres RI Kaji Skema Integrasi Logistik Nasional

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) periode 2023-2028 untuk mengkaji skema logistik nasional demi memastikan terwujudnya sistem yang terintegrasi…

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO)

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:22 WIB

Ekspansi Digital SILO untuk Layani Pasien

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen melanjutkan investasi pada saluran digital yang mumpuni untuk…

Presiden Jokowi hadiri Pertemuan Industri Jasa Keuangan 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:32 WIB

Hadiri Pertemuan IJK 2024, Presiden Jokowi Sampaikan Optimistisme Ekonomi Indonesia di Tahun 2024

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri Pertemuan Industri Jasa Keuangan 2024 di Ballroom The St. Regis, Jakarta, Selasa (20/2/2024). Pada…

Peluncuran Satelit Merah Putih 2 dari Cape Canaveral, Florida

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:04 WIB

Satelit Merah Putih 2 Sukses Diluncurkan dari Cape Canaveral Florida

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama anak usahanya, Telkomsat sukses meluncurkan Satelit Merah Putih 2 langsung dari Cape Canaveral, Florida pada Selasa (20/2) pukul 15.11 waktu…

Anggota Banggar DPR RI Mukhtarudin

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:00 WIB

Banggar DPR RI Optimistis Perekonomian Nasional Meningkat Pasca Pemilu 2024

Anggota Banggar DPR RI Mukhtarudin optimistis situasi perekonomian nasional akan meningkat seiring kepercayaan investor yang berbanding lurus keamanan dan kondusifitas nasional pasca usai Pemilihan…