Letjen TNI Nyoman Cantiasa disematkan Dan Kehormatan Oleh PP INKAI saat latihan Para Master Karate Jepang

Oleh : Herry Barus | Minggu, 26 November 2023 - 15:40 WIB

Letjen TNI Nyoman Cantiasa disematkan Dan Kehormatan Oleh PP INKAI saat latihan Para Master Karate Jepang
Letjen TNI Nyoman Cantiasa disematkan Dan Kehormatan Oleh PP INKAI saat latihan Para Master Karate Jepang

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PP INKAI melaksanakan Coaching Clinic Road Show Pertama di GOR Nanggala Kopassus pada Sabtu tgl 25 Nopember 2023 dihadiri 1.200 org Para Karateka Sabuk Hitam INKAI DKI, Jabar dan Banten. Acara ini diawali pemberian DAN Kehormatan Kepada Letjen TNI Nyoman Cantiasa alumni terbaik Adhi Makayasa AKMIL 90 serta pemegang rektor Muri peserta terbanyak ujian DAN Sabuk Hitam INKAI di tahun 2022, saat masih Menjabat Pangdam Cenderawasih Papua.

Sebanyak 1.100 org lulus DAN 1 dari 1.400 seluruh Prajurit Kodam serta 7 Orang Lulus langsung prestasi ke DAN 2. Kemudian Menjadi Pangkogabwilhan 3 dan Korsahli Kasad. Dalam Sambutannya, Letjen Nyoman Cantiasa yang disematkan Sabuk Dan 7 Kehomatan INKAI oleh Ketua Dewan Guru INKAI sihan Abdul Kadir DAN 9 INKAI mantan Juara Dunia Karate kelas Kumite tahu 80 an,  menyampaikan bahwa karate INKAI saat ini mendominasi kejuaraan serta memiliki Atlit berprestasi tingkat Nasional Maupun Internasional namun perlu didasari Sumpah Karate dalam keseharian untuk modal ketangguhan utamanya sanggup memelihara Kepribadian Seorang Karate dan Patuh kepada Kejujuran dalam amanatnya.   Demikian keterangan dari Puspen TNI

Latihan Coaching Clinic ini diawali latihan oleh Ogata Senseiyang  menerangkan arti penting dari suatu bentuk gerakan, kecepatan dan fokus latihan yang terarah. Dilanjutkan Yuko Takahashi yang menekankan pada penetrasi Otot saat memulai latihan atau setiap gerakan. Gerakan yang mengalir seperti air namun dipenuhi kekuatan alamiah badan manusia. Setelah itu dilanjutkan Kawawada Sensei yang menjelaskan betapa pentingnya rotasi (Hikite) pinggul untuk memunculkan kecepatan dan kekuatan ledakan baik pukulan atau tendangan seorang Karateka.

Latihan ditutup oleh Tanaka Sensei tentang bagaimana tendangan akan sempurna bila pergerakan kepala badan dan kaki secara selaras tetap lurus dan kokoh. Hal ini sering dilupakan para Karateka karena menganggap hal  sepele ini bukan bagian basic yang harus dikuasai.

Para Peserta Sangat Antusias seperti mendapatkan angin segar dan semangat baru. Pada sesi penutup dilaksanakan pesan kesan dari para Master JTK bahwa Para Karateka Harus Bahagia harus menjaga pertemanan dan hati yang baik. Latihan seperti Batu disungai yang dihempas terus menerus oleh arus gelombang tetapi batu itu bertambah kokoh serta menjadi terang warnanya. Itulah Karate yang harus dilakukan seumur hidup agar semakin kokoh dan kuat.

Acara ini akan berlangsung selanjutnya di Yogya (26 Nov) di Surabaya (29 Nov) dan  ditutup di Bali (3 Des) yang akan diikuti Ribuan Karate INKAI.  Ke depan kerjasama akan terus dilaksanakan dengan mengirimkan  para pelatih INKAI mondok  berlatih Karate Uchi Desi di JTK Jepang serta diharapkan akan  membantu persiapan kejuaraan Dunia Shotokan di Gelar Di Indonesia tahun 2025 dengan melaksanakan sistem Ippon Shobu Full contact gaya Shotokan yang sangat terkenal di Era 70 dan 80 an tanpa mengenal kelas ataupun berat badan serta usia. Sebagai ajang sosialisasi hal ini akan dilaksanakan  pada Kejurnas INKAI tahun 2024 di Jakarta demikian kata Ketua umum PP INKAI laksda TNI Dr. Ivan Yulivan disela sela latihan. (*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BUMN Berhasil Kurangi 21% Impor Amonium Nitrat melalui Pengoperasian PT KAN

Kamis, 29 Februari 2024 - 13:09 WIB

Dorong Hilirisasi, BUMN Berhasil Kurangi 21% Impor Amonium Nitrat melalui Pengoperasian PT KAN

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan PabrikAmonium Nitrat BUMN pertama di Indonesia, PT Kaltim Amonium Nitrat (KAN), di kawasan Kaltim Industrial Estate (KIE) di Bontang, Kalimantan…

TIKI Raih Penghargaan Indonesia TOP Digital PR Award 2024 Kategori Jasa Pengiriman

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:48 WIB

TIKI Raih Penghargaan untuk Jasa Pengiriman

PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia dengan rekam jejak lebih dari 53 tahun di Indonesia, meraih penghargaan Indonesia TOP Digital PR Award 2024…

Garuda indonesia

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:26 WIB

Maskapai GIA Group Menang Ditingkat Banding Atas Gugatan Greyflag Entities

Langkah perbaikan kinerja usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk melalui payung hukum restrukturisasi terus diperkuat pasca Pengadilan Tingkat Banding Paris menolak permohonan banding yang…

IT Active Watch Curve WR01

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:13 WIB

IT Perkenalkan Produk Smartwatch Bidik Penggemar Gaya Hidup Aktif

Erajaya Active Lifestyle (ERAL) melalui private label IT (Immersive Tech) memperkenalkan IT Active Watch Curve WR01, produk perdana dari kategori smartwatch.

Ilustrasi Bitcoin

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:20 WIB

Harga Bitcoin Mencapai $64.000 untuk Pertama Kalinya Sejak November 2021

Harga bitcoin (BTC) mencapai $64.000 pada hari Rabu (28/2/2024), untukĀ  pertama kalinya BTC berada level tersebut sejak puncak pasar bullish terakhir pada November 2021.