Dongkrak Daya Saing SDM Parekraf, Menteri Sandiaga Uno Apresiasi Pertukaran Mahasiswa RI - Singapura

Oleh : Ridwan | Jumat, 22 September 2023 - 21:15 WIB

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno

INDUSTRY.co.id - Singapura - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi partisipasi 15 Mahasiswa Politeknik Pariwisata Medan dalam kegiatan SCALE (Specialists’ Community Action and Leadership Exchange) IX 2023 sebagai bentuk konkret dari pengembangan sumber daya manusia (SDM) parekraf yang berdaya saing internasional.

Dirinya mengatakan SCALE merupakan program pertukaran pelajar antara RPS dan beberapa perguruan tinggi lainnya di Asia. Poltekpar Medan termasuk perguruan tinggi yang turut serta dalam acara yang dilaksanakan di kampus RPS itu. 

Hal ini juga menjadi bentuk konkret kerja sama antara Poltekpar Medan dengan RPS yang melibatkan aspek-aspek mencakup pemberdayaan, peningkatan keterampilan kepemimpinan, peningkatan kesadaran sosial, perluasan jaringan dan kolaborasi, serta peluang karier di bidang pengembangan komunitas. Dengan harapan, ke depan SDM yang dicetak oleh Poltekpar Medan bisa memiliki daya saing di tingkat internasional.

Adapun tema yang diusung dalam program SCALE kali ini adalah “Marketing Sustainable Cultural and Natural Tourism Destinations to Youth”. 

"Tujuan program SCALE IX ini adalah untuk menumbuhkan pemahaman dan apresiasi yang lebih besar terhadap pengembangan pariwisata berkelanjutan yang berfokus pada warisan budaya dan alam di destinasi pariwisata, dan agar destinasi tersebut dapat dipromosikan kepada segmen generasi muda di Asia Tenggara," kata Menparekraf Sandiaga dalam penutupan program SCALE IX di Republic Polytechnic of Singapore (RPS), Rabu (20/9/2023).

Sebanyak 15 mahasiswa Poltekpar Medan turut mengikuti program SCALE IX yang diselenggarakan pada 6-19 September 2023. 

Berlanjut nantinya pada Maret 2024, mahasiswa RPS bersama mahasiswa Poltekpar Medan akan melaksanakan program komunitas pengerjaan proyek inovasi sosial atau proyek bertema industri di Sumatra Utara sebagai lanjutan dari program pertukaran pelajar SCALE IX selama dua pekan.

"Peran pemuda dalam mewujudkan keberlanjutan lingkungan memang sangat penting, tidak hanya di bidang pariwisata saja, tetapi juga di setiap sektor kehidupan sehari-hari. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi bukti kerukunan dan kekompakan negara-negara Asia dalam merealisasikan pengembangan SDM parekraf yang berkelanjutan dan berdaya saing," katanya,

Selain Poltekpar Medan dan RPS, program ini juga diikuti tiga perguruan tinggi terkemuka lainnya di Asia, yaitu University of the Philippines Diliman mewakili Filipina, King Mongkut’s University of Technology Thonburi mewakili Thailand, dan Suzhou University of Scienceand Technology mewakili Tiongkok.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jackson Suwargo memberi sambutan di ajang Jackson Kids Star 2024 yang digelar di Senayan Park Jakarta (20/7/2024)

Sabtu, 20 Juli 2024 - 23:52 WIB

Jackson Kids Star 2024 Lakukan Pencarian Ambassador Cilik di Senayan Park

Jackson Kids Star 2024 adalah ajang tahunan yang digelar untuk mencari brand ambassador Jakcson Kids.

Hakim Mahkamah Konstitusi Arsul Sani, salah satu pendiri Perkumpulan Ahli Dewan Sengketa Konstruksi (PADSK) memberikan sambutan penutup International Conference bertajuk "Synchronizing the application of FIDIC Contracts with specific related project country's regulation to avoid disputes", di Jakarta

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:47 WIB

Hakim MA Berharap Penyelesaian Sengketa Konstruksi Bisa Lebih Baik

Hakim Mahkamah Konstitusi Arsul Sani sebagai salah satu pendiri Perkumpulan Ahli Dewan Sengketa Konstruksi (PADSK) mengingatkan agar PADSK selaku stakeholder APS dapat menyampaikan usulan perbaikan…

Peragaan Busana Muslim dan Audisi Model MUFFEST+ di Stasiun MRT Bundaran HI Jakarta.

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:13 WIB

MUFFEST+ Gelar Peragaan Busana dan Audisi Model di Stasiun MRT Bundaran HI

MUFFEST+ ditargetkan menjadi jendela dunia yang memperlihatkan perkembangan industri fesyen muslim Indonesia yang siap merambah pasar global dari segi kualitas, kuantitas, inovasi bisnis, teknologi,…

Ustadz Bachtiar Nasir bersama jajarannya menyatakan persiapan konvoi Bela Palestina

Sabtu, 20 Juli 2024 - 20:42 WIB

Bela Palestina Segera Digelar dengan Konvoi Kendaraan

Membela Palestina sangat banyak ragamnya. Untuk membuktikan kepedulian Indonesia, para Ustadz mengajak masyarakat membela Palestina. Ajakan berupa Konvoi menggunakan kendaraan.

Feng shui (foto ilustrasi)

Sabtu, 20 Juli 2024 - 17:37 WIB

Tips Memaksimalkan Feng Shui Rumah Agar Bawa Keberuntungan

Home Feng Shui merupakan teknik menganalisa rumah. Terlebih di dalam rumah terdapat aliran energi. Aliran ini bisa memancarkan energi positif maupun negatif. Hal itu tergantung dari arah letak…