Ciptakan SDM Unggul, BINUS University Siapkan Lulusan dengan Keahlian AI

Oleh : Hariyanto | Rabu, 22 November 2023 - 15:19 WIB

Bincang Media BINUS University
Bincang Media BINUS University

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di era transformasi digital yang semakin pesat, inovasi digital menjadi kunci utama dalam mengatasi kesenjangan sosial dan ekonomi secara global. Pendidikan merupakan salah satu industri yang sangat terpengaruh oleh inovasi digital, karena memiliki potensi besar untuk menciptakan kesetaraan akses dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Pada perkembangan teknologi yang pesat saat ini, Bina Nusantara (BINUS) berkomitmen mendorong inovasi Digital dalam pendidikan. BINUS University memahami bahwa peran inovasi digital dapat membawa perubahan positif dalam membangun dunia yang lebih adil dengan memberikan peluang pendidikan yang lebih inklusif dan peluang yang lebih luas bagi masyarakat di Indonesia dan seluruh dunia.

Dalam rangka untuk meningkatkan kesadaran terkait Peran dan isu-isu inovasi digital, BINUS @Kemanggisan mengadakan acara Bincang Media bersama 15-20 orang perwakilan media, termasuk wartawan, editor, dan reporter. Topik yang dibahas berupa “Membangun Dunia yang Lebih Merata melalui Inovasi Digital” yang bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai inovasi digital, khususnya dalam pendidikan.

“AI dapat diterapkan dalam berbagai bidang dan dapat meningkatkan potensi di berbagai bidang, karena AI memiliki potensi yang luas.” ungkap Dr. Sani Muhamad Isa, S.Si., M.Kom. selaku BINUS Graduate Program Director di Jakarta, Selasa (21/11/2023). 

Dalam berbagai industri saat ini tidak dapat lepas dari Inovasi digital. Perkembangan AI memudahkan setiap orang dalam melakukan pekerjaan di berbagai bidang industri. Sehingga kebijakan dalam mengimplementasikan AI sudah diterapkan dalam bidang pendidikan. Misalnya proses pencatatan akademik dari presentasi mahasiswa kegiatan dosen sudah tercatat dalam AI dan kegiatan belajar mengajar banyak memanfaatkan AI dalam prosesnya.

“Kita tidak boleh menutup mata bahwa banyak pekerjaan akan digantikan AI, namun demikian tidak perlu kita kuatir dan menjadi takut. Adanya perkembangan AI akan mendorong munculnya masalah-masalah baru, sehingga peluang-peluang baru juga akan bermunculan“ ungkap Dr. Ir. Derwin Suhartono, S.Kom., MTI. Selaku Head of Computer Science Study Program Greater Jakarta.

Dengan berkembangnya teknologi AI, maka tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada tantangan baru yang muncul karena AI dan lapangan kerja baru. Teknologi AI dapat menangani berbagai pekerjaan, karena AI bekerja menggunakan otak. Pentingnya AI dapat dilihat hampir semua industri membutuhkannya, sehingga kita harus berjalan bersama dengan AI bukan menentangnya, agar dapat meningkatkan pembelajaran, ungkap pak Derwin Suhartono.

“Apapun bidang ilmunya, mahasiswa akan diajarkan untuk memahami konsep AI, sehingga bisa melihat peluang implementasi AI dan penggunaan AI dalam menyelesaikan masalah di bidangnya” Ungkap Dr. Reina, S.Kom., M.M. Selaku Vice Rector Academic Operation & Resources and Campus Director BINUS @Kemanggisan.

Kesadaran pentingnya AI dapat diterapkan dalam berbagai bidang di setiap industri. Untuk dapat memenuhi kebutuhan akan AI, BINUS @Kemanggisan sebagai Digital Technology Campus menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mendukung dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam belajar. 

Hal ini bisa dilihat dengan tersedianya fasilitas Lab User Experience (UX), Lab Digital Industry, Lab AR/VR, Lab Building Information Modelling (BIM), Lab Game Application & Technology, Lab Macintosh, Lab Furniture, Lab Bahasa, Lab Civil Engineering, Lab Computer Engineering dan berbagai macam Laboratorium lainnya yang dilengkapi dengan peralatan digital serta pendukungnya.

Tidak hanya itu, Setiap program studi yang ada di BINUS UNIVERSITY pasti akan menerapkan pengetahuan mengenai AI. Mahasiswa BINUS harus dapat memahami AI, Karena AI merupakan terobosan dalam perkembangan dunia di berbagai bidang saat ini. BINUS juga memberikan kebebasan terhadap seluruh mahasiswa untuk bebas dalam memilih minat dan ilmu-ilmu kekinian yang disesuaikan dengan minor. Sehingga mahasiswa BINUS dapat terjun ke masyarakat multi disiplin, dengan memanfaatkan ilmu yang dimiliki agar dapat memberikan kontribusi besar bagi masyarakat dan negara.

Kegiatan ini memiliki tujuan dalam memberikan wawasan terkait tantangan dan peluang dalam memanfaatkan inovasi digital untuk menciptakan kesetaraan akses pendidikan yang lebih baik. Sebagai Perguruan Tinggi Indonesia yang berperan besar dalam memajukan inovasi digital, BINUS berbagi wawasan dan pengalaman dalam mengatasi ketidakmerataan melalui penerapan teknologi terbaru dalam pendidikan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mitsubishi L100 EV

Rabu, 21 Februari 2024 - 16:15 WIB

Ini Dia Sejumlah Keuntungan Miliki Mitsubishi L100 EV

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya mengumumkan dimulainya penjualan Mitsubishi L100 EV di Indonesia, termasuk harga yang ditawarkan.

Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) Hadir Kembali di 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 16:02 WIB

Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) Hadir Kembali di 2024 Dengan Semangat Kewirausahaan dan Ekonomi Untuk Bisnis Yang Berkelanjutan

Seiring dengan pulihnya ekonomi Global dan tumbuhnya ekonomi Nasional, Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) kembali hadir di tahun 2024 sebagai pameran dagang Internasional terdepan dan utama di…

Retribusi Pasar Naik Mendadak, Ketua DPRD Klungkung Panggil Dinas Terkait

Rabu, 21 Februari 2024 - 15:56 WIB

Retribusi Pasar Naik Mendadak, Ketua DPRD Klungkung Panggil Dinas Terkait

Pedagang Pasar Tematik Semarapura mendatangi gedung DPRD Klungkung pada Senin lalu (19/02/2024). Para pedagang yang berjumlah 80 orang tersebut meminta peraturan kenaikan tarif retribusi dilakukan…

Mitsubishi XForce

Rabu, 21 Februari 2024 - 15:35 WIB

Beli Mitsubishi Xforce di IIMS 2024 Banjir Segudang Promo

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan segudang promo-promo menarik di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran,…

Pegawai Jtrust Bank

Rabu, 21 Februari 2024 - 15:23 WIB

Tahun 2024, J Trust Bank Optimis Penyaluran Kredit dan Dana Pihak Ketiga Lanjut Positif

PT Bank JTrust Indonesia Tbk (J Trust Bank) mencatat pertumbuhan positif untuk kredit dan dana pihak ketiga (DPK) per Januari 2024.