Budaya Literasi Butuh Komitmen Bersama, Talkshow PLM Sebut Peran Perpustakaan Untuk Budayakan Minat Membaca

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 22 September 2023 - 01:00 WIB

Talkshow dalam Peer Learning Meeting Nasional 2023 di Yogyakarta.
Talkshow dalam Peer Learning Meeting Nasional 2023 di Yogyakarta.

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta - Membudayakan literasi membutuhkan komitmen kuat dari semua lapisan. Perpustakaan yang bertransformasi menjadi upaya strategis untuk mendorong kesadaran berliterasi yang inklusif. 

Hal ini menjadi tajuk utama talkshow dalam Peer Learning Meeting Nasional 2023 dengan tema “Transformasi Perpustakaan untuk Masyarakat Literat yang Berbudaya” di Hotel Alana, Yogyakarta, Rabu (20/9/2023). 

Bagi Lektor Kepala Sekolah Tinggi Driyarkara Jakarta Augustinus, membaca merupakan hal yang menyenangkan. Namun secara umum, belum semua masyarakat Indonesia dapat merasakan kenikmatan dalam berliterasi.

Menurutnya, budaya membaca masyarakat Indonesia masih harus ditingkatkan. Di sinilah dibutuhkan peran besar perpustakaan, khususnya di pelosok desa, untuk membudayakan minat membaca.

“Dari membaca akan tercipta hal-hal baru. Bisa membantu untuk berkreativitas dan membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang,” ujarnya.

Agustinus menjelaskan, hal ini merupakan terbobosan yang bagus bagi perpustakaan di daerah. 

“Selain mencari buku yang berguna, tapi juga membantu untuk mengembangkan diri dengan menolong orang lain,” ucapnya. 

Sementara itu, Direktur Utama Penerbitan Gramedia Pustaka Utama Suwandi Sandiwan Brata menjelaskan, membaca seharusnya bukan untuk belajar saja. Tapi juga mengajak orang untuk melakukan hal yang sama.

“Kalau mengharapkan orang-orang membaca, saya harus memberi contoh dulu.  Motif saya tidak sekadar sendiri belajar. Tapi mempengaruhi sekitar untuk mengikuti kebiasaan saya. Kita harus melakukan itu,” ujarnya. 

Namun begitu, Suwandi mengaku sulit menerapkan hal itu kepada anak-anak. Pengaruh sesama anak dinilai lebih kuat dibandingkan mengikuti yang diajarkan orang tua mereka. 

“Saya kenal teman-teman anak saya. Lalu kenal juga orang tua mereka. Langkah pertama yang saya lakukan adalah memberikan informasi tentang buku bacaan yang bagus. Dengan harapan melakukan kegiatan literasi di rumah, dan dilihat anak-anak mereka,” bebernya.

Literasi, tegasnya, menjadi faktor pemersatu bangsa. Seperti para pendiri bangsa yang berasal dari latar belakang berbeda. 

“Ada yang dokter, insinyur, guru agama, tokoh partai, tokoh perjuangan dan lainnya. Mereka sama-sama suka membaca. Bahkan tokoh dunia seperti Bill Gates, Steven Jobs serta Oprah Winfrey juga melakukan hal yang sama,” jelas Suwandi.

Sementara itu, Direktur Agama, Pendidikan dan Kebudayaan pada Kementerian PPN/Bappenas Didik Darmanto menjabarkan pemerintah memiliki kebijakan dalam membudayakan literasi masyarakat di era digital di tengah disrupsi digital.

“Pentingnya literasi dan dikaitkan dengan upaya membentuk masyarakat berbudaya dan berkarakter, tentu saja memiliki peran. Literasi bukan saja kemampuan membaca dan menulis. Bukan pula hanya minat membaca saja. Tapi jadi bagian karakter pembentuk kebudayaan masyarakat,” ulasnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:43 WIB

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Jakarta – Perkembangan yang menggembirakan bagi pasien yang menderita penyakit terkait tulang belakang, Siloam Hospitals Mampang dengan bangga mengumumkan pengenalan teknik bedah tulang belakang…

Perluasan Produk Perbankan Syariah Bank DKI di Dunia Pendidikan, Bank DKI Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:18 WIB

Perluasan Produk Perbankan Syariah Bank DKI di Dunia Pendidikan, Bank DKI Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta

Jakarta – Dalam rangka memperluas penggunaan produk perbankan syariah Bank DKI, khususnya di dunia pendidikan, Bank DKI bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta sepakat menjalin kerja…

UMKM binaan BRI yang mendapatkan pendampingan

Sabtu, 27 Juli 2024 - 03:55 WIB

Portofolio Kredit UMKM Terbesar di Indonesia, Peran Nyata BRI Topang Perekonomian Nasional

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus menunjukkan komitmen dalam menopang perekonomian nasional melalui pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong bersama Wakil Kepala BPIP Rima Agristina, Capaska Fifandra Ardiansyah pada konferensi pers

Sabtu, 27 Juli 2024 - 03:43 WIB

Paskibraka Siap Bertugas pada HUT RI Perdana di Nusantara

Jelang momentum upacara bendera Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) perdana di Ibu Kota Nusantara, berbagai persiapan semakin matang dilakukan. Termasuk oleh Pasukan pengibar bendera…