Terus Lebarkan Sayap! Kini Mitra10 Ekspansi ke Serang Banten, Resmikan Mitra10 ke-47

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 01 November 2023 - 13:21 WIB

Mitra10 Ekspansi Ke Serang, Banten Resmikan Mitra10 Ke-47
Mitra10 Ekspansi Ke Serang, Banten Resmikan Mitra10 Ke-47

INDUSTRY.co.id, Serang– PT Catur Mitra Sejati Sentosa (CMSS/Mitra10), entitas anak PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) selaku pemilik Mitra10 melakukan ekspansi ke Serang, Banten dengan meresmikan superstore Mitra10 ke-47 yang menempati lahan seluas 14.000m2 and luas bangunan 6.500m2 di Jalan Raya Pandeglang No.74, Kota Serang, Banten.  Walikota Serang Dr. H. Syafrudin, S.Sos., M.Si pun turut hadir dan meresmikan pembukaan Mitra10 tersebut.

Mitra10 Serang yang menempati kawasan stategis tersebut menawarkan lebih dari 30.000 Stock Keeping Unit (SKU/ item barang). Perseroan membagi SKU kedalam 12 kategori antara lain: appliances /perlengkapan rumah tangga, kamar mandi, bahan bangunan, pintu dan jendela, elektrikal dan lampu, dinding dan lantai, perlengkapan rumah dan hobi, dapur, pipa dan aneka alat (tools) dan ditata secara menarik di area penjualan seluas 3.000m2. Sehingga para pelanggan bisa semakin mudah menjangkau kebutuhan bahan bangunan untuk renovasi sesuai dengan tagline kami "The Easiest Place to get Your Renovation Done!".

“Pemilihan Kota Serang merupakan pilihan strategis, untuk memperkuat pasar ritel moderen di ujung barat pulau Jawa. Mengingat Serang sebagai Ibukota Provinsi Banten terletak di antara daerah industri Cilegon dan Ibu Kota Jakarta. Berdasarkan data BPS Kota Serang, Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kota Serang tahun 2022 mencapai sebesar 4,71 persen, angka tersebut naik dibandingkan pencapaian tahun 2021 yakni sebesar 3,8 persen. Terlebih sektor properti berdasarkan data 2022 tercatat sebagai tiga besar sektor yang memberikan kontribusi positif kepada Kota Serang, bahkan baru saja Pemerintah memberikan keringanan berupa pembebasan pajak bagi rumah di bawah Rp2 M. Stimulus ini akan semakin mendongkrak pertumbuhan sektor properti,” ungkap Andy Totong Presiden Direktur Mitra10.

Potensi pertumbuhan Kota Serang diperkuat oleh adanya akses transportasi publik yang mumpuni, seperti kereta rel listrik (KRL) dan akses jalan Tol Serang - Rangkasbitung. Kemudahan mobilitas itu tentu dapat memperkuat pengembangan properti di wilayah barat Provinsi Banten. Keberadaan Mitra10 sebagai peritel moderen di bidang bahan bangunan dan home improvement dipercaya akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian setempat. Selain menyerap puluhan tenaga kerja lokal, juga berkontribusi positif terhadap sumber pendapatan asli daerah melalui pajak.

Andy Totong menambahkan, tahun ini (2023) Mitra10 sudah membuka 2 toko baru yakni berlokasi di Bintaro Jaya dan Serang, Banten. Mitra10 merupakan ritel moderen bahan bangunan dan perlengkapan rumah terbesar di Indonesia dengan 47 cabang yang tersebar di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali & NTB, Sumatera, Riau, Kalimanatan dan Sulawesi.

Sejak awal pendirian, Mitra10 menargetkan pemilik rumah/properti baik itu residensial maupun komersial (ruko, café, rukan dan apartement) dengan menawarkan konsep "One Stop Shopping". Selain itu dengan desain layout barang yang di tata apik dan suasana belanja yang aman dan nyaman. Dengan adanya kepastian harga pada produk-produk yang ditawarkan, Mitra10 juga menerapkan kebijakan price integrity dengan mencantumkan harga pada tiap SKU.

