Berbagi Perspektif Tentang Peran Humas dalam Penanganan Krisis Internal, SiCepat Gelar Seminar Bagi Mahasiswa UI

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 14 Oktober 2023 - 22:04 WIB

Foto bersama Rangga Andriana selaku Manager Corporate Communication SiCepat Ekspres bersama para mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia setelah sesi seminar pada Kamis (12/10) di Auditorium Gedung Mochtar Riady, FISIP UI.
Foto bersama Rangga Andriana selaku Manager Corporate Communication SiCepat Ekspres bersama para mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia setelah sesi seminar pada Kamis (12/10) di Auditorium Gedung Mochtar Riady, FISIP UI.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-SiCepat Ekspres berkolaborasi bersama Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HMIK) Universitas Indonesia menggelar seminar bertajuk ‘’How Corpcomm Handle Internal Communication Crisis’’ pada Kamis (12/10) di Auditorium Gedung Mochtar Riady, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

Rangga Andriana selaku Manager Corporate Communication SiCepat Ekspres hadir sebagai pembicara yang membagikan perspektif dan pengalamannya sebagai Praktisi Hubungan Masyarakat (Humas) dalam hal penanganan krisis komunikasi internal dalam sebuah organisasi/perusahaan.

Dihadiri oleh lebih dari 50 mahasiswa Ilmu Komunikasi, seminar ini menuai antusiasme yang tinggi dari para peserta. Rangga menyampaikan bahwa agenda ini menjadi kesempatan bagi SiCepat Ekspres untuk dapat menjalin relasi dengan institusi pendidikan, khususnya mahasiswa sebagai kelompok usia produktif yang tengah mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja.

‘’Melalui seminar ini, kami ingin memberikan perspektif dan berbagi pengalaman khususnya berkaitan dengan bagaimana peranan humas, dalam hal ini Corporate Communication SiCepat Ekspres dalam menangani sebuah krisis komunikasi internal perusahaan berdasarkan apa yang dialami secara nyata oleh perusahaan. Wawasan ini sangat penting bagi mahasiswa khususnya di jurusan ilmu komunikasi, di mana krisis merupakan isu besar yang dapat memberikan dampak signifikan bagi keberlangsungan bisnis perusahaan. Maka dari itu, kami ingin mahasiswa dapat mengetahui bagaimana krisis dan cara menanganinya baik itu secara teori maupun implementasinya di dunia kerja. Sehingga, mereka dapat mempersiapkan diri dan meningkatkan sensitifitas untuk dapat mengenali ciri krisis itu sendiri dan menyelesaikan ketika di masa depan bekerja sebagai seorang praktisi humas.’’ jelas Rangga.

Rangga menyebutkan bahwa, dalam implementasi penanganan krisis komunikasi internal perusahaan terdapat empat tahapan penting yang harus dilakukan. Empat tahapan tersebut adalah Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengukuran.

‘’Keempat tahapan ini sangat penting kita lakukan untuk dapat menyelesaikan krisis dengan baik. Pertama, kita perlu menganalisis krisis tersebut dengan memerhatikan 5W1H sehingga sebagai seorang humas, kita betul-betul mengetahui sebab dari terjadinya krisis tersebut. Setelah itu, perencanaan menjadi hal yang penting agar program yang kita buat dapat diimplementasikan tepat sasaran, efektif, dan efisien. Terakhir, perlu adanya pengukuran agar kita dapat mengevaluasi apakah penyelesaian krisis yang dilakukan sudah efektif dan tepat sasaran.’’ ujar Rangga.

Rangga berharap, melalui seminar ini mahasiswa dapat mengenali berbagai tanda-tanda awal krisis komunikasi dan dapat melatih sensitifitas untuk dapat mengidentifikasi, melakukan perencanaan untuk merespon krisis, dan menyelesaikan krisis sesuai dengan kode etik humas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi (ist)

Jumat, 01 Maret 2024 - 17:30 WIB

Dahsyat! IKN Magnet Baru Investasi, Jokowi: Yang Antre Banyak...

Ibu Kota Negara (IKN) tengah menjadi incaran para investor. Bak gadis cantik, investor rela antre untuk menanamkan modalnya di IKN. “Yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang…

Ilustrasi FMCG E-commerce

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:46 WIB

Jelang Ramadhan, Jumlah Produk Terjual F&B di E-commerce Meningkat Hingga 75 Persen

Beberapa hari jelang menyambut Ramadhan, Compas.co.id selaku E-commerce Market Insight for FMCG Brands secara seksama memonitoring keadaan e-commerce di Indonesia, khususnya untuk sektor Fast…

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:24 WIB

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendampingi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo melaksanakan peresmian Pabrik Amonium Nitrat di Bontang, peletakan batu pertama/groundbreaking kantor Bank…

Irfan Setiaputra Dirut Garuda Indonesia

Jumat, 01 Maret 2024 - 15:04 WIB

Optimalkan Momentum Kebangkitan Pariwisara, Maskapai Penerbangan Pemerintah Tingkatkan Frekuensi Penerbangan

Selain meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara melalui penambahan frekuensi penerbangan rute internasional mulai akhir Maret 2024, Garuda Indonesia juga secara bertahap menambah frekuensi…

HR Talks: Memperkenalkan Revolusi Bisnis Melalui HR-Tech Bersama Jobseeker Company

Jumat, 01 Maret 2024 - 14:29 WIB

HR Talks: Memperkenalkan Revolusi Bisnis Melalui HR-Tech Bersama Jobseeker Company

Jakarta, DKI Jakarta - 24 Februari 2024 - Jobseeker Company dengan bangga mengadakan "HR Talk: Leveraging HR-Tech to Scale-Up Your Business," acara komunitas yang akan berlangsung pada 29 Februari…