Perusahaan Kontraktor Milik China Dijadwalkan Melantai di Bursa Efek Indonesia

Oleh : Herry Barus | Kamis, 21 September 2023 - 16:46 WIB

PT Koka Indonesia Tbk (“Perseroan”),
PT Koka Indonesia Tbk (“Perseroan”),

INDUSTRY.co.id - Jakarta– PT Koka Indonesia Tbk (“Perseroan”), perusahaan kontraktordengan pengalaman signifikan dalam menangani proyek-proyek strategis di Indonesiaterutama dari klien yang berasal dari China, berencana mencatatkan sahamnya di Bursa EfekIndonesia (“BEI”) di bulan Oktober 2023.

Perseroan berencana untuk melepaskan sebanyakbanyaknya 715.333.000 (tujuh ratus lima belas juta tiga ratus tiga puluh tiga ribu) saham atau sekitar 25% (dua puluh lima persen) dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelahpenawaran umum, yang ditawarkan dengan rentang harga antara Rp 128,- (seratus duapuluh delapan Rupiah) sampai dengan Rp 161,- (seratus enam puluh satu Rupiah).

Perseroan telah menunjuk PT UOB Kay Hian Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana EmisiEfek dalam penawaran umum perdana saham ini.

Seperti yang telah diungkapkan dalam acara Public Expose yang digelar pada hari Kamis, tanggal 21 September 2023, saat ini rencana IPO sudah memasuki masa penawaran awal(bookbuilding) yang akan berakhir pada tanggal 26 September 2023. Pernyataan Efektif dariOtoritas Jasa Keuangan (OJK) diharapkan dapat diperoleh pada tanggal 29 September 2023,sehingga masa penawaran umum dapat berlangsung pada tanggal 3-9 Oktober 2023.

Jika seluruh proses berjalan lancar, maka diperkirakan pencatatan perdana saham Perseroan diBEI dapat terlaksana pada tanggal 11 Oktober 2023. Dana yang diperoleh dari hasil IPO iniakan digunakan untuk pengembangan usaha Perseroan dalam bentuk pembelian alat-alatberat dan juga modal kerja Perseroan.

Perseroan merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 2011 dan bergerak di bidangkontraktor umum. Perseroan memiliki kualifikasi tinggi pada bidang konstruksi bangunan,konstruksi industri pabrik, dan jembatan & terowongan, dimana Perseroan telah melakukanserangkaian proyek rekayasa investasi dan konstruksi di Indonesia. Selama lebih dari 10tahun, Perseroan telah mengerjakan lebih dari 100 proyek di Indonesia, dimana dalammenjalankan kegiatan usahanya Perseroan menerapkan sistem manajemen mutu,kesehatan kerja, sistem manajemen keselamatan berdasarkan standar internasional sepertiISO 9001, ISO 14001, dan OHSAS 18001. Adapun Perseroan saat ini dikendalikan oleh IbuGao Jing, warga negara China, yang bertindak sebagai pemegang saham pengendali sekaligus Direktur Utama dari Perseroan.

Dalam keterangannya kepada rekan media, Direktur Utama Perseroan Ibu Gao Jing,Kamis ( 21/9/2023)menuturkan bahwa rencana IPO Perseroan menjadi tonggak pencapaian dalam sejarahPerseroan yang sudah berlangsung selama lebih dari 10 tahun berkecimpung di bidangkontraktor.

Diharapkan dengan langkah IPO ini, Perseroan dapat mengembangkan usahanyadengan cara meningkatkan skala usaha serta efisiensi Perseroan, sehingga diharapkanPerseroan dapat mencapai performa terbaik dimana hal tersebut akan menjadi nilai tambahbagi seluruh stakeholders Perseroan. Selain itu selaku perusahaan terbuka, Perseroan jugamenerapkan Good Corporate Governance sehingga hal tersebut menjadi nilai tambahlainnya bagi stakeholders Perseroan

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kanan kedua) bersama Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan pertama), Direktur Compliance Human Capital BSI Tribuana Tunggadewi (kiri kedua) dan SVP Corporate Secretary & Communication BSI Wisnu Sunandar (kiri pertama) saat konferensi pers BSI International Expo di Sentosa Senayan Jakarta.

Jumat, 14 Juni 2024 - 18:17 WIB

Wujudkan Komitmen Perkuat Ekosistem Halal Indonesia, BSI Gelar International Expo 2024

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) siap menggelar BSI International Expo 2024 yang akan diikuti lebih dari 270 tenant para pelaku usaha halal dalam dan luar negeri, serta potential buyer dari…

Press Conference Telapak

Jumat, 14 Juni 2024 - 17:09 WIB

Sebut Tak Ada Pelanggaran HAM di Kawasan Konsesi Blok Tanamalia PTVI, Telapak Sampaikan Rekomendasi

Perkumpulan Telapak Indonesia (Telapak), sebuah perkumpulan aktivis LSM, praktisi bisnis, akademisi, afiliasi media, serta masyarakat adat, menyampaikan rekomendasi kepada tiga pihak yakni PT…

Peran Multidisiplin untuk Penanganan Cedera Olahraga Secara Komprehensif

Jumat, 14 Juni 2024 - 16:42 WIB

Peran Multidisiplin untuk Penanganan Cedera Olahraga Secara Komprehensif

Cedera olahraga seringkali menjadi kendala yang menghalangi para atlet dan olahragawan, bahkan sport enthusiast, untuk mencapai performa terbaiknya. Namun, dengan pendekatan penanganan yang…

Ritel modern (Ist)

Jumat, 14 Juni 2024 - 16:10 WIB

Kemenperin Beberkan Sulitnya Produk IKM Masuk Ritel Modern

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membeberkan permasalahan sulitnya produk-produk hasil produksi Industri Kecil dan Menengah (IKM) masuk ke ritel modern di Tanah Air.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima CC Panglima US Indo-Pacom Bahas Kerja Sama Militer

Jumat, 14 Juni 2024 - 13:48 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima CC Panglima US Indo-Pacom Bahas Kerja Sama Militer

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima dari Courtesy Call (CC) Commanding General United States Army Pacific,Jenderal Samuel J. Paparo, yang menjadikan Indonesia sebagai tujuan pertamanya…