Erick Koswara, GM Marketing dan Komunikasi Mitra10 mengatakan, kini warga Serang dan sekitarnya bisa berbelanja aneka kebutuhan bahan bangunan untuk renovasi rumah hingga perlengkapan rumah dan peralatan elektronik di satu tempat. Barang-barang yang ditawarkan juga sama dengan yang kami pasarkan di seluruh jaringan Mitra10 di Indonesia. Sehingga warga Serang, Banten dan sekitarnya tidak perlu ke Jakarta untuk belanja kebutuhan produk terbaru cat, keramik, keran, genteng hingga TV dan lain sebagainya.

Selain menjual brand-brand kenamaan dari principal, Mitra10 juga memiliki Private Brand yakni Zehn, Tidy, Sincere, Durafloor, Fiorano dan Ceramax, Durevole, Glucklich, Winst, Heatsafe, Aquamax. Dengan demikian konsumen memiliki beragam opsi merek, desain dan harga yang berkualitas tinggi.

Erick Koswara menambahkan, Mitra10 berupaya menjadi jejaring ritel moderen bahan bangunan dan perlengkapan rumah tangga terbaik di Indonesia. Dengan prinsip, “Murah, Lengkap dan Nyaman” Mitra10 merupakan destinasi berbelanja bahan bangunan terdepan di Indonesia. Untuk Mitra10 Serang, Banten kami memproyeksikan mampu menarik pengunjung hingga 10.000 orang per bulan.

Bahkan, Mitra10 di tahun 2023 ini kembali mendapat penghargaan dari "Superbrand 2023" untuk kategori Indonesia Choice: Hardware Store Chain. Ini merupakan penghargaan ke-10 yang diterima Mitra10 dalam 12 tahun terakhir. 

Medya Ika Ayu, Manajer Promosi dan Advertising Mitra10 mengatakan bahkan selama periode pembukaan (Grand Opening) Mitra10 memiliki beragam promo menarik bagi para pengunjung seperti Tebus Murah berbagai produk menarik dengan harga super murah, Crazy Price dengan garansi harga termurah, potongan diskon khusus member Mitra10 dan point rewards, keuntungan di beberapa merchant pilihan, serta discount khusus bank tertentu bahkan cicilan 0% hingga 12 bulan.

Mitra10 memiliki konsep Omnichannel yang memungkinkan pelanggan berbelanja dengan mudah di berbagai platform , baik secara offline maupun online. Mitra10 juga hadir melalui aplikasi mobile yang dapat diunduh di Play Store. Mitra10 memberikan pengalaman berbelanja inovatif dengan akses 24/7 melalui platform digital, termasuk website Mitra10.com, berbagai marketplace, dan WhatsApp Business Chat pada jam operasional toko. Mitra10.com adalah supermarket bahan bangunan yang memberikan kenyamanan berbelanja kapan saja dan di mana saja.

Ekspansi Guna Pertumbuhan Berkelanjutan

Dengan peresmian Mitra10 Serang, Banten, maka total toko yang dimiliki sudah mencapai 47 toko.

Idrus H. Widjajakusuma, Corporate Secretary PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (IDX: “CSAP”) selaku Perusahaan induk Mitra10, menyatakan CSAP secara agresif melakukan ekspansi jejaring ritel moderen bahan bangunan & perlengkapan rumah Mitra10. Bahkan kami telah menetapkan target ekspansi jangka menengah yakni memiliki 100 toko Mitra10 di tahun 2030 di seluruh Indonesia.

CSAP selaku pemilik 99,9% saham dari PT Catur Mitra Sejati Sentosa (CMSS) selaku pemilik Mitra10 menyampaikan bawasannya, strategi agresif di ritel moderen ini selain memperkuat pangsa pasar juga terbukti dapat meningkatkan kinerja, khususnya sebagai motor pertumbuhan.

