Telkomsel Tingkatkan Layanan Veronika Dengan Mengintegrasikan Microsoft Azure OpenAI Service
Oleh : Hariyanto | Selasa, 26 September 2023 - 18:28 WIB

Telkomsel Veronika
INDUSTRY.co.id - Jakarta – Telkomsel meningkatkan kapabilitas kanal layanan pelanggan asisten virtual “Veronika” dengan mengintegrasikan Microsoft Azure OpenAI Service. Azure OpenAI Service memungkinkan Telkomsel untuk mengakses ChatGPT dan memanfaatkan Natural Language Processing (NLP) serta machine learning.
Kemampuan Veronika terbaru tersebut membuka peluang untuk hadirnya proses interaksi yang lebih natural dan intuitif dengan para pelanggan, serta memberikan pengalaman layanan yang lebih nyaman dan personal.
Vice President Customer Journey and Digital Experience Telkomsel, Danang Andrianto menjelaskan bahwa kanal layanan virtual Veronika berkomitmen untuk mempermudah pelanggan dalam memenuhi kebutuhan informasi hingga transaksi produk dan layanan Telkomsel melalui fitur berbasis chatbot yang terus dikembangkan dengan memanfaatkan keunggulan teknologi Artificial Intelligence (AI).
"Kini, dengan pemanfaatan model ChatGPT yang diakses melalui Azure OpenAI Service, Veronika terus berinovasi dengan mengintegrasikan teknologi AI terbaik yang menghadirkan kepandaian dalam memberikan solusi yang semakin akurat, serta pola interaksi yang lebih natural dan ekspresif," kata Danang di Jakarta, Selasa (26/9/2023).
Fiki Setiyono, Country Lead – Azure GTM, Microsoft ASEAN mengatakan bahwa integrasi Telkomsel dengan Azure OpenAI Service menghadirkan respons yang lebih baik dan kontekstual kepada pelanggan.
"Hal ini juga memungkinkan petugas customer care untuk lebih fokus pada pertanyaan yang memerlukan penanganan solusi. Dengan demikian, produktivitas petugas customer care dan tingkat kepuasan pelanggan pun dapat semakin meningkat," ujar Fiki.
Serangkaian bahasa pemrograman berbasis Natural Language Processing (NLP) dan machine learning yang kini diterapkan memungkinkan Veronika untuk merespon dan berinteraksi dengan pelanggan secara lebih natural.
Keunggulan fitur teknologi machine learning juga memungkinkan Veronika memahami kebutuhan atas produk dan layanan secara lebih mendalam, sehingga mampu menawarkan solusi yang sesuai dengan profil kebutuhan dan penggunaan pelanggan Telkomsel secara lebih spesifik.
Saat ini, kapabilitas Veronika yang didukung oleh teknologi Artificial Intelligence (AI) terkini dari Microsoft Azure OpenAI Service dapat digunakan di aplikasi MyTelkomsel.
Danang menambahkan, dengan dukungan dari teknologi terkini Microsoft Azure OpenAI Service, Veronika dapat mengenali berbagai kata kunci, frasa, dan bahasa sehari-hari yang semakin lebih dipahami oleh pelanggan.
Veronika juga mampu mengidentifikasi pola serta tren terkini, sehingga bisa melakukan prediksi berdasarkan pola-pola tersebut untuk membuat rekomendasi yang semakin mendekati dengan kebutuhan pelanggan.
"Melalui pemutakhiran ini, kami berharap pengalaman pelanggan ketika berinteraksi dengan chatbot Veronika menjadi lebih natural, personal, dan sesuai dengan kebutuhan serta preferensi unik setiap pelanggan," tutup Danang.
Baca Juga
Putra Pengacara Otto Hasibuan, Yakup Hasibuan Luncurkan Aplikasi…
Blibli Dipercaya Jadi Mitra e-commerce untuk Program Subsidi Motor…
Jelang Harbolnas, Couchbase Bagikan Kunci Sukses Penyedia Platform…
Ini Para Juara Diajang Young Social Entrepreneur
Inilah Antares Eazy, Ekosistem Solusi Digital Usaha dari Indibiz…
Industri Hari Ini

Rabu, 29 November 2023 - 10:01 WIB
ASABRI Berikan Santunan ke Ahli Waris Bonifasius Jawa dan Jaminan Pengobatan ke Rani Yohanes Setan
Indonesia kembali berduka. Satu prajurit terbaik tanah air, Bharatu (Anumerta) Alm. Bonifasius Jawa, Gugur menjadi korban kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Titigi,…

Rabu, 29 November 2023 - 09:55 WIB
Industri Kosmetik Nasional Kian Meroket, Ekspornya Tembus USD 601 Juta
Industri kosmetik di Indonesia semakin berkembang dengan memberikan berbagai produk inovatif bagi para konsumennya. Hal ini seiring kesadaran masyarakat yang juga kian meningkat terhadap pentingnya…

Rabu, 29 November 2023 - 09:54 WIB
Rohto Perluas Pabrik dan Kembangkan Fasilitas Stem Cell Di Indonesia
Mengalami pertumbuhan bisnis signifikan, Rohto Indonesia melakukan perluasan lini produksi dalam mengantisipasi kebutuhan sarana produksi untuk produk tetes mata dan juga alat kesehatan lensa…

Rabu, 29 November 2023 - 09:08 WIB
Fitur WhatsApp API untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan
Tentu Anda sudah tidak asing dengan ungkapan “pelanggan adalah raja”. Ungkapan ini ada benarnya, sebab tanpa pelanggan, sebuah bisnis tidak akan berjalan dengan baik. Pelanggan yang setia…

Rabu, 29 November 2023 - 07:59 WIB
Manulife Aset Manajemen Indonesia Bangun Sarana Air Bersih di Bogor
PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (“MAMI”) menyalurkan dana purifikasi sebesar Rp 74,4 juta melalui Lembaga Manajemen Infaq (“LMI”) untuk pembangunan sarana air bersih di Desa Cijeruk,…
Komentar Berita