Ciptakan SDM Unggul, BINUS University Siapkan Lulusan dengan Keahlian AI

Oleh : Hariyanto | Rabu, 22 November 2023 - 15:19 WIB

Bincang Media BINUS University
Bincang Media BINUS University

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di era transformasi digital yang semakin pesat, inovasi digital menjadi kunci utama dalam mengatasi kesenjangan sosial dan ekonomi secara global. Pendidikan merupakan salah satu industri yang sangat terpengaruh oleh inovasi digital, karena memiliki potensi besar untuk menciptakan kesetaraan akses dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Pada perkembangan teknologi yang pesat saat ini, Bina Nusantara (BINUS) berkomitmen mendorong inovasi Digital dalam pendidikan. BINUS University memahami bahwa peran inovasi digital dapat membawa perubahan positif dalam membangun dunia yang lebih adil dengan memberikan peluang pendidikan yang lebih inklusif dan peluang yang lebih luas bagi masyarakat di Indonesia dan seluruh dunia.

Dalam rangka untuk meningkatkan kesadaran terkait Peran dan isu-isu inovasi digital, BINUS @Kemanggisan mengadakan acara Bincang Media bersama 15-20 orang perwakilan media, termasuk wartawan, editor, dan reporter. Topik yang dibahas berupa “Membangun Dunia yang Lebih Merata melalui Inovasi Digital” yang bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai inovasi digital, khususnya dalam pendidikan.

“AI dapat diterapkan dalam berbagai bidang dan dapat meningkatkan potensi di berbagai bidang, karena AI memiliki potensi yang luas.” ungkap Dr. Sani Muhamad Isa, S.Si., M.Kom. selaku BINUS Graduate Program Director di Jakarta, Selasa (21/11/2023). 

Dalam berbagai industri saat ini tidak dapat lepas dari Inovasi digital. Perkembangan AI memudahkan setiap orang dalam melakukan pekerjaan di berbagai bidang industri. Sehingga kebijakan dalam mengimplementasikan AI sudah diterapkan dalam bidang pendidikan. Misalnya proses pencatatan akademik dari presentasi mahasiswa kegiatan dosen sudah tercatat dalam AI dan kegiatan belajar mengajar banyak memanfaatkan AI dalam prosesnya.

“Kita tidak boleh menutup mata bahwa banyak pekerjaan akan digantikan AI, namun demikian tidak perlu kita kuatir dan menjadi takut. Adanya perkembangan AI akan mendorong munculnya masalah-masalah baru, sehingga peluang-peluang baru juga akan bermunculan“ ungkap Dr. Ir. Derwin Suhartono, S.Kom., MTI. Selaku Head of Computer Science Study Program Greater Jakarta.

Dengan berkembangnya teknologi AI, maka tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada tantangan baru yang muncul karena AI dan lapangan kerja baru. Teknologi AI dapat menangani berbagai pekerjaan, karena AI bekerja menggunakan otak. Pentingnya AI dapat dilihat hampir semua industri membutuhkannya, sehingga kita harus berjalan bersama dengan AI bukan menentangnya, agar dapat meningkatkan pembelajaran, ungkap pak Derwin Suhartono.

“Apapun bidang ilmunya, mahasiswa akan diajarkan untuk memahami konsep AI, sehingga bisa melihat peluang implementasi AI dan penggunaan AI dalam menyelesaikan masalah di bidangnya” Ungkap Dr. Reina, S.Kom., M.M. Selaku Vice Rector Academic Operation & Resources and Campus Director BINUS @Kemanggisan.

Kesadaran pentingnya AI dapat diterapkan dalam berbagai bidang di setiap industri. Untuk dapat memenuhi kebutuhan akan AI, BINUS @Kemanggisan sebagai Digital Technology Campus menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mendukung dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam belajar. 

Hal ini bisa dilihat dengan tersedianya fasilitas Lab User Experience (UX), Lab Digital Industry, Lab AR/VR, Lab Building Information Modelling (BIM), Lab Game Application & Technology, Lab Macintosh, Lab Furniture, Lab Bahasa, Lab Civil Engineering, Lab Computer Engineering dan berbagai macam Laboratorium lainnya yang dilengkapi dengan peralatan digital serta pendukungnya.

Tidak hanya itu, Setiap program studi yang ada di BINUS UNIVERSITY pasti akan menerapkan pengetahuan mengenai AI. Mahasiswa BINUS harus dapat memahami AI, Karena AI merupakan terobosan dalam perkembangan dunia di berbagai bidang saat ini. BINUS juga memberikan kebebasan terhadap seluruh mahasiswa untuk bebas dalam memilih minat dan ilmu-ilmu kekinian yang disesuaikan dengan minor. Sehingga mahasiswa BINUS dapat terjun ke masyarakat multi disiplin, dengan memanfaatkan ilmu yang dimiliki agar dapat memberikan kontribusi besar bagi masyarakat dan negara.

Kegiatan ini memiliki tujuan dalam memberikan wawasan terkait tantangan dan peluang dalam memanfaatkan inovasi digital untuk menciptakan kesetaraan akses pendidikan yang lebih baik. Sebagai Perguruan Tinggi Indonesia yang berperan besar dalam memajukan inovasi digital, BINUS berbagi wawasan dan pengalaman dalam mengatasi ketidakmerataan melalui penerapan teknologi terbaru dalam pendidikan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…

PRESS RELEASE KONFERENSI PERS PAMERAN INDOBEAUTY EXPO 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 07:12 WIB

Siap-Siap, Bakal Banyak Kejutan di Pameran INDOBEAUTY EXPO 2024

Jakarta-Industri kosmetik Indonesia kian menjanjikan dan diproyeksi akan terus berkembang pesat sejalan dengan masifnya perkembangan e-commerce di Indonesia. Merujuk data yang dilansir Badan…

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:43 WIB

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Jakarta – Perkembangan yang menggembirakan bagi pasien yang menderita penyakit terkait tulang belakang, Siloam Hospitals Mampang dengan bangga mengumumkan pengenalan teknik bedah tulang belakang…

Berbagai Pertunjukan Artis Menambah Kemeriahan Akhir Pekan Pameran GIIAS 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:35 WIB

Berbagai Pertunjukan Artis Menambah Kemeriahan Akhir Pekan Pameran GIIAS 2024

Tangerang– Para peserta GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 tidak hanya menawarkan beragam inovasi dan teknologi terbaru dalam dunia otomotif, tetapi juga menyuguhkan hiburan…

Perluasan Produk Perbankan Syariah Bank DKI di Dunia Pendidikan, Bank DKI Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:18 WIB

Perluasan Produk Perbankan Syariah Bank DKI di Dunia Pendidikan, Bank DKI Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta

Jakarta – Dalam rangka memperluas penggunaan produk perbankan syariah Bank DKI, khususnya di dunia pendidikan, Bank DKI bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta sepakat menjalin kerja…