Mitra10 tumbuh 9,3x lipat sejak tahun 2009 dan sekarang menawarkan lebih dari 58.000 SKU, menjadikan Mitra10 sebagai jaringan ritel moderen terbesar untuk bahan bangunan dan perlengkapan rumah di Indonesia.

Performance CSAP 9M-2023

Total Pendapatan secara konsol selama 9M-2023 CSAP mencapai Rp12,1 triliun atau tumbuh 6% dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu. Sedangkan Total Penghasilan Komprehensif Tahun Berjalan yang Dapat Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp149,5 miliar, mengalami sedikit koreksi dibandingkan tahun lalu yang tercatat sebesar Rp167,3 miliar.

Segmen ritel pada semester 9M-2023 berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp4,6 triliun, tumbuh 6,7% apabila dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Angka tersebut setara kontribusi sebesar 38% terhadap total pendapatan konsolidasian Perseroan.

Selain segmen ritel moderen, CSAP juga memiliki segmen distribusi yang membukukan pendapatan sebesar Rp7,5 triliun, tumbuh 5,5%, setara kontribusi 62% atas total pendapatan secara konsolidasi yakni Rp12,1 triliun di sembilan bulan 2023. Pencapaian tersebut setara pertumbuhan yoy 6% jika dibandingkan pendapatan periode yang sama tahun lalu.

Segmen distribusi merupakan kontributor terbesar pendapatan yang disumbang dari distribusi bahan bangunan, consumer goods (FMCG), dan kimia, sedangkan segmen ritel moderen merupakan sumber pertumbuhan yang disumbang dari ritel moderen bahan bangunan Mitra10 dan Atria furniture, baik dalam hal penjualan maupun kinerja marjin.

Saat ini CSAP memiliki 47 area Distribusi Bahan Bangunan yang terdiri dari 41 cabang dan 5 depo di berbagai kota di Indonesia, 5 Cabang Distribusi Kimia, 57 Area Distribusi FMCG, 47 toko “Mitra10” Ritel Moderen Bahan Bangunan & Home Improvement dan 20 toko “Atria” Ritel Moderen Home Furnishing.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

TIKI Raih Penghargaan Indonesia TOP Digital PR Award 2024 Kategori Jasa Pengiriman

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:48 WIB

TIKI Raih Penghargaan untuk Jasa Pengiriman

PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia dengan rekam jejak lebih dari 53 tahun di Indonesia, meraih penghargaan Indonesia TOP Digital PR Award 2024…

Garuda indonesia

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:26 WIB

Maskapai GIA Group Menang Ditingkat Banding Atas Gugatan Greyflag Entities

Langkah perbaikan kinerja usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk melalui payung hukum restrukturisasi terus diperkuat pasca Pengadilan Tingkat Banding Paris menolak permohonan banding yang…

IT Active Watch Curve WR01

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:13 WIB

IT Perkenalkan Produk Smartwatch Bidik Penggemar Gaya Hidup Aktif

Erajaya Active Lifestyle (ERAL) melalui private label IT (Immersive Tech) memperkenalkan IT Active Watch Curve WR01, produk perdana dari kategori smartwatch.

Ilustrasi Bitcoin

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:20 WIB

Harga Bitcoin Mencapai $64.000 untuk Pertama Kalinya Sejak November 2021

Harga bitcoin (BTC) mencapai $64.000 pada hari Rabu (28/2/2024), untuk  pertama kalinya BTC berada level tersebut sejak puncak pasar bullish terakhir pada November 2021.

Penandatanganan kerja sama PT Pertamina Lubricants dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN)

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:15 WIB

PTPL Perkuat Sinergi ONE PERTAMINA Lewat Pengelolaan Gudang Pelumas di Sumbagut & Sulampua

PT Pertamina Lubricants (PTPL) memperkuat sinergi ONE PERTAMINA melalui kerja sama dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN) dalam pengelolaan gudang pelumas di wilayah Sumatera…