Raymond Chin Hadirkan Revolusi Lokal untuk Mendukung UMKM Indonesia

Oleh : Nina Karlita | Sabtu, 11 November 2023 - 00:36 WIB

Raymond Chin (kanan) dan Menkop UKM Teten Masduki di pembukaan Revolusi Lokal.
Raymond Chin (kanan) dan Menkop UKM Teten Masduki di pembukaan Revolusi Lokal.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Raymond Chin, CEO dan Content Creator mendirikan Revolusi Lokal untuk membantu dan mendukung UMKM di Indonesia. UMKM merupakan komponen penting dalam Perekonomian di Indonesia

Raymond Chin mendorong masyarakat Indonesia untuk meningkatkan konsumsi produk lokal tanpa melarang produk luar. Ini memungkinkan masyarakat untuk tetap memiliki akses ke berbagai produk dari berbagai merk, termasuk merk luar negeri.

Raymond Chin menyebutkan bahwa penting untuk mencari keseimbangan yang tepat antara melindungi produk lokal dan mempertahankan akses terhadap pasar global. 

"Hal ini juga memerlukan keterlibatan aktif dari para pemangku kepentingan, seperti produsen, konsumen, dan pemerintah, untuk memastikan bahwa regulasi yang diterapkan mendukung pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lingkungan bisnis yang sehat," kata Raymond Chin di pembukaan Revolusi Lokal di Senayan Jakarta (10/11/2023).

Revolusi Lokal mendapat dukungan penuh dari Menteri Koperasi (Menkop) dan UKM, Teten Masduki, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno.

"Kita bikin gerakan non profit buat siapapun yg mau ikut, intinya lokal butuh apa. Diedukasi, disuport dibina. Revolusi karena kita harus berani fight, naik ke atas bukan turun ke bawah," kata Raymond Chin di Senayan Jakarta (10/11/2023). 

"Mimpi besar kami, di Indonesia Emas 2045, produksi lokal, warga lokal, bisa menjadi tuan rumah di tanah air kita sendiri," tambah Raymond Chin.

Insiatif Raymond Chin dan beberapa anak muda penggerak Revolusi Lokal mendapat dukungan dari Menteri Koperasi UKM. Karena gerakan Revolusi Lokal menjadi sebuah momentum aksi nyata keberpihakan terhadap produk UMKM lokal di tengah serbuan produk impor.

“Apalagi, Indonesia memiliki potensi pasar yang besar dan diperkirakan menjadi negara maju pada 2045," ungkap Teten Masduki saat pembukaan Revolusi Lokal bertema Era baru pahlawan UMKM lokal, di Jakarta, Jumat (10/11).

“Saya ikut bangga karena gerakan Revolusi Lokal ini merupakan insiatif dari anak muda. Bukan soal gagah-gagahan bernasionalisme. Namun, kita memang punya market besar dan daya beli cukup baik. Jangan sampai jadi ironi, banyak market tapi justru pasar dikuasai produk asing,” tambah Teten Masduki.

Selain Teten Masduki, Menparekraf Sandiaga Uno juga mengapresiasi Revolusi Lokal yang diinisiasi anak-anak muda kreatif.

"Kita harus kreatif. Kemenparekraf mendukung penuh gerakan ini," tegas Sandiaga Uno.***

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi (ist)

Jumat, 01 Maret 2024 - 17:30 WIB

Dahsyat! IKN Magnet Baru Investasi, Jokowi: Yang Antre Banyak...

Ibu Kota Negara (IKN) tengah menjadi incaran para investor. Bak gadis cantik, investor rela antre untuk menanamkan modalnya di IKN. “Yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang…

Ilustrasi FMCG E-commerce

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:46 WIB

Jelang Ramadhan, Jumlah Produk Terjual F&B di E-commerce Meningkat Hingga 75 Persen

Beberapa hari jelang menyambut Ramadhan, Compas.co.id selaku E-commerce Market Insight for FMCG Brands secara seksama memonitoring keadaan e-commerce di Indonesia, khususnya untuk sektor Fast…

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:24 WIB

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendampingi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo melaksanakan peresmian Pabrik Amonium Nitrat di Bontang, peletakan batu pertama/groundbreaking kantor Bank…

Irfan Setiaputra Dirut Garuda Indonesia

Jumat, 01 Maret 2024 - 15:04 WIB

Optimalkan Momentum Kebangkitan Pariwisara, Maskapai Penerbangan Pemerintah Tingkatkan Frekuensi Penerbangan

Selain meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara melalui penambahan frekuensi penerbangan rute internasional mulai akhir Maret 2024, Garuda Indonesia juga secara bertahap menambah frekuensi…

HR Talks: Memperkenalkan Revolusi Bisnis Melalui HR-Tech Bersama Jobseeker Company

Jumat, 01 Maret 2024 - 14:29 WIB

HR Talks: Memperkenalkan Revolusi Bisnis Melalui HR-Tech Bersama Jobseeker Company

Jakarta, DKI Jakarta - 24 Februari 2024 - Jobseeker Company dengan bangga mengadakan "HR Talk: Leveraging HR-Tech to Scale-Up Your Business," acara komunitas yang akan berlangsung pada 29 Februari…