Impresif! Aset Kelolaan Bank Kustodian BRI Tembus Rp1.000 Triliun

Oleh : Wiyanto | Minggu, 24 September 2023 - 21:25 WIB

Direktur Wholesale dan Kelembagaan BRI Agus Noorsanto
Direktur Wholesale dan Kelembagaan BRI Agus Noorsanto

INDUSTRY.co.id-Jakarta – Seiring dengan pertumbuhan pasar modal Indonesia, perkembangan aset kelolaan kustodian di Indonesia juga menunjukkan pertumbuhan impresif dari tahun ke tahun. Hingga akhir Agustus 2023, aset kelolaan Bank Kustodian BRI telah menembus Rp1.000 triliun.

Peningkatan aset kelolaan ini didukung dengan pertambahan jumlah kerjasama baru dan pertumbuhan aset kelolaan dari nasabah existing.

Angka ini mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan posisi aset kelolaan Bank Kustodian BRI di akhir tahun 2022 yaitu Rp555 triliun. Saat ini, pasar modal Indonesia masih menunjukkan resiliensi yang tinggi dan tumbuh positif di tengah ketidakpastian perekonomian di tingkat global. Selain penambahan jumlah efek yang tercatat di pasar modal Indonesia, peningkatan jumlah investor yang signifikan baik di saham, obligasi maupun reksadana merupakan cermin keyakinan pasar masih cukup terjaga meski dihadapkan dengan tantangan volatilitas ekonomi global dan domestik.

Terkait hal tersebut, Direktur Wholesale dan Kelembagaan BRI Agus Noorsanto mengatakan bahwa perkembangan aset kelolaan Bank Kustodian BRI tak lepas dari upaya yang dilakukan untuk terus memberikan layanan terbaik dan membawa efisiensi dalam operasional kustodian dengan strategi digital.

”Nasabah tidak perlu ragu untuk menitipkan efek di Bank Kustodian BRI. Kami telah dipercaya oleh nasabah-nasabah besar seperti lembaga pemerintahan, asuransi dan dana pensiun untuk mengelola berbagai jenis efek mereka seperti Reksadana, KPD, EBA dan General Safekeeping Unitized,” ujarnya.

Selain itu, BRI juga telah mengembangkan BRIFrens, yaitu Front End System portal Kustodian BRI untuk memberikan kemudahan kepada nasabah dalam pengiriman instruksi dan mendapatkan laporan portfolio asetnya. Untuk melengkapi itu semua dan meningkatkan konsistensi standard layanannya, Bank Kustodian BRI juga menargetkan perolehan Sertifikasi ISO 9001:2015 di tahun ini.

Sebagai informasi, Bank Kustodian BRI telah berpengalaman lebih dari 27 tahun dalam mengelola efek nasabahnya, baik di General Safekeeping, Reksadana dan Kontrak Pengelolaan Dana atau Discretionary Fund.

Selain tercatat sebagai Bank Kustodian pertama yang mengelola Efek Beragun Aset (EBA) pada tahun 2010, Bank Kustodian BRI telah menjadi direct member Euroclear sejak 2012 dan juga memperoleh Sertifikat Kepatuhan Syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI di tahun 2018.

Saat ini Bank Kustodian BRI merupakan bank kustodi dengan kelolaan aset EBA terbesar di Indonesia. Dengan menjadi anggota langsung dari Euroclear, Bank Kustodian BRI dapat memberikan layanan administrasi dan penyelesaian surat berharga yang diperdagangkan dan terdaftar di Euroclear Bank dalam berbagai mata uang.

Dengan diperolehnya Sertifikat Kepatuhan Syariah, Bank Kustodian BRI selain dapat mengadministrasikan efek konvensional, juga dapat mengadministrasikan efek dan portofolio syariah milik nasabah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi sunat

Sabtu, 22 Juni 2024 - 23:25 WIB

Liburan Sekolah Klinik Sunat Incar Cuan

Sunat bagi pria adalah kewajiban karena mengandung kesehatan. Biasanya sunat dimulai saat dia masih kecil. Usia sekolah dasar.

Maucash Gelar Kegiatan CSR Merayakan Idul Adha dengan Pembagian Hewan Kurban

Sabtu, 22 Juni 2024 - 23:05 WIB

Maucash Gelar Kegiatan CSR Merayakan Idul Adha dengan Pembagian Hewan Kurban

Jakarta-Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha, Maucash, sebagai penyedia layanan pinjaman modal kerja terkemuka di Indonesia, dengan bangga mengadakan kegiatan Corporate Social Responsibility…

BRI Insurance saat menerima penghargaan

Sabtu, 22 Juni 2024 - 21:31 WIB

BRI Insurance Raih Penghargaan Pertumbuhan Premi Sesi 2023 Terbesar

BRI Insurance (BRINS) kembali berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan dengan dianugerahi penghargaan dari MAIPARK Award 2024. Penghargaan yang diraih adalah Penghargaan ketegori Cedant…

Tecno Pova 6

Sabtu, 22 Juni 2024 - 18:36 WIB

Dibekali Baterai 6.000 mAh, Smartphone Tecno Pova 6 Bikin Gaming Always Menyala

Dengan kapasitas baterai 6.000 mAh yang terbesar pada seri Pova, Tecno Pova 6 membawa Super-Endurance Power System untuk memastikan daya tahan lama dengan pengisian ultra cepat untuk pengalaman…

Event BRINS Mobile

Sabtu, 22 Juni 2024 - 18:12 WIB

BRI Insurance Gencarkan Literasi dan Inklusi Keuangan

BRI Insurance terus aktif melakukan berbagai inisiatif untuk meningkatkan literasi asuransi dengan merangkul masyarakat, komunitas lari , dan kawula muda pada hari Jumat 21 Juni 2024 pada acara…