Tingkatkan Efek Berganda Pada Industri Hulu Migas Indonesia, Begini Langkah PETRONAS Indonesia

Oleh : Hariyanto | Selasa, 28 November 2023 - 09:29 WIB

Booth Forum Kapasitas Nasional III 2023 (FORKAPNAS)
Booth Forum Kapasitas Nasional III 2023 (FORKAPNAS)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Sejalan dengan aspirasi Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan ‘multiplier effects’ atau efek berganda pada industri hulu migas Indonesia, PETRONAS Indonesia turut mengambil peran aktif dalam upaya transformasi industri hulu migas melalui optimisasi kapasitas nasional.

Pada Forum Kapasitas Nasional III 2023 (FORKAPNAS) yang diadakan pada tanggal 23 – 24 November 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, PETRONAS Indonesia berpartisipasi sebagai salah satu exhibitor bersama dengan perusahaan migas ternama lainnya. 

Keterlibatan PETRONAS Indonesia pada forum ini juga merefleksikan komitmennya dalam pemberdayaan vendor lokal, dan pada bulan Oktober yang lalu, PETRONAS Indonesia juga menyelenggarakan ‘Local Vendor Engagement’ yang bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas pemasok lokal melalui pemaparan-pemaparan mengenai Pedoman Tata Kerja Pengadaan SKK Migas dan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku, etika bisnis, serta kinerja K3LL atau HSE.

PETRONAS Indonesia mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya, Krupy, serta melibatkan Asosiasi Istri dan Staf Perempuan PETRONAS Indonesia, PETRONITA Indonesia, untuk berpartisipasi dan memamerkan produk kebanggaannya dalam FORKAPNAS ini. 

Sebelumnya, produk Krupy juga dipamerkan pada Forum Kapasitas Nasional III Wilayah Jabanusa yang diadakan pada tanggal 22 – 24 Mei 2023 dan meraih penghargaan kategori “Packaging Produk Terbaik”. Pemberdayaan UMKM Krupy merupakan kolaborasi antara SKK Migas, PETRONAS Indonesia, serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Gresik. 

Program pemberdayaan UMKM ini dimulai sejak tahun lalu dan dijalankan oleh sekelompok ibu rumah tangga di Desa Kramat, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik. Dibina dengan semangat untuk meningkatkan kapabilitas sumber daya manusia serta partisipasi dalam pembangunan ekonomi daerah, produk Krupy yang merupakan olahan sumber daya laut yang terinspirasi oleh keberlimpahan sumber daya laut Kabupaten Gresik dimana sebagian besar masyarakatnya memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, menjadi produk UMKM andalan kebanggaan masyarakat sekitar.

“Kami berkomitmen untuk terus menciptakan dampak sosial positif kepada masyarakat sekitar

 melalui program-program yang kami inisiasi, salah satunya pengembangan UMKM lokal yang juga selaras dengan misi kami untuk terus Memacu Kemajuan,” ujar Yuzaini Md Yusof, Presiden Direktur PETRONAS Indonesia.

Sebagai salah satu inisiatif dari FORKAPNAS, SKK Migas juga bekerja sama dengan Litbang Kompas dalam penelitian dampak investasi industri hulu migas di Indonesia untuk menghitung dampak langsung dan tidak langsung dari nilai kontrak pengadaan barang dan jasa di industri hulu migas. 

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa investasi ini memiliki dampak positif yang signifikan terhadap masyarakat dan perusahaan lokal melalui pertumbuhan sektor dan pencapaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang melebihi target. 

Litbang Kompas juga melakukan analisa social return of investment (SROI) untuk program pembinaan UMKM Krupy yang dicanangkan oleh PETRONAS Indonesia di Desa Kramat dan mengkalkulasi setiap 1 rupiah yang diinvestasikan akan menghasilkan nilai sosial sebesar 2,43 rupiah. Hal ini menyimpulkan keberhasilan program pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh PETRONAS Indonesia yang juga mendapatkan penghargaan “Pembinaan Vendor Go International” pada acara ini.

“SKK Migas akan terus memperkuat kerja sama dengan seluruh Kontraktor Kontrak Kerja Sama untuk mengembangkan inisiatif-inisiatif yang dapat meningkatkan kualitas hidup serta memberikan nilai tambah bagi masyarakat lokal yang berada di sekitar wilayah operasi kami, termasuk kolaborasi dengan PETRONAS Indonesia, yang telah berperan aktif untuk mendukung pemberdayaan vendor lokal serta UMKM,” tegas Erwin Suryadi, selaku Vice President Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas dan Ketua Umum Forum Kapasitas Nasional III, 2023.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

TIKI Raih Penghargaan Indonesia TOP Digital PR Award 2024 Kategori Jasa Pengiriman

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:48 WIB

TIKI Raih Penghargaan Indonesia TOP Digital PR Award 2024 Kategori Jasa Pengiriman

PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia dengan rekam jejak lebih dari 53 tahun di Indonesia, meraih penghargaan Indonesia TOP Digital PR Award 2024…

Garuda indonesia

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:26 WIB

Maskapai GIA Group Menang Ditingkat Banding Atas Gugatan Greyflag Entities

Langkah perbaikan kinerja usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk melalui payung hukum restrukturisasi terus diperkuat pasca Pengadilan Tingkat Banding Paris menolak permohonan banding yang…

IT Active Watch Curve WR01

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:13 WIB

IT Perkenalkan Produk Smartwatch Bidik Penggemar Gaya Hidup Aktif

Erajaya Active Lifestyle (ERAL) melalui private label IT (Immersive Tech) memperkenalkan IT Active Watch Curve WR01, produk perdana dari kategori smartwatch.

Ilustrasi Bitcoin

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:20 WIB

Harga Bitcoin Mencapai $64.000 untuk Pertama Kalinya Sejak November 2021

Harga bitcoin (BTC) mencapai $64.000 pada hari Rabu (28/2/2024), untuk  pertama kalinya BTC berada level tersebut sejak puncak pasar bullish terakhir pada November 2021.

Penandatanganan kerja sama PT Pertamina Lubricants dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN)

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:15 WIB

PTPL Perkuat Sinergi ONE PERTAMINA Lewat Pengelolaan Gudang Pelumas di Sumbagut & Sulampua

PT Pertamina Lubricants (PTPL) memperkuat sinergi ONE PERTAMINA melalui kerja sama dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN) dalam pengelolaan gudang pelumas di wilayah Sumatera…