HIMKI & CNFMA Kunjungi Olympic Furniture 'Tengok' Teknologi Mesin Terkini

Oleh : Ridwan | Selasa, 19 September 2023 - 13:50 WIB

Kunjungan HIMKI dan CNFMA ke Olympic Furniture Gemilang
Kunjungan HIMKI dan CNFMA ke Olympic Furniture Gemilang

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) bersama China National Forestry Machinery Association (CNFMA) melakukan kunjungan ke Olympic Furniture Gemilang di Sentul Bogor dan Cikembar Sukabumi.

Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian acara pelaksanaan pameran mesin perkayuan untuk furnitur dan kayu olahan, IFMAC/WOODMAC 2023 yang akan berlangsung pada 20–23 September di Jakarta International Expo (JIEXPO), Kemayoran Jakarta. 

Adapun, salah satu tujuan dari kunjungan kali ini adalah untuk melihat teknologi mesin yang dimiliki oleh Olympic. Selain itu, peserta kunjungan baik dari HIMKI maupun CNFMA dapat melihat hubungan antara perkembangan teknologi dengan kebutuhan industri furnitur.

Ketua Umum HIMKI, Abdul Sobur menyebut bahwa hubungan antara industri furnitur dan teknologi mesin merupakan simbiosis mutualisme, sehingga dapat saling memberikan dampak positif.

"Hubungan yang berdampak signifikan ini bisa terlihat dari konteks produksi dan desain bagi industri furnitur dan kerajinan," kata Sobur di Jakarta (19/9).

Menurutnya, teknologi permesinan telah mengubah industri mebel dan kerajinan dengan memungkinkan produksi massal, meningkatkan efisiensi dan presisi, mendorong inovasi dan kustomisasi, berkontribusi pada upaya keberlanjutan, dan masih banyak lagi lainnya.

"Dengan adanya kunjungan ini diharapkan membuka sikap dan pandangan semua pihak, juga berdampak positif bagi perkembangan industri furnitur dan kerajinan nasional mengenai pemanfaatan teknologi yang mengangkat kekuatan daya saing bagi industri di tengah kompetisi global," paparnya.

Disisi lain, perlu adanya keberlanjutan dukungan dari pemerintah dalam mempermudah industri dalam mengadopsi teknologi mesin terkini. 

Adapun, dukungan yang dimaksud antara lain, kemudahan dalam sisi pembiayaan, kemudahan bunga kredit, hingga pembangunan industri teknologi mesin yang maju di dalam negeri, yang tentunya lebih mendorong efisiensi belanja industri furnitur dan kerajinan di dalam negeri. 

"Mesti kita sadari bahwa industri furnitur dan kerajinan di Indonesia sangat berpotensi merebut kue pasar dunia yang lebih besar, karena didukung oleh sumber bahan baku yang melimpah, dan craftmanship yang berciri khas serta berkualitas tinggi. Potensi ini akan lebih kuat bila didukung oleh teknologi permesinan yang tepat guna sebagai bagian dari katalis kemajuan industri," terang Sobur.

Tak kalah penting, lanjut Sobur, industri kreatif (termasuk industri mebel dan kerajinan) yang kian maju juga akan mengusung dan menopang kemandirian Indonesia dalam rangka menyongsong era 100 tahun usia bangsa pada 2045 mendatang. 

Nilai unik dari produk Indonesia sebagai pemasok pasar furnitur global berakar pada sumber daya alamnya, tenaga kerja terampil, harga kompetitif, keragaman budaya, dan produksi berkelanjutan. 

Sumber daya alamnya yang melimpah dengan ragam kayu yang sangat dicari di pasar furnitur global karena daya tahan, keindahan, dan karakteristiknya yang unik. 

"Dengan pengrajinnya yang terampil, furnitur dan kerajinan buatan Indonesia banyak dicari karena presisi dan desainnya yang kreatif, selain karakteristiknya yang berkualitas tinggi dan harga bersaing yang dapat diproduksi lebih baik dengan teknologi global terkini," tutup Sobur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arfindi Batubara (Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia) dan Hasan Alatas (Head of HOIRe by Lifetime Design)

Sabtu, 13 Juli 2024 - 23:33 WIB

American Standard Warnai Instalasi Rumah Dalam Mall Arief Muhammad

Koleksi terbaru American Standard itu tampil di kids bathroom dalam instalasi rumah-dalam-mall The House Within hasil kolaborasi Lifetime Design dengan Arief Muhammad.

Karyawan SBI Pabrik Cilacap saat menyiapkan semen kantong yang siap kirim di emplasemen kereta api Karangtalun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:35 WIB

Dinilai Memiliki Kinerja Menjanjikan, SIG Masuk Daftar Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade

Jakarta– Saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) ditetapkan sebagai konstituen PEFINDO Investment Grade Index (Indeks PEFINDO i-Grade) periode Juli - Desember 2024 oleh PT Pemeringkat…

Fidi Sjamsoedin, Director Marketing & Innovation Sababay WInery

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:13 WIB

Sababay Winery Luncurkan SANGRIA Dengan Perpaduan Rasa Unik Dari Buah Dan Rempah Indonesia

Pelopor dalam industri wine Indonesia, Sababay Winery meluncurkan Sababay SANGRIA! Kaya akan rempah-rempah dan buah-buahan asli Indonesia, Sababay SANGRIA hadir dengan rasa yang unik.

Progres Pemulihan PDNS 2, 86 Layanan Telah Aktif

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:12 WIB

Menko Hadi Sampaikan Kabar! Progres Pemulihan Pusat Data Nasional Sementara 2, 86 Layanan Telah Aktif

Jakarta-Pemulihan layanan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 telah bertambah menjadi 86 layanan, yang berasal dari 16 tenant.

PJI Company of The Year Competition

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:17 WIB

PJI, Zurich, Starbucks, dan AIG Bersinergi Bawa Pelajar Indonesia ke Kompetisi Wirausaha Tingkat Global

Untuk merayakan puncak program edukasi kewirausahaan Student Company, Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks…