Asuransi Jasindo Mendukung Skema Pooling Fund Bencana untuk Meningkatkan Proteksi Barang Milik Negara

Oleh : Herry Barus | Selasa, 19 September 2023 - 13:46 WIB

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)
PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo mendukung skema Pooling Fund Bencana (PFB)yang dicanangkan oleh Pemerintah. Skema ini diharapkan dapat meningkatkan proteksi terhadap Barang Milik Negara (BMN) dari berbagai risiko bencana dan kerugian.

Diwe Novara, Direktur Pengembangan Bisnis Asuransi Jasindo, menjelaskan bahwa dengan skema PFB,diharapkan objek yang diasuransikan akan bertambah dan merambah kepada aset-aset Negara lainnyayang mendukung kegiatan masyarakat, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan premibagi Konsorsium Asuransi Barang Milik Negara (ABMN).

“Hal ini tentunya akan memperkuat posisi Konsorsium sebagai penanggung risiko, yang dapat dengan lebih efisien menjawab kebutuhan proteksi Asuransi BMN,” lanjutnya.

Sejak terbentuknya Konsorsium Asuransi BMN pada 2019 yang merupakan kelanjutan atas upayaKementerian Keuangan Republik Indonesia dalam melindungi aset Pemerintah melalui Peraturan MenteriKeuangan Nomor 97/PMK.06/2019 (sebelumnya Peraturan Menteri Keuangan Nomor247/PMK.06/2016), Asuransi Jasindo bersama mitra-mitra Konsorsium berkomitmen untuk memberikanpendampingan kepada K/L Pemerintah dalam proses pengasuransian aset-aset Negara, serta pelayananklaim yang responsif.

Kehadiran asuransi dalam perlindungan BMN tidak hanya berkaitan dengan risiko bencana alam, tetapijuga risiko kebakaran dan man-made disasterseperti kerusuhan dan terorisme, selain itu dengan adanyaAsuransi BMN diharapkan dapat menurunkan risiko keuangan atas kerusakan yang dapatmengganggu pelayanan terhadap masyarakat, serta mengurangi beban APBN untuk perbaikanatau penggantian Barang Milik Negara yang rusak.

“Dalam situasi seperti ini, asuransi akan memainkan peran penting dalam membantu Pemerintah mengatasi dampak yang ditimbulkan, contohnya pada proses perbaikan atau pembangunan kembali atasaset BMN yang mengalami kerugian atau terkena bencana akan dapat lebih mudah direalisasikandibandingkan menggunakan anggaran Negara secara langsung,” kata Diwe Novara.

Diharapkan pemahaman asuransi dan dampak risiko bencana alam di lingkungan pemerintah khususnyaAsuransi Barang Milik Negara (ABMN) terus meningkat, kedepan terdapat rencana pengembangan jenisaset Negara lainnya yang akan diasuransikan, seperti kendaraan/auto mobile, alat angkutan udara, alatangkutan perairan, jembatan, bendungan, inventaris dan sarana/prasarana gedung, serta mesin.

"Asuransi Jasindo berkomitmen untuk menjalankan setiap program Pemerintah dengan profesionalitasdan integritas yang tinggi. Kami percaya bahwa dengan kerja sama yang kuat dan komitmen bersama,kami dapat mendukung keberhasilan setiap program yang dicanangkan oleh Pemerintah, termasuk dalam hal proteksi aset-aset Negara," tutupnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penampilan memukau Ruth Sahanaya di konser “40 Tahun Simfoni Dari Hati”.

Minggu, 23 Juni 2024 - 19:28 WIB

Kemegahan Penampilan Ruth Sahanaya Setelah 15 Tahun

Ruth Sahanaya membuktikan janjinya akan membuat penonton konsernya puas dengan sajian 33 lagu yang dikemas dengan apik oleh Tohpati Orkestra.

(Ki-ka). Peresmian dilakukan oleh Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna, Ketua Lembaga Wakaf MES Nurul Huda, SVP Islamic Ecosystem Solution BSI Syukron Habiby dan Badan Pengurus Harian MES Siti Marifah

Minggu, 23 Juni 2024 - 17:49 WIB

BSI & MES Luncurkan Deposito Wakaf untuk Jaminan Sosial Pekerja Informal

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) berkolaborasi meluncurkan program cash wakaf linked deposito dengan nomor seri CWLD LW-MES.BSI.03.Pekerja Informal pada…

Kelompok Tani Dahlia 07 Cempaka Putih Jakarta pusat

Minggu, 23 Juni 2024 - 17:41 WIB

Didukung BRINita, Kelompok Tani Ini Sulap Lahan Terbengkalai Jadi Produktif

Warga yang tinggal di sekitar area RW 07 Cempaka Putih Barat, Jakarta, merasakan perubahan positif di lingkungan tempat tinggal mereka. Jika dulunya sebidang lahan terbengkalai yang tampak tidak…

BTN JAKARTA INTERNATIONAL MARATHON 2024 SUKSES DIGELAR

Minggu, 23 Juni 2024 - 16:12 WIB

BTN Jakarta International Marathon 2024 Sukses Digelar

Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) sukses menggelar ajang BTN Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 pada Minggu,…

Pekerja di industri keramik (foto Bisnis.com)

Minggu, 23 Juni 2024 - 14:35 WIB

Asaki Desak Bea Masuk Diatas 100% untuk Produk Keramik Impor

Asaki mendesak KADI untuk segera mengeluarkan hasil akhir penyidikan Antidumping terhadap produk keramik Tiongkok dalam bulan Juni ini dengan besaran di atas 100